Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gugus bola besar di Hercules

M13 (382 exp)
Ilustrasi yang menunjukkan enam ekor komet di langit sebelum fajar

Ada komet, dan kemudian ada komet besar. Itu pasti kebakaran yang terjadi di langit pada tahun 1743 dan 1744 Salah satu yang terbaru.

Saat komet meluncur melewati Bumi menuju matahari, komet dikatakan cukup terang untuk dilihat di siang hari bolong dan mengakali Venus di langit malam. Ia juga mengembangkan ekor ganda yang panjang dan terlihat jelas, yang sudah tidak biasa. Kemudian, ketika mencapai perihelion dan berputar mengelilingi matahari, ekor komet terbelah menjadi enam sinar yang jelas. Di pagi hari, ketika kepala komet masih tersembunyi di bawah cakrawala, enam ekor ini terang dan terlihat, mencapai langit sebagai semacam “kipas” yang seolah-olah datang dari matahari.

Mengapa komet memberikan penampilan ini tetap menjadi misteri. Mungkin sebenarnya ada satu atau dua ekor yang jauh lebih lebar, tetapi ada area yang digelapkan oleh debu tebal. Bagaimanapun, itu dicatat oleh para astronom di seluruh dunia, termasuk di Cina, di mana para astronom pengadilan mengklaim bahwa komet itu mengeluarkan suara berderak. Ini adalah dosa yang sangat aneh.

Catherine muda yang tidak hebat memperhatikan pelakunya saat bepergian ke Rusia untuk menikah. Rupanya dia mempertimbangkan semuanya untuk menyatakan kehebatannya di masa depan karena… tentu saja dia melakukannya.

Kembali di Prancis, Messier muda juga tampaknya telah melihat komet itu, dan tampaknya telah menempuh perjalanan jauh untuk mendorongnya ke masa depan dalam astronomi, daripada jalur karier yang sangat indah dengan membawa orang ke ruang sidang. Messier berhasil mendapatkan posisi asisten Joseph Nicolas Deliel yang merupakan astronom resmi Angkatan Laut Prancis (menggambar kursus, dll.) dan mungkin yang paling penting, orang kaya yang kotor.

READ  Apakah ada hal lain yang tersembunyi di pusat Bima Sakti?

Delile memiliki observatorium yang baru dibangun, dan Messier muda dengan cepat menetap. Selama dekade berikutnya, ia membuat sejumlah penemuan penting, menerima posisi senior di pemerintahan serta serangkaian penghargaan dan keanggotaan dalam komunitas ilmiah. Seperti yang diharapkan, komet tetap menjadi subjek yang menarik perhatian khusus Messier, dan dia tampaknya pandai menyingkirkan komet yang jauh sebelum astronom lain bisa mendapatkan nama mereka di bola salju yang mendekat. Bahkan Raja Louis XV memberi Messier julukan yang sangat mengesankan yaitu ” Mongoose Comets” yang, jika Anda ingin memiliki satu judul yang terukir di batu nisan Anda, harus menjadi judulnya.

Tapi karya Messier kemudian dengan benda langit yang dalam paling diingat hari ini. Mulai tahun 1771, Messier mulai menyusun katalog beberapa tempat berkabut di langit malam—hal-hal yang kita kenal sekarang sebagai nebula, galaksi, dan gugus bintang. Daftar pertama termasuk 45 item tersebut. Daftar terakhir, yang mencakup beberapa hal yang ditarik dari catatan kaki dan marginal Messier, berjumlah 110. Ini kemudian dikenal sebagai makhluk yang menyedihkan.

Sejak itu, menemukan objek Messier ini telah menjadi hak bagi para astronom. Sesuatu seperti mendaki Tujuh Puncak dalam pendakian gunung. Kecuali untuk kemungkinan kematian yang jauh lebih rendah dalam longsoran salju.

Dan… yah, ternyata Messier 13 adalah sesuatu yang dikenal dengan berbagai nama sebagai Gugus Bintang Hercules, Gugus Bulat Besar Hercules, atau Gugus Bola Hercules. Messier sebenarnya bukan orang pertama yang menemukan M13. Penghargaan ini diberikan kepada manusia komet lain, Edmund Halley, yang bertemu dengannya pada tahun 1714. Tapi Messier memasukkannya ke dalam katalog,

M13 adalah sekelompok ratusan ribu bintang, tetapi itu bukan galaksi. Faktanya, itu salah satu dari banyak gumpalan yang mengorbit galaksi tua kita yang baik, Bima Sakti. Letaknya sekitar 22.500 tahun cahaya dari Bumi. Jika Anda ingin menemukannya, cari di mana namanya – di rasi bintang Hercules. Tapi bawa teleskop. Meskipun jumlah bintang dalam kelompok ini, ukuran mereka terlihat lebih dari 11, dan mereka terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang.

READ  Simulasi pemecah rekor menunjukkan bagaimana iklim memengaruhi migrasi manusia

M13 sekitar 100 kali lebih padat dengan bintang daripada daerah tetangga di sekitar Bumi. Hanya ada sekitar 135 bintang dalam jarak 50 tahun cahaya dari Bumi. Sangat menarik untuk memikirkan seperti apa langit sebesar tetangga terdekat pada malam yang cerah. Bintang-bintang di M13 cukup dekat satu sama lain daripada sebelumnya dan kemudian sepasang bintang akhirnya bergabung menjadi raksasa biru-putih berumur pendek.

Sesuatu tentang M13 telah membuat gugusan Hercules yang berbentuk bola menjadi tema yang berulang dalam novel-novel fiksi ilmiah. Ini mungkin mengapa ketika personel SETI sedang melarikan diri tetapi tidak melupakan Teleskop Arecibo mencari target untuk pesan uji pada tahun 1974, mereka memilih M13. Di suatu tempat di antara sana-sini sebuah surat dengan informasi dasar tentang matematika, dan kemudian memperluasnya untuk menggambarkan struktur atom, lalu unsur, lalu DNA, dan kemudian beberapa fakta dasar tentang kehidupan manusia.

Jika seseorang ada di luar sana, dan mereka memiliki penerima yang sangat baik, mereka akan memiliki surat dalam waktu sekitar 22.450 tahun.

Seperti kebanyakan gambar yang saya tampilkan dalam fitur ini, gambar teratas diambil dengan teleskop Vespera yang kecil namun pintar. Dan seperti biasa dengan fitur ini, saya berharap beberapa dari Anda akan melakukan jauh lebih baik. Tapi mungkin tidak lebih baik dari ini…

Gambar Teleskop M13 Hubble.

Hitung mundur web: “NASA, dalam kemitraan dengan Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada, akan merilis gambar penuh warna pertama dan data spektroskopi untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb selama siaran televisi mulai pukul 10:30 ET pada hari Selasa, 12 Juli .” Dan kami akan meliputnya secara langsung.