Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia ingin kemajuan dalam kesepakatan perdagangan UE – DW – 25/04/2024

Indonesia ingin kemajuan dalam kesepakatan perdagangan UE – DW – 25/04/2024

Indonesia Mereka menginginkan kemajuan dalam perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa meskipun ada perselisihan mengenai deforestasi dan penambangan nikel, kata duta besar negara tersebut untuk Jerman dalam sebuah wawancara di sela-sela pameran industri paling penting di dunia di Hanover, Jerman.

“Saya pikir lima belas, dua puluh tahun negosiasi terlalu lama,” kata Arif Hawass Okroseno kepada DW.

Kedua negara tersebut membuka perundingan perdagangan pada tahun 2016, dengan Brussels bertujuan untuk melanjutkan perundingan terbaru Perjanjian dengan Singapura dan Vietnam.

Lebih dari sepuluh putaran perundingan gagal menghasilkan kesepakatan dengan Indonesia. Dilema menyelimuti bahasa Pembangunan berkelanjutanSebuah wilayah yang beragam dan inklusif Penggundulan hutan.

Deforestasi untuk produksi minyak sawit di Indonesia telah menjadi kendala utama dalam negosiasi perdagangan Gambar: JANUARI/AFP/Getty Images

'Perlakuan adil adalah kuncinya'

Indonesia menghadapi persoalan baru Undang-undang UE mengharuskan negara-negara untuk mensertifikasi produk hutan mereka terhadap deforestasi, sebuah operasi yang melibatkan ekspor minyak sawit besar negara tersebut. kata Jakarta Hukum Memberikan beban pada pemilik tanah kecil, khususnya, beberapa di antaranya tidak mempunyai sertifikat atas tanahnya.

“Anda sebenarnya membunuh petani kecil yang tidak ada hubungannya dengan deforestasi,” kata Okroseno.

Duta Besar mengeluh bahwa minyak goreng Eropa tidak memerlukan sertifikat tersebut, dan dia mengulangi keluhan negaranya bahwa Brussel terlibat dalam “imperialisme peraturan”.

“Perlakuan adil, itu yang penting,” ujarnya.

Kelompok kerja gabungan antara Uni Eropa dan negara-negara Asia Tenggara kini berupaya menerapkan undang-undang baru tersebut.

Minyak sawit memiliki permintaan yang tinggi, namun tidak berkelanjutan

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Indonesia terus melawan inisiatif UE dengan kekerasan Ekspor nikel, komponen penting dari baterai mobil listrik. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memenangkan Brussels pada tahun 2022, dengan mengatakan bahwa Jakarta salah dengan melarang ekspor logam tersebut dua tahun lalu untuk memprioritaskan investasi langsung dalam ekstraksi.

READ  Aloe Eumpeuk identik dengan royalti emas Indonesia

Upaya Indonesia untuk mengajukan banding atas putusan tersebut terhambat oleh krisis politik seputar Badan Banding WTO, yang tidak aktif pada tahun 2019.

Okroseno mengatakan UE dapat bergabung dengan negara lain yang telah mengumumkan investasi di Indonesia dan membantu membersihkan proses peleburan. “Brussel seharusnya membantu kami, bukannya menyerang kami,” katanya.

Perselisihan perdagangan

Bernd Lange, ketua komite perdagangan Parlemen Eropa, membela undang-undang deforestasi yang baru dalam sebuah wawancara, dengan mengatakan bahwa UE tidak mencoba untuk menceramahi negara lain. “Ini bukanlah nilai-nilai Eropa atau hukum Eropa atau visi masyarakat Eropa,” kata Lange kepada DW. “Ini adalah perspektif global mengenai manusia dan lingkungan.”

Dia menambahkan bahwa Uni Eropa bekerja sama dengan negara-negara untuk memantau deforestasi.

Ketidaksepakatan dengan Indonesia adalah bagian dari serangkaian permasalahan yang lebih luas seputar kesepakatan perdagangan UE dalam beberapa tahun terakhir.

Petani Eropa memprotes liberalisasi pertanian Uni Eropa.Gambar: Olivier Chassignole/AFP/dpa/Image Alliance/dpa

Kesepakatan yang disepakati dengan negara-negara terkemuka di Amerika Selatan yang dikenal sebagai Mercosur melarikan diri Penentangan dari negara-negara anggota UE termasuk Perancis. Para penentangnya menunjuk pada persaingan baru dan kekhawatiran mengenai deforestasi di lembah Amazon.

Kekhawatiran Eropa terhadap persaingan pasar di bidang pertanian juga turut menghancurkan perjanjian perdagangan bebas dengan Australia tahun lalu.

Ibu kota Eropa masih menanggapi protes petani selama musim dingin, yang dipicu oleh kekhawatiran akan kenaikan biaya, meningkatnya birokrasi, dan perubahan standar lingkungan. Pada saat yang sama, Brussel berada di bawah tekanan untuk mencapai kesepakatan perdagangan baru di tengah ketidakpastian dengan mitra tradisionalnya, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Sebuah studi baru yang dilakukan Institut Ekonomi Jerman di Cologne, Jerman, merekomendasikan agar Uni Eropa mendiversifikasi perdagangannya.

Diedit oleh: Uwe Hessler