April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Harvest moon purnama di bulan September adalah supermoon terakhir tahun ini

Harvest moon purnama di bulan September adalah supermoon terakhir tahun ini

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Harvest moon purnama muncul pada dini hari tanggal 29 September, yang juga menandai supermoon keempat dan terakhir pada tahun 2023.

Bulan purnama di bulan September mencapai puncak iluminasi sekitar pukul 5:58 pagi ET pada hari Jumat, tetapi diperkirakan akan tampak terang benderang hingga Sabtu pagi, menurut NASA.

Soumyabrata Roy/NoorPhoto/Getty Images

Harvest Moon dapat dilihat melalui celah dahan dan dedaunan pohon di hutan di Tehata, Benggala Barat, India pada 29 September.

Definisi supermoon bisa berbeda-beda, namun istilah ini umumnya merujuk pada bulan purnama yang jaraknya lebih dekat ke Bumi dari biasanya sehingga tampak lebih besar dan terang di langit malam. Bulan adalah Jaraknya 224.854 mil (361.867 kilometer) dari Bumi., sekitar 14.046 mil (22.604 km) lebih dekat dari jarak rata-rata. Supermoon terdekat tahun ini terjadi pada tanggal 30 Agustus, ketika bulan hanya berjarak 221.954 mil (357.200 kilometer) dari Bumi.

Bulan purnama di bulan September diperkirakan akan tampak sekitar 5% lebih besar dan 13% lebih terang dari rata-rata bulan purnama, menurut NASA.

Beberapa astronom mengatakan fenomena ini terjadi ketika Bulan berada dalam jarak 90% dari perigee – jarak terdekatnya dengan Bumi dalam orbitnya.

Lorenzo Di Cola/Norphoto/Getty Images

Bulan purnama terbit di belakang kastil Rocca Calasio dan gereja Santa Maria della Pietà di Calassio (L’Aquila, Abruzzo), Italia, pada 28 September.

Nama Harvest Moon mengacu pada musim panen karena peristiwa tersebut terjadi menjelang awal musim gugur atau ekuinoks musim gugur yang tahun ini jatuh pada tanggal 23 September. Biasanya, saat-saat seperti ini adalah saat banyak tanaman mencapai puncaknya di wilayah utara. Sebelumnya, belahan bumi dan bulan yang cerah membantu para petani bekerja hingga malam hari untuk memanen tanaman mereka sebelum musim dingin pertama, menurut Almanak Petani Tua.

READ  Para ilmuwan mengatakan megalodon predator super yang telah punah cukup besar untuk memakan orca

Sebutan lain bulan purnama di bulan September Berbagai suku asli Diantaranya adalah Bulan Pembuat Jagung Abenaki, Bulan Daun Coklat Lakota, dan Bulan Musim Gugur Passamaquoddy.

David Gray/AFP/Getty Images

Supermoon terlihat terbit di Macquarie Lighthouse dan Sydney Opera House di Sydney pada 29 September.

Tradisi lain untuk merayakan panen pada masa ini termasuk Festival Chuseok Korea dan Festival Higan Buddha Jepang, yang keduanya juga merayakan leluhur, menurut Science Daily. Museum Kerajaan Greenwich.

Banyak orang mengasosiasikan Harvest Moon dengan warna oranye saat mulai terbit, namun hal yang sama juga berlaku untuk semua bulan purnama. Warna ini disebabkan oleh ketebalan atmosfer bumi di dekat cakrawala yang lebih besar dibandingkan saat bulan purnama di atas kepala kita, menurut Langit Bumi.

Banyak planet saat ini muncul di langit malam, menurut situs “luar angkasa” Amerika Masyarakat Planet. Saturnus berwarna emas dan Jupiter yang cerah terbit di timur dan tampak tinggi di penghujung hari, sedangkan Venus (salah satu objek paling terang yang terlihat di langit malam) terbit sebelum fajar. Sementara Merkurius menari rendah di sepanjang ufuk timur menjelang fajar.

Bulan purnama dan supermoon

Berikut sisa bulan purnama di tahun 2023 menurut Almanak Petani:

● 28 Oktober: Bulan Pemburu

● 27 November: Bulan Berang-berang

● 26 Desember: Bulan Dingin

Gerhana bulan dan matahari

Masyarakat di Amerika Utara, Tengah dan Selatan akan dapat melihat gerhana matahari cincin pada 14 Oktober. Dalam peristiwa yang disebut juga Cincin Api ini, Bulan akan melintas di antara Matahari dan Bumi pada atau dekat titik terjauhnya dari Bumi. Tanah. Bulan akan tampak lebih kecil dari Matahari dan dikelilingi oleh lingkaran cahaya yang bersinar.

Untuk menghindari kerusakan mata saat melihat fenomena tersebut, sebaiknya pemirsa memakai kacamata gerhana.

Gerhana bulan sebagian juga akan terjadi pada 28 Oktober. Hanya sebagian Bulan yang akan melewati bayangan tersebut, karena Matahari, Bumi, dan Bulan tidak akan sejajar sempurna. Gerhana sebagian ini akan terlihat di Eropa, Asia, Australia, sebagian Amerika Utara, dan sebagian besar Afrika Selatan.

Semua sisa hujan meteor yang diperkirakan mencapai puncaknya tahun ini akan paling terlihat mulai sore hingga fajar di wilayah yang tidak memiliki polusi cahaya. Berikut adalah tanggal puncak acara:

● Naga: 8 Oktober

● Al-Jabariyat: 20-21 Oktober

● Tauride Selatan: 4-5 November

● Pemberontakan di Utara: 11-12 November

● Leonid: 17-18 November

● Gemini: 13-14 Desember

● Ursids: 21-22 Desember