Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia akan menjadi tuan rumah Forum Indo-Pasifik ASEAN pada 5-6 September 2023

Indonesia akan menjadi tuan rumah Forum Indo-Pasifik ASEAN pada 5-6 September 2023

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Indo-Pacific Forum pada 5-6 September di Jakarta, kata Duta Besar Indonesia untuk Republik Korea, Gandhi Sulistianto, Rabu.

Duta Besar mengadakan konferensi pers dengan Komite Penasihat Bisnis ASEAN (ASEAN-BAC) di kediamannya di Seoul untuk membahas prioritas kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun ini, termasuk Forum Indo-Pasifik ASEAN yang akan datang.

Menurut sebuah laporan yang diterima di sini pada hari Rabu, Forum Indo-Pasifik ASEAN akan menampilkan diskusi panel, presentasi utama, presentasi proyek, dan pameran dagang dengan sub-tema seperti pembangunan infrastruktur hijau, transformasi digital inklusif, dan keuangan berkelanjutan.

Peserta dari sektor publik dan swasta Negara Anggota ASEAN, mitra eksternal ASEAN, negara-negara di kawasan Samudra Hindia dan Pasifik Selatan, Lembaga Keuangan Internasional (IFI) dan organisasi internasional akan diundang untuk menghadiri forum tersebut.

Negara-negara yang berpartisipasi didorong untuk berkontribusi dalam daftar proyek infrastruktur konkret, menawarkan skenario proyek, peluang investasi dan kemitraan, katanya.

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Chairmanship 2023 tahun ini dengan tema “ASEAN Matters: Epicenter of Development”.

Tema tersebut mencakup tiga pilar: ASEAN Matters, Focus on Development and Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

Pilar pertama, “ASEAN Matters”, bertujuan untuk memperkuat kesatuan, sentralitas dan kemampuan ASEAN untuk mengatasi tantangan saat ini dan masa depan. “Visi 2045” didirikan untuk meningkatkan daya tanggap dan kemampuan beradaptasi ASEAN.

Pilar kedua, “episentrum pertumbuhan,” memperkuat mekanisme regional untuk mengatasi guncangan ekonomi eksternal. Sebagai jangkar stabilitas dan kemakmuran global, ASEAN bertujuan untuk menjadi kawasan damai yang bebas dari konflik proksi.

Sementara itu, pilar ketiga menekankan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang mendorong kerja sama konkrit di bidang-bidang prioritas utama.

READ  China, Indonesia akan menyelesaikan final Piala Thomas & Piala Uber - Xinhua

Diprakarsai oleh Indonesia, AOIP merupakan instrumen untuk menjaga stabilitas kawasan Indo-Pasifik dan negara-negara anggota ASEAN. Dalam implementasinya, AOIP masih memiliki banyak tantangan yang perlu dibenahi, terutama dalam mengakomodir kepentingan masing-masing negara di kawasan Indo-Pasifik.

Indonesia menyuarakan tiga prinsip inti perspektif ASEAN di Indo-Pasifik, yaitu ASEAN Centrality, Inclusion, dan Complementarity.

AOIP menyediakan dialog dan kerja sama dengan semua negara. Menekankan sinergi di tengah perbedaan persepsi Indo-Pasifik dan bertujuan untuk memperkuat mekanisme yang ada dalam mengatasi tantangan regional dan global.

BERITA TERKAIT: Dukungan untuk upaya ASEAN untuk menjaga ketertiban berbasis aturan di Indo-Pasifik: A.S.
Berita terkait: ASEAN berupaya meningkatkan kerja sama, mengurangi ketegangan di kawasan
Berita terkait: Jokowi meminta ASEAN meredakan ketegangan di kawasan Indo-Pasifik

Koresponden: Shobi Ayutthyana
Editor: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023