Mei 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Honduras memutuskan hubungan dengan Taiwan dan membuka hubungan dengan China | Berita politik

Honduras memutuskan hubungan dengan Taiwan dan membuka hubungan dengan China |  Berita politik

Honduras mengalihkan kesetiaan diplomatiknya dari Taiwan ke China, membuat Taipei hanya diakui oleh 13 negara berdaulat.

Honduras telah mengakhiri hubungan diplomatiknya selama puluhan tahun dengan Taiwan demi hubungan dengan China, mendorong Taipei untuk menuduh Beijing menggunakan “paksaan dan intimidasi” untuk memikat beberapa sekutunya yang tersisa.

“Pemerintah Honduras mengakui bahwa hanya ada satu China di dunia,” kata Kementerian Luar Negeri Honduras pada Sabtu.

“Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya pemerintah sah yang mewakili seluruh Tiongkok,” katanya.

“Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China,” tambahnya.

Kementerian mengatakan Honduras telah memberi tahu Taiwan tentang keputusannya untuk memutuskan hubungan dan tidak akan kembali ke hubungan formal atau kontak dengan Taipei.

Langkah itu membuat Taiwan hanya diakui oleh 13 negara berdaulat.

China dan Taiwan telah terkunci dalam pertempuran untuk mendapatkan pengakuan diplomatik sejak kedua belah pihak berpisah di tengah perang saudara pada tahun 1949, dengan Beijing menghabiskan miliaran untuk mendapatkan pengakuan atas kebijakan “satu China”.

China memandang Taiwan sebagai salah satu provinsinya tanpa hak hubungan negara-ke-negara, pandangan yang ditentang keras oleh pemerintah yang dipilih secara demokratis di Taipei.

Berakhirnya hubungan antara Honduras dan Taiwan telah lama diharapkan setelah menteri luar negeri Honduras melakukan perjalanan ke China pekan lalu dan Presiden Xiomara Castro mengatakan pemerintahnya akan memulai hubungan dengan Beijing.

Tak lama setelah pengumuman Honduras, China mengumumkan akan membuka hubungan dengan Tegucigalpa.

“China dan Honduras baru saja menjalin hubungan diplomatik,” tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying di Twitter.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan pergeseran itu “bagian dari serangkaian paksaan dan intimidasi oleh China”.

READ  Wakil Presiden AS Harris menyerukan penyelidikan atas kejahatan perang terhadap Rusia

China telah menekan ruang internasional [Taiwan] untuk waktu yang lama, secara sepihak membahayakan perdamaian dan stabilitas kawasan,” demikian bunyi pernyataan dari kantornya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan Taipei akan menutup kedutaannya di Honduras dan menarik duta besarnya di sana.

Wu mengatakan Castro, yang menjabat awal tahun lalu, dan pemerintahannya “selalu memiliki ilusi” tentang China.

Kementerian luar negeri dan kedutaan menyerap informasi yang relevan dan menanganinya dengan hati-hati. Namun, pemerintah Castro juga meminta bantuan ekonomi bernilai miliaran dolar kepada kami dan membandingkan harga program bantuan yang ditawarkan oleh Taiwan dan China.

Baik pernyataan China maupun Honduras tidak menyebutkan bantuan tersebut.

Wu menambahkan bahwa menteri luar negeri Honduras menulis surat ke Taiwan pada 13 Maret, sehari sebelum pengumuman asli Castro, meminta bantuan sebesar $2,45 miliar, termasuk pembangunan rumah sakit, bendungan, dan keringanan utang.

“Saya merasa yang mereka inginkan adalah uang, bukan rumah sakit,” kata Wu.

Menteri Luar Negeri Honduras Eduardo Enrique Reina mengatakan kepada Reuters pekan lalu bahwa $2,5 miliar itu “bukan sumbangan”, tetapi “mekanisme pembiayaan kembali yang dirundingkan.”

Honduras adalah sekutu diplomatik kesembilan Taipei yang kalah dari Beijing sejak Tsai pertama kali menjabat pada Mei 2016.

Taiwan masih memiliki hubungan dengan Belize, Guatemala dan Paraguay di Amerika Latin dan Kota Vatikan. Sebagian besar mitranya yang tersisa adalah negara kepulauan di Karibia dan Pasifik Selatan, bersama dengan Eswatini, sebelumnya dikenal sebagai Swaziland, di Afrika Selatan.

Terlepas dari kampanye isolasi China, Taiwan mempertahankan hubungan informal yang kuat dengan lebih dari 100 negara lain, terutama Amerika Serikat.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa sementara tindakan di Honduras adalah keputusan berdaulat, penting untuk dicatat bahwa China “sering membuat janji sebagai imbalan atas pengakuan diplomatik yang pada akhirnya tetap tidak terpenuhi.”

READ  Delegasi Hamas tiba di Moskow untuk melakukan pembicaraan - Kementerian Luar Negeri

“Terlepas dari keputusan Honduras, Amerika Serikat akan terus memperdalam dan memperluas keterlibatan kami dengan Taiwan,” katanya dalam sebuah pernyataan.