April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia JV mencapai tonggak perjalanan sepeda motor nol-emisi 4 juta km

Indonesia JV mencapai tonggak perjalanan sepeda motor nol-emisi 4 juta km

Sebuah usaha patungan (JV) Indonesia yang baru dibentuk telah mencatat empat juta kilometer pertama perjalanan tanpa emisi setelah menggunakan lebih dari 200 sepeda motor elektronik dalam proyek percontohan untuk mengangkut penumpang dan mengantarkan makanan di Jakarta dari Februari hingga Oktober.

Langkah ini dilakukan ketika ekonomi terbesar di Asia Tenggara membuka pintunya untuk adopsi kendaraan listrik (EV), dengan pemerintah memperkenalkan peraturan dan sektor swasta meningkatkan upaya untuk melakukan investasi terobosan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi mengatakan dalam sebuah acara baru-baru ini di Bali bahwa angkutan umum akan membentuk landasan peluncuran yang kuat untuk adopsi massal EV.

Dia menambahkan bahwa penggunaan EV adalah “prioritas utama pemerintah dalam transisi energi untuk mencapai emisi nol bersih.”

Sebuah perusahaan patungan antara Electrum yang berbasis di Jakarta, operator transportasi online Gojek dan perusahaan energi TBS Energy Utama, spesifikasi sepeda motor elektronik lebih cocok dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi orang Indonesia. Data dan wawasan dikumpulkan dari pilot delapan bulan di mana setiap pengemudi menempuh jarak antara 100 km dan 120 km per hari, kata Patrick Atiyatmadja, direktur pelaksana JV.

“Emisi bersih untuk setiap satu juta kilometer akan menjadi sekitar 85 ton, jadi kami menghindari 340 juta ton emisi CO2,” katanya dalam sebuah acara baru-baru ini di Bali, di mana perusahaan tersebut mendedikasikan 50 sepeda motor listrik untuk melayani KTT G-20. . perwakilan.

Indonesia, yang menjadi presiden G20 tahun ini, mengharapkan lebih dari 400 delegasi menghadiri KTT 15-16 November. Isu-isu prioritas yang dibahas dalam pertemuan pra-KTT mencakup upaya untuk mendorong transisi energi yang berkelanjutan dan memperkuat kerangka kesehatan global.

READ  Indonesia-Australia perpanjang kerja sama ekonomi hingga 2026

Indonesia menargetkan memiliki 13 juta sepeda motor elektronik dan dua juta kendaraan listrik roda empat pada tahun 2030. Saat ini, ada sekitar 119,5 juta sepeda motor terdaftar, di mana 12.000 di antaranya adalah sepeda motor listrik. Ada 23,3 juta mobil terdaftar, 2.700 di antaranya adalah EV.

Budi menekankan bahwa menjaga kualitas dan skala – skala untuk mencapai skala ekonomi – sangat penting untuk memastikan penggerak EV berkelanjutan. Ada 43 merek sepeda motor elektronik di pasaran, tetapi banyak yang memiliki daya tahan baterai yang sangat terbatas dan kualitas yang buruk.

Electrum menggunakan sepeda motor listrik dengan dua baterai di setiap unitnya. Ini telah membangun stasiun pertukaran baterai di mana pengendara dapat menghabiskan waktu kurang dari tiga menit untuk mendapatkan baterai baru, kata Patrick. Setiap pertukaran membuka jalan untuk perjalanan 100 km berdasarkan kecepatan maksimum 90 km.

Tirta Citradi, ekonom MNC Securitas yang meneliti lanskap EV Indonesia, memuji insentif pemerintah untuk memenuhi target populasi EV pada 2030.

pengurangan 30 persen tagihan listrik untuk pengisian di rumah; Pajak penjualan kendaraan dan pajak kendaraan tahunan telah berkurang secara signifikan; dan pembebasan dari aturan pengaturan lalu lintas berdasarkan plat nomor ganjil dan genap.

Pengemudi ojek Wayan Agus Wiranada sangat senang bahwa pada suatu saat tahun ini, ia tidak perlu menghabiskan 50.000 rupee (S$4,50) sehari untuk bahan bakar dan membayar biaya penggantian oli mesin seperti biasa untuk membawa sepeda motor elektronik. Wisatawan dan Makanan di Bali.

“Saya serahkan sepeda motor yang ada kepada istri saya untuk mudik,” katanya.