November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hindari eksploitasi berlebihan atas kekayaan geografis Indonesia: Djokovic

Geopark mungkin cocok dengan tren pariwisata saat ini selama epidemi, dengan memprioritaskan ekowisata dan wisata kesehatan.

Jakarta (Andara) – Presiden Joko Widodo (Djokovic) mengingatkan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat untuk berhenti merusak dan mengeksploitasi kekayaan dan keanekaragaman geografis, hayati, dan budaya Indonesia secara berlebihan.

“Kawasan Geopark adalah tempat untuk belajar tentang warisan nasional dan dunia, keanekaragaman geografis, keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya. Kita harus melindungi semua keanekaragaman dan kekayaan yang kita miliki dan memastikan bahwa itu tidak dihancurkan atau dieksploitasi secara berlebihan,” katanya kepada wartawan di National Geographic Indonesia pada hari Senin. .

Geopark, atau taman geologi, adalah kawasan dengan fitur geografis yang penting. Geopark adalah tempat belajar dan melestarikan kekayaan dan keragaman Indonesia, kata Djokovic.

Berita Terkait: Zombie bersiap untuk eksplorasi untuk mendapatkan status geopark global Merang

Sebagai negara di ring of fire, Indonesia memiliki beragam geopark yaitu Geopark Badur yang pertama kali masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, antara lain Geopark Kunung Chew, Geopark Siledu, Geopark Gunung Rinzani, Danau Toba dan masih banyak lagi. .

Djokovic menghimbau kepada pemangku kepentingan terkait dan masyarakat untuk selalu menjaga dan melindungi kawasan Geopark dan sumber daya alam lainnya di Indonesia melalui upaya pelestarian kawasan.

“Tolong lindungi kekayaan geografis kita dengan melestarikan warisan geografis dan nilai-nilainya seperti nilai-nilai arkeologi, ekologi, sejarah dan budaya sehingga dapat diwariskan kepada generasi mendatang,” katanya.

Kepala negara menekankan bahwa geopark dapat dikembangkan sebagai situs geowisata yang menarik di mana wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan alam tetapi juga terlibat dalam perlindungan lingkungan.

Berita Terkait: Geopark Dieng Siap Bekerja Sama: Bupati Wonosobo

“Geopark mungkin cocok dengan tren pariwisata saat ini selama epidemi, yang mengutamakan ekowisata dan wisata kesehatan,” tambahnya.

READ  Pembaruan Ekonomi Indonesia: Yang terburuk sudah berakhir tetapi masa depan penuh tantangan

Selain geografi wilayah, karakteristik vulkanik, flora dan fauna lokal serta budaya masyarakat di kawasan Geopark, masing-masing geopark dinilai memiliki keunikan tersendiri, kata Djokovic.

Presiden Djokovic menekankan bahwa pengelolaan Geopark penting untuk menentukan keberhasilan pengembangan Geopark. Pengelolaan harus melibatkan pegiat Geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

“Kita bisa mulai dengan mengembangkan ide-ide inovatif dan melakukan perbaikan nyata yang menyeimbangkan keamanan dengan ekonomi. Saya berharap semua elemen bekerja untuk menjadi bagian dari gerakan pertahanan Geopark dan meningkatkan potensi pariwisata,” tegas Djokovic.

Berita Terkait: Perubahan energi tidak bisa ditunda lagi: Presiden Djokovic

Berita Terkait: Presiden Djokovic berupaya meningkatkan keseimbangan