Juli 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia harus mendorong pembangunan berkelanjutan di ASEAN: resmi

Indonesia harus mendorong pembangunan berkelanjutan di ASEAN: resmi

Berbagai isu yang dibahas (pada pertemuan tersebut) akan menjadi landasan untuk menetapkan visi ASEAN-2025…

JAKARTA (ANTARA) – Pembangunan berkelanjutan, termasuk transisi energi dan kendaraan listrik serta ekonomi biru, harus didorong selama kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023, kata seorang pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“ASEAN adalah kawasan yang menjanjikan dan memiliki sumber daya yang luas untuk mengembangkan kendaraan listrik dan ekosistem ekonomi biru sebagai pendorong pertumbuhan baru di kawasan ini,” kata Eddie Brio Bamboudi, Wakil Direktur Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam keterangannya, Senin.

Isu pembangunan berkelanjutan dibahas dalam pertemuan 43rd High Level Task Force on ASEAN Economic Integration (HLTF-EI) untuk mempersiapkan kawasan menghadapi berbagai tantangan global seperti pandemi, perubahan iklim, ketegangan geopolitik.

Peserta pertemuan menyatakan dukungannya untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik dan promosi investasi kendaraan listrik.

Mereka mendukung pembentukan rantai pasokan suku cadang kendaraan listrik dan pengembangan fasilitas pengolahan limbah baterai.

Tentang pengembangan Kerangka Ekonomi Biru ASEAN, anggota HLTF-EI di ASEAN menyepakati Nota Konsep tentang Pengembangan Kerangka Ekonomi Biru ASEAN.

Dokumen tersebut diharapkan dapat memberikan panduan untuk mengamankan dan menghasilkan nilai tambah dari energi laut kawasan.

Selanjutnya, peserta pertemuan sepakat untuk mendukung upaya Indonesia meningkatkan ketahanan energi berkelanjutan melalui interkoneksi kawasan.

Beberapa proyek kerjasama energi seperti Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Filippines Power Integration Project (BIMP-PIP) dan kerjasama PLTA antara Laos dan Singapura dibahas dalam acara tersebut.

Pertemuan tersebut juga membahas ASEAN Guidelines on Good Regulatory Practices dan perkembangan terkini dalam pengembangan ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF).

“Berbagai pembahasan (dalam pertemuan) tersebut akan menjadi landasan pembentukan Visi ASEAN Pasca 2025 yang akan didukung oleh Working Group on MEA Post 2025 Vision on the Economic Pillar,” tambah Bambudi.

READ  Intensitas COP-4 Tuan Rumah Indonesia dalam Menghilangkan Penggunaan Merkuri: Resmi

Berita terkait: Indonesia dorong ekonomi biru sebagai penggerak pertumbuhan baru ASEAN
Berita terkait: Indonesia ajak negara-negara ASEAN atasi tantangan maritim

Diterjemahkan oleh: Sanya Sushanthi, Yu Liman
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023