Juni 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ia menemukan bahwa air merembes dari kerak bumi ke inti planet

Ia menemukan bahwa air merembes dari kerak bumi ke inti planet

Masih banyak yang belum kita ketahui tentang bagian dalam planet kita, namun para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa air secara perlahan merembes dari permukaan planet kita.

Ini bukan perjalanan yang sederhana. Cairan tersebut jatuh di bawah lempeng tektonik yang turun, sebelum akhirnya mencapai inti setelah menempuh perjalanan sejauh 2.900 km.

Meski prosesnya lambat, selama miliaran tahun telah terbentuk permukaan baru antara logam cair di inti luar dan mantel luar bumi.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan di Arizona State University mengatakan bahwa air memicu reaksi kimia, yang mengarah pada pembentukan lapisan baru setebal “beberapa ratus kilometer”. (Ini “tipis” jika menyangkut lapisan dalam bumi.)

“Selama bertahun-tahun, pertukaran fisik antara inti bumi dan mantel dianggap kecil. Namun, eksperimen tekanan tinggi baru-baru ini mengungkapkan cerita yang berbeda.

“Kami menemukan bahwa ketika air mencapai batas inti-mantel, ia bereaksi dengan silikon di inti, membentuk silika,” tulis rekan penulis Dr. Dan Shim.

“Penemuan ini, dikombinasikan dengan pengamatan kami sebelumnya terhadap berlian yang terbentuk dari reaksi air dengan karbon dalam besi cair di bawah tekanan ekstrem, menunjukkan interaksi yang jauh lebih dinamis antara inti dan mantel, yang menunjukkan adanya pertukaran fisik yang signifikan.”

Jadi apa artinya bagi kita semua di permukaan?

“Penemuan ini meningkatkan pemahaman kita tentang proses internal bumi, menunjukkan siklus air global yang lebih luas dari yang diketahui sebelumnya,” kata pernyataan ASU.

“Perubahan ‘lapisan’ inti memiliki implikasi besar terhadap siklus geokimia yang menghubungkan siklus air permukaan dengan inti mineral dalam.”

Cara bergabung dengan saluran WhatsApp gratis indy100

berlangganan Ke buletin indy100 mingguan gratis

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100.