Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia 2023-2027 mengusulkan untuk menjadi anggota Komite Eksekutif UNWTO

Dengan demikian, kebangkitan sektor pariwisata dapat terpelihara dengan baik berpihak pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif.

Jakarta (Andara) – Indonesia dinominasikan sebagai anggota Komite Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) 2023-2027, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandyaka Uno, Selasa.

Usulan tersebut dibuat atas dasar bahwa kebijakan pemerintah dalam memitigasi dampak epidemi Govt-19 dan mentransformasi sektor pariwisata dihormati oleh dunia internasional.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengundang kami (sebagai anggota Komite Eksekutif) ke sesi Majelis Umum, dan UNWTO menganggap ini sebagai langkah maju dalam menerapkan kebijakan strategis kami sebagai praktik terbaik,” katanya.

Oleh karena itu, Indonesia mendukung usulan untuk menjadi anggota Komite Eksekutif UNWTO.

Menkeu berharap peran Indonesia sebagai anggota panel akan mendorong diskusi tentang pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan serta pariwisata berbasis masyarakat, yang dapat menciptakan sejumlah lapangan pekerjaan.

“Dengan demikian, kebangkitan sektor pariwisata dapat dipertahankan berpihak pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif,” yakinnya.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membahas sejumlah peluang kerja sama dengan UNWTO pada Pertemuan Bersama ke-4 Komisi UNWTO untuk Asia Timur dan Pasifik dan Komisi UNWTO untuk Asia Selatan (CAP-CSA ke-34) di Mal. Maladewa, Selasa (14 Juni 2022).

Berita Terkait: PATA Indonesia Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan UNWTO

Dalam acara tersebut, Menlu Ni Wian Giri bertemu dengan Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili untuk berterima kasih kepada organisasi tersebut atas dukungannya untuk kepresidenan Indonesia G20 2022.

“Kami mengundang Sekjen UNWTO untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pariwisata G20 pada 26 September 2022 (memperingati Hari Pariwisata Dunia),” ujarnya.

Pertemuan Menteri Pariwisata G20 adalah salah satu pertemuan tingkat menteri yang akan diadakan sebelum KTT G20

READ  Yamaha XSR155 WGP 60th Anniversary Diluncurkan di Indonesia

Berita Terkait: Uno Dukung Upaya Tempatkan Sepuluh Angus sebagai Geopark Place

Selain itu, Giri juga mengadakan pertemuan dengan Harry Hwang, Direktur UNWTO untuk Asia dan Pasifik, guna membahas persiapan pengusulan Indonesia sebagai anggota Komite Eksekutif UNWTO yang mewakili kawasan Asia Timur dan Pasifik 2023-2027.

Dibahas juga pengaturan teknis untuk konferensi, seminar dan lokakarya memperingati Hari Pariwisata Dunia 2022 – yang akan dirayakan pada 27 September.

“Semoga dengan adanya proses tersebut, sektor pariwisata Indonesia semakin maju,” tambah Sekda.

Berita Terkait: Kegiatan Indonesia sebagai hub halal dunia

Berita Terkait: Rainforest mempromosikan pariwisata Kalimantan Barat di Festival Musik Dunia