Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hasil pemilu India merupakan pukulan terhadap rencana politik dan ekonomi Modi

Hasil pemilu India merupakan pukulan terhadap rencana politik dan ekonomi Modi
  • Para pengamat mengatakan bahwa hasil pemilu di India merupakan pukulan politik besar bagi Perdana Menteri Narendra Modi dan partainya yang berkuasa, dan mempunyai implikasi besar terhadap cara dia memerintah negara tersebut.
  • “Kita berada di wilayah yang belum dipetakan,” kata Nilanjan Sircar, peneliti senior di Pusat Penelitian Kebijakan di New Delhi, pada hari Rabu.
  • Investor veteran David Roche menggambarkan hasil pemilu sebagai latihan “karma,” dan menambahkan bahwa ini adalah pemilu yang akan membuat Modi kalah.

Perdana Menteri India Narendra Modi menarik perhatian saat ia tiba di markas besar Partai Bharatiya Janata (BJP) di New Delhi, India, 4 Juni 2024.

Adnan Al-Obaidi | Reuters

Telah terungkap hasil pemilu di India Pukulan politik yang besar Para pengamat mengatakan bahwa keputusan ini akan berdampak besar pada Perdana Menteri Narendra Modi dan partainya yang berkuasa, dan berdampak besar pada cara ia memerintah negara tersebut.

Modi tidak meraih kemenangan telak seperti yang diperkirakan oleh jajak pendapat sebelum hasilnya diumumkan. Sebaliknya, ia akan memasuki masa jabatan ketiganya dengan mandat yang jauh lebih lemah dari perkiraan semula.

Partai Bharatiya Janata yang dipimpinnya kehilangan puluhan kursi, sehingga perkiraan total kursinya turun menjadi 240 kursi, kurang dari mayoritas absolut di majelis rendah parlemen negara tersebut.

Hal ini sangat berbeda dengan perolehan kursi di negara bagian lain pada tahun 2014 dan 2019, ketika BJP masing-masing memperoleh 282 dan 303 kursi, dan meraih mayoritas kursi.

Dengan menunjukkan keberaniannya, Modi menggambarkan kemenangan pemilunya sebagai “pertama kalinya setelah tahun 1962 pemerintahan petahana menang untuk ketiga kalinya.” Dalam pidatonya yang disampaikannya di markas Partai Bharatiya Janata Di New Delhi pada hari Selasa.

READ  Zelensky menuduh Tiongkok membantu Rusia menyabotase pertemuan puncak perdamaian di Ukraina

Dia menambahkan bahwa ini akan menjadi “bab emas” baru dalam pembangunan India.

Namun hasilnya lebih rumit bagi Modi, yang harus bergantung pada mitra koalisi untuk pertama kalinya dalam pemerintahannya selama satu dekade – yang beberapa di antaranya mungkin tidak memiliki agenda ekonomi atau politik yang sama dengan Modi.

“Kita berada di wilayah yang belum dipetakan,” kata Nilanjan Sircar, peneliti senior di Pusat Penelitian Kebijakan di New Delhi, pada hari Rabu.

“Kami belum pernah melihat pemerintahan Modi harus bertindak dalam koalisi. Kami tahu bahwa partai tersebut telah mengambil tindakan tegas, dalam sentralisasi,” kata Sircar kepada “Squawk Box Asia” CNBC.

“Dapatkah mereka beradaptasi sesuai kebutuhan partai dan pemimpin ketika Anda memimpin koalisi?” Dia menambahkan bahwa Modi kemungkinan akan memiliki “hubungan yang tegang” dengan mitra koalisinya.

Partai oposisi utama India, Kongres Nasional India yang dulunya dominan, memenangkan 99 kursi – sebuah perubahan tajam dari 52 kursi yang dimenangkannya pada tahun 2019.

Aliansi oposisi, bersama dengan mitra koalisinya – Aliansi Pembangunan Nasional Seluruh India – memenangkan 233 kursi, hasil yang jauh lebih baik dari yang diperkirakan.

Investor veteran David Roche menggambarkan hasil pemilu sebagai latihan “karma,” dan menambahkan bahwa ini adalah pemilu yang akan membuat Modi kalah.

“Dia menguasai segala hal, namun dia kehilangan perhatiannya di negara-negara bagian utama di utara,” kata Roach, presiden dan ahli strategi global di Independent Strategy, kepada CNBC’s “The Street.” salah.” “. Asia Signs” pada hari Rabu.

Hal ini menunjukkan bahwa keinginan Modi untuk mengikuti pemilu berdasarkan nasionalisme Hindu tidak berhasil di “wilayah nasionalis Hindu,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia berharap Modi sekarang akan mendukung reformasi ekonomi.

READ  Bill Granger, koki dan pengusaha, meninggal pada usia 54 tahun

Kinerja BJP di Uttar Pradesh, yang merupakan basis partai berkuasa selama satu dekade terakhir, merupakan salah satu kejutan terbesar dalam pemilu tersebut. Partai tersebut menderita kerugian besar di sini, termasuk tokoh politik kelas berat BJP seperti Smriti Irani. Kehilangan kursi mereka

Dalam kemunduran lainnya di Ayodhya, BJP memenangkan B.CUst adalah daerah pemilihan utama di Faizabad Hanya beberapa bulan setelah pelantikan Modi Kuil Ram yang baru dibangun. Kuil yang sangat kontroversial ini didirikan di lokasi sebuah masjid yang dihancurkan oleh ekstremis Hindu, yang menurut para analis bertujuan untuk memberi energi pada basis pemilih Hindu.

Dalam pemilu sebelumnya, BJP telah mengunci “benteng India” di India, kata Sircar.

Kali ini mereka menghadapi kerugian yang sangat besar di tiga negara bagian tersebut – Maharashtra, Uttar Pradesh dan Rajasthan, tambah analis tersebut, seraya mencatat bahwa kerugian ini terutama disebabkan oleh tindakan berlebihan yang dilakukan oleh pemerintahan Modi.

Menjelang pemilu, “dua menteri senior ditangkap. Ada beberapa pemimpin oposisi politik lainnya yang menghadapi badan investigasi… Di beberapa tempat, orang-orang mengatakan bahwa mereka khawatir terhadap Konstitusi,” kata Sircar, seraya menambahkan bahwa Pemerintah mempunyai beberapa “garis merah”.

Para kritikus menunjukkan bahwa di bawah pemerintahan Modi yang kuat, India telah melihat tanda-tanda kemunduran demokrasi mengingat tindakan keras yang terus berlanjut terhadap hak-hak minoritas dan masyarakat sipil.

Sebelum pemilu, popularitas Modi terus berlanjut meskipun India menghadapi masalah ekonomi seperti tingginya pengangguran kaum muda, inflasi, dan kesenjangan pendapatan.

Meski Modi masih mempertahankan karismanya, ia telah kehilangan “aura kemahakuasaan dalam pemilu,” kata Michael Kugelman, direktur South Asia Institute di Wilson Center. Dia berkata dalam sebuah postingan di X.

READ  Keluarga tentara Rusia memohon kepada Putin atas perang 'penjahatnya'

“Ini adalah bagian besar dari apa yang telah lama mendefinisikannya sebagai seorang pemimpin,” katanya, seraya menambahkan bahwa ini adalah “momen yang merendahkan” baik bagi BJP maupun Modi.

kata Pemimpin Kongres Rahul Gandhi, berbicara ketika hasil pemilu masih mulai terlihat pada hari Selasa Dia mengatakan hasil pemilu Itu adalah kemenangan bagi rakyat India dan demokrasi.

“Ini adalah perjuangan untuk menyelamatkan konstitusi,” katanya saat konferensi pers di New Delhi, dan menambahkan bahwa hal ini mengirimkan pesan yang kuat kepada Modi bahwa “rakyat tidak menyukai cara negara ini diperintah.”

Roche mengatakan hasil pemilu ini merupakan “kabar baik” bagi demokrasi India secara keseluruhan.

“Anda ingin India menjadi negara demokrasi yang sesungguhnya – bukan sesuatu yang kita impikan atas dasar populis, yang pada akhirnya akan semakin merugikan kinerja perekonomian.”