Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gunung Chemro Indonesia: Ribuan dievakuasi saat gunung berapi meletus

Ledakan itu menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 41 orang, kata para pejabat, seraya menambahkan bahwa ledakan itu telah menutupi desa-desa dan membuat orang menjadi awan abu dan sampah.

Sedikitnya 300 keluarga telah dievakuasi menyusul letusan Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu, kata Inda Amparawati, wakil bupati Lumajang di dekat gunung berapi tersebut.

Ia mengatakan, sebagian besar korban luka bakar beserta seorang warga yang meninggal di Desa Kura Kobokan telah dievakuasi ke Puskesmas Penang.

Pihak berwenang tidak dapat mencapai beberapa desa karena jalan ditutup oleh lumpur dan pohon tumbang, kata India dalam konferensi pers.

Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan pada konferensi pers bahwa tentara telah diminta untuk tenaga dan peralatan.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Pudi Santosa, kepala penanggulangan bencana di Jawa Timur, mengatakan dua kecamatan telah “sangat terpengaruh” oleh letusan.

Bau abu vulkanik dan belerang ada lebih dulu Observatorium Gunung Semeru melaporkan bahwa hal itu dilaporkan pada pukul 3 sore waktu setempat (3 pagi ET). Ditambahkan bahwa awan panas abu-abu jatuh ke arah Sabitarang, sebuah desa di Jawa Timur di distrik Pronojivo.

Video yang dibagikan oleh tim tanggap darurat pemerintah menunjukkan penduduk di daerah itu melarikan diri dari awan kelabu tebal yang besar.

Rekaman lain yang dibagikan oleh penduduk setempat menunjukkan orang-orang berkumpul di sebuah masjid lokal di Besuk Copogan, dikelilingi oleh selimut abu dan asap.

Dalam jumpa pers, Santosha berharap fasilitas kesehatan, puskesmas, atau rumah sakit di wilayah bencana dapat menampung para korban.

Saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan evakuasi dan menyiapkan tenda pengungsian, penyediaan makanan, masker, selimut dan shelter bagi warga pengungsi.

READ  Indonesia sangat penting hanya untuk ASEAN - Akademi

Indonesia terletak di antara dua lempeng benua yang dikenal sebagai Cincin Api, sebuah pita yang mengelilingi dasar Samudra Pasifik, yang menyebabkan aktivitas tektonik dan vulkanik berskala besar.