Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia bangun rumah untuk korban gempa

Jakarta: Pemerintah Indonesia berencana untuk membangun ratusan rumah di tanah yang aman bagi para penyintas gempa bumi di provinsi Jawa Barat, kata kepala badan bencana kepulauan Asia Tenggara pada hari Minggu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan dan Penanggulangan Bencana Suhariyando mengatakan pada konferensi pers bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mulai membangun rumah baru di sebidang tanah seluas dua hektar minggu depan.

Menurut dia, gempa bermagnitudo 5,6 menghancurkan 62.628 rumah.

Suhariando, yang seperti banyak orang Indonesia menggunakan nama yang sama, mengatakan relokasi akan memprioritaskan korban selamat yang rumahnya hancur akibat gempa dan pembangunan kembali di daerah yang dibatasi oleh Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika negara.

Dua ratus rumah akan dibangun di lokasi baru, kata Herman Suharman, Kepala Pemerintah Kabupaten Cianjur, pada konferensi pers.

Dapatkan berita terbaru


Dikirim ke kotak masuk Anda

Mendaftar untuk buletin harian The Manila Times

Dengan mendaftar menggunakan alamat email, saya mengakui bahwa saya telah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi.

Suharianto mengatakan pemerintah akan menyediakan dana rekonstruksi hingga Rp50 juta ($3.186) untuk rumah rusak berat yang layak dibangun kembali di lokasi semula.

Ia menambahkan, pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp 25 juta kepada korban gempa yang rumahnya rusak sedang dan Rp 10 juta kepada korban yang rumahnya rusak ringan.

Hingga Minggu, jumlah korban tewas naik menjadi 321. 11 lainnya hilang dan 73.874 mengungsi.

READ  Pulpen Turut Berbelasungkawa Atas Meninggalnya Shinzo Abe, Menlu RI Kunjungi Kedubes Jepang