Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia Masih Kekurangan Reservoir Dibandingkan Korea, China: Jokowi

Indonesia Masih Kekurangan Reservoir Dibandingkan Korea, China: Jokowi

JAKARTA (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut jumlah infrastruktur waduk untuk memenuhi ketahanan pangan di Indonesia belum mencapai 10 persen dari jumlah waduk di Korea Selatan dan China.

“Kita harus bekerja lebih keras untuk menyelesaikan masalah pangan kita,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional PDIP IV/2023 di Jakarta, Jumat.

Kepala Negara menegaskan, jumlah infrastruktur waduk di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara lain. Total infrastruktur waduk yang ada untuk kebutuhan irigasi lahan pertanian Indonesia masih sebanyak 230 unit.

Saat ini pemerintah sedang membangun 61 waduk yang ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Mengutip pernyataan Presiden pertama Indonesia, Sukarno, Jokowi menyatakan pangan adalah nyawa suatu bangsa, terutama di tengah gejolak geopolitik global akibat krisis pangan dan perang Rusia-Ukraina.

“(Ini) terutama (penting) karena populasi kita sudah 278 juta, dan populasi dunia sudah lebih dari delapan miliar,” tegasnya.

Menurut Presiden, jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan mencapai 310 juta jiwa pada tahun 2030, dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,25 persen per tahun.

“Jadi pangan adalah kunci bangsa kita. Pangan adalah urat nadi suatu bangsa, itu benar sekali,” tegasnya.

Saat itu, Presiden berpesan kepada pemerintah untuk menyiapkan visi strategis sektor ketahanan pangan dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

“Dalam 5-10 tahun ke depan kita perlu mempunyai visi strategis dan rencana yang komprehensif untuk memetakan berapa lama waktu yang kita butuhkan, berapa waduk yang perlu kita siapkan, berapa kilometer irigasi yang perlu kita siapkan. untuk diselesaikan,” tegasnya.

Berita terkait: Kementerian PUPR telah menyelesaikan 10 paket pengembangan di IKN
BERITA TERKAIT: Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sibanas di Jawa Barat

READ  Penjelasan: Bagaimana guci megalitik kuno menghubungkan Assam dengan Laos dan Indonesia

Diterjemahkan oleh: Andy Firthous, Resinda Sulistyanthari
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023