Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia akan tumbuh dengan mantap dalam dua tahun ke depan: Bank Dunia

Indonesia akan tumbuh dengan mantap dalam dua tahun ke depan: Bank Dunia

Oleh
Kantor Berita Vietnam

Jumat, 28 Juni 2024 | 21:12 GMT+7

Menurut laporan Bank Dunia baru-baru ini, perekonomian Indonesia akan tumbuh sebesar 5% pada tahun ini dan 5,1% pada tahun 2025 dan 2026.

Lokasi yang dipilih untuk membangun ibu kota baru Indonesia adalah di sudut provinsi Kalimantan Tengah di Pulau Kalimantan. Foto milik Kantor Berita Vietnam.

Perkiraan terbaru ini merupakan peningkatan dari perkiraan bank sebelumnya sebesar 4,9% pada tahun ini dan tahun depan, diikuti oleh 5% pada tahun 2026.

Perekonomian Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh dalam dua tahun ke depan, dengan konsumsi domestik dan investasi yang didukung oleh lemahnya ekspor, kata laporan tersebut.

Belanja rumah tangga dan belanja terkait pemilu, yang merupakan kontributor besar terhadap PDB Indonesia, membantu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu tumbuh sebesar 5,11% pada kuartal pertama tahun 2024.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia diproyeksikan rata-rata 5,1% per tahun pada tahun 2024 hingga 2026. Namun, negara ini akan menghadapi banyak kendala, terutama peraturan perdagangan yang buruk. Laporan tersebut menyebutkan beberapa risiko terhadap perekonomian, termasuk suku bunga yang lebih tinggi dan guncangan geopolitik, yang dapat semakin membebani ekspor yang sudah terpuruk akibat harga yang rendah.

Perkiraan terbaru ini mengasumsikan kontribusi konsumsi masyarakat yang lebih besar – dengan belanja pemerintah diperkirakan meningkat – sementara investasi asing langsung dalam PDB diperkirakan akan kembali ke tingkat sebelum pandemi, kata ekonom senior Bank Dunia Wael Mansoor.

READ  Inilah mengapa Anda tidak boleh melewatkan KTT Economic Times Future Forward Indonesia 2023, ETHRWorldSEA.

Dia menambahkan bahwa aturan keuangan Indonesia yang “kredibel” telah membantu menarik investasi dan menurunkan premi risiko. Namun Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang akan mulai menjabat pada bulan Oktober, berharap dapat meningkatkan rasio utang terhadap PDB negaranya dari kurang dari 50% menjadi 40% untuk membiayai janji kampanyenya, termasuk makanan sekolah gratis.

Anggaran pemerintah tahun 2025 diharapkan dapat menguraikan rencana implementasi tujuan ekonomi pemerintahan baru dan menandakan sikap kebijakan fiskalnya.