Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

India mengatakan akan melindungi kepentingannya saat kapal-kapal China menuju ke Sri Lanka

India mengatakan akan melindungi kepentingannya saat kapal-kapal China menuju ke Sri Lanka

NEW DELHI/COLOMBO (Reuters) – India, yang berusaha memperluas pengaruhnya di Sri Lanka yang dilanda krisis setelah China membuat kemajuan signifikan di sana, mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya mengetahui laporan mengenai rencana kunjungan kapal China ke Sri Lanka. pelabuhan yang dibangun dengan uang dari Beijing.

Data pengiriman dari Refinitiv Eikon menunjukkan bahwa kapal penelitian dan survei Yuan Wang 5 sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Hambantota di Sri Lanka selatan dan diharapkan tiba pada 11 Agustus.

“Pemerintah secara hati-hati memantau setiap perkembangan yang berdampak pada keamanan dan kepentingan ekonomi India, dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi mereka,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagshi dalam pengarahan mingguan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Saya pikir itu harus menjadi pesan yang jelas.”

Dia tidak menyebutkan langkah-langkah yang diambil oleh India dan kepada siapa pesan itu ditujukan.

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pejabat Sri Lanka tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Seorang pejabat pemerintah Sri Lanka mengatakan kepada Reuters dengan syarat anonim bahwa diplomat India di Kolombo mengajukan protes lisan ke Kementerian Luar Negeri Sri Lanka pada hari Senin.

“jarak lintasan”

Perusahaan konsultan Sri Lanka, Belt and Road Initiative Sri Lanka, mengatakan di situs webnya bahwa Yuan Wang 5 akan berada di Hambantota selama seminggu.

“Kapal akan melakukan space tracking, satelit monitoring dan tracking research di bagian barat laut kawasan Samudera Hindia selama bulan Agustus dan September,” tambahnya. dia berkatatanpa menyebutkan sumber.

Sri Lanka secara resmi menyerahkan kegiatan perdagangan di pelabuhan selatan utamanya kepada sebuah perusahaan China pada tahun 2017 dengan sewa 99 tahun setelah berjuang untuk membayar utangnya. Pelabuhan ini terletak di dekat jalur pelayaran utama dari Asia ke Eropa.

READ  Tidak ada kabar dari Pembela Azovstal Ukraina yang hilang, kata beberapa keluarga

Para pejabat Amerika dan India khawatir bahwa pelabuhan senilai $1,5 miliar itu akan menjadi pangkalan militer China.

Seorang pejabat Sri Lanka mengatakan kepada Reuters pada hari Senin bahwa Beijing bersedia memompa lebih banyak uang ke mega proyek yang didukung China di Hambantota dan Kolombo. Baca lebih banyak

Cina adalah salah satu pemberi pinjaman terbesar di Sri Lanka, dan juga telah membiayai bandara, jalan dan kereta api, yang banyak menjadi perhatian India.

Sementara Sri Lanka sekarang bergulat dengan krisis ekonomi terburuknya dalam tujuh dekade, tahun ini saja India telah memberikan dukungan hampir $4 miliar.

Menanggapi tweet tentang kunjungan yang diusulkan Hambantota, analis keamanan India Nitin A. Gokhale mendasarkan keputusan Sri Lanka untuk mengizinkan kapal selam China dan kapal perang untuk berlabuh di Kolombo pada tahun 2014, sebuah langkah yang membuat marah India pada saat itu.

Gokhale berkata di Twitter: “Kembali 2014?” Pelabuhan yang tidak berbahaya atau provokasi yang disengaja?

Kekhawatiran India tentang pengaruh China di Sri Lanka datang ketika Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengadakan panggilan kelima mereka sebagai pemimpin pada hari Kamis di tengah ketegangan atas kemungkinan kunjungan ke Taiwan, yang diminta oleh China oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Baca lebih banyak

Pada hari Kamis, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan militer Taiwan juga menembakkan suar untuk memperingatkan sebuah pesawat tak berawak yang “mengintip” di sebuah pulau yang sangat strategis dan dijaga ketat di dekat pantai China yang mungkin sedang menyelidiki pertahanannya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Krishna melaporkan dalam Das di New Delhi); Pelaporan tambahan oleh Uditha Jayasinghe di Kolombo, U Lun Tian di Beijing, Shilpa Jamkhandikar di Mumbai; Diedit oleh Frances Kerry dan Gareth Jones

READ  Berita Ukraina: Kremlin menyebut dua tentara AS yang ditangkap sebagai 'prajurit keberuntungan'

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.