April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gunung Semeru: Ribuan dievakuasi setelah gunung berapi meletus di Indonesia

Gunung Semeru: Ribuan dievakuasi setelah gunung berapi meletus di Indonesia


Jakarta, Indonesia
CNN

Indonesia Bukit Semaru Letusan hari Minggu menutupi jalan dan rumah dalam abu vulkanik dan mendorong evakuasi hampir 2.000 penduduk di provinsi Jawa Timur, menurut pejabat negara.

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa sejauh ini tidak ada korban luka atau kematian yang dilaporkan dan para pengungsi telah berlindung di fasilitas umum, termasuk balai desa dan sekolah. Lebih dari 20.000 masker telah dikeluarkan untuk mengurangi risiko kesehatan pernapasan akibat abu vulkanik.

Bukit Semaru, ini Jaraknya 640 kilometer (400 mil) tenggara ibu kota, Jakarta, mulai meletus pada pukul 02:46 waktu setempat Minggu (14:46 ET Sabtu), kata BNPB. Video yang dibagikan oleh BNPB menunjukkan desa-desa terdekat tertutup abu.

Pusat Penanggulangan Bencana Vulkanik dan Geologi Indonesia, PVMBG, dalam keterangannya menaikkan status siaga aktivitas vulkanik menjadi 4.

Badan itu memperingatkan orang-orang untuk tinggal setidaknya 17 kilometer (10,5 mil) dari pusat gempa Semaru, dan abu vulkanik mencapai hingga 12 kilometer (7,4 mil) dari pusat gempa.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan letusan mencapai 15 kilometer (sekitar 49.200 kaki) di udara. Badan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa tidak ada kerusakan akibat tsunami setelah letusan gunung berapi.

Indonesia, rumah bagi 270 juta orang, duduk di sebuah pita yang disebut “Cincin Api” di sekitar Samudera Pasifik, yang sering menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

Dengan ketinggian 3.676 meter (12.060 kaki), Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Jawa dan salah satu gunung berapi paling aktif.

Letusan tahun lalu menewaskan lebih dari 50 orang dan membuat ribuan orang mengungsi.

READ  Indonesia, pasar e-commerce yang tidak diperhatikan

Warga berlindung di balai desa Kandiburo pascaletusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur pada 4 Desember 2022.

Kepala PVMBG Hendra Gunavan mengatakan pihaknya melihat potensi volume magma yang lebih besar dari letusan hari Minggu dibandingkan dengan letusan tahun 2021.

“Jadi awan hangat Semaru bisa lebih jauh (tahun ini) dan banyak permukiman di jarak itu,” ujarnya.

Petugas penyelamat memantau aliran material vulkanik dari letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia pada 4 Desember 2022.

Letusan hari Minggu di Jawa Timur mengikuti serangkaian gempa bumi di bagian barat pulau. Satu bulan terakhir Itu menewaskan lebih dari 300 orang.

Gempa dahsyat di Siangjur, Jawa Barat pada bulan November tercatat 5,6 skala Richter. Gempa yang sangat dalam Sabtu di Garut Nagar Pada skala Richter 6,1, orang-orang berlarian dari gedung-gedung tetapi tidak ada kerusakan besar.