Juni 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia dapat menambah 66 GW tenaga surya pada tahun 2030, kata IRENA – majalah pv Australia

Indonesia dapat menambah 66 GW tenaga surya pada tahun 2030, kata IRENA – majalah pv Australia

Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) mengatakan tenaga surya bisa menjadi tulang punggung sistem energi Indonesia pada tahun 2030. Namun, harapan negara sendiri masih jauh dari visi IRENA.

dari majalah pv global

IRENA mengharapkan dari Indonesia Sektor listrik akan mengalami “transformasi radikal” pada tahun 2050, menurut laporan yang baru-baru ini diterbitkan “Outlook Transisi Energi Indonesia” laporan. Menurut IRENA, pangsa energi terbarukan dalam bauran pembangkit listrik negara akan mencapai 85% pada tahun 2050, naik dari 12% pada tahun 2011.

Solar diharapkan menjadi tulang punggung transisi ini, terhitung 798 GW dari total 1.000 GW dalam skenario “kurang ambisius”. PV mencapai 840 GW dalam skenario “paling ambisius”. Untuk itu, Indonesia perlu menambahkan 66 GW tenaga surya baru ke dalam bauran pembangkitnya pada tahun 2030.

Untuk mencapai tujuan ini, negara perlu menginvestasikan $44 miliar ($66 miliar) untuk solar. Investasi dalam teknologi terbarukan lainnya akan berjumlah US$39 miliar, dan tambahan US$75 miliar diperlukan untuk infrastruktur jaringan. Penyimpanan baterai akan membutuhkan investasi sebesar USD 5,5 miliar dan infrastruktur pengisian EV akan membutuhkan USD 22 miliar.

Namun, prospek Indonesia sendiri masih jauh dari pandangan Irena. Rencana listrik 2021-30 negara itu, yang dirilis tahun lalu, menetapkan target terbarukan sebesar 23% pada tahun 2030 di bawah skenario “optimal”. Africam melaporkan bahwa negara tersebut saat ini memiliki sekitar 190 MW tenaga surya terpasang.

Pada bulan Mei, pengembang Arab Saudi ACWA Power memenangkan tender untuk membangun 110 MW solar terapung di atas reservoir air, 50 MW di pulau Sumatera dan 60 MW di Jawa.

Pada bulan April, Quantum Power Asia yang berbasis di Singapura dan ib vogt Jerman berencana untuk menginvestasikan US$5 miliar. Proyek penyimpanan tenaga surya 3,5 GW dan 12 GW.

READ  Pemerintah Indonesia menyediakan tenaga panas bumi untuk produksi EV

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pada Januari saja, Indonesia memasang 51,2 MW kapasitas PV surya atap, termasuk proyek komersial dan industri (C&I) dan residensial.

Konten ini dilindungi oleh hak cipta dan tidak boleh digunakan kembali. Jika Anda ingin berkolaborasi dengan kami dan menggunakan kembali beberapa konten kami, silakan hubungi: [email protected].