Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gletser Greenland mencair lima kali lebih cepat dibandingkan 20 tahun lalu

Gletser Greenland mencair lima kali lebih cepat dibandingkan 20 tahun lalu

KOPENHAGEN (Reuters) – Pemanasan global telah mempercepat pencairan gletser Greenland sebanyak lima kali lipat selama 20 tahun terakhir, kata para ilmuwan dari Universitas Kopenhagen pada Jumat.

Mencairnya es di Greenland menjadi perhatian khusus, karena lapisan es kuno mengandung cukup air untuk menaikkan permukaan laut setidaknya 20 kaki (6 meter) jika mencair seluruhnya.

Anders Anker Bjork, asisten profesor di Departemen Ilmu Bumi dan Manajemen Sumber Daya Alam di Universitas Kopenhagen, mengatakan kepada Reuters bahwa penelitian terhadap ribuan gletser di wilayah tersebut menunjukkan bahwa laju pencairan telah memasuki fase baru selama dua dekade terakhir. .

“Ada hubungan yang sangat jelas antara suhu yang kita lihat di planet ini dan perubahan yang kita amati terkait seberapa cepat gletser mencair,” kata Björk.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa gletser menyusut rata-rata 25 meter per tahun, dibandingkan dengan 5-6 meter sekitar dua dekade lalu, setelah mempelajari evolusi gletser selama 130 tahun melalui citra satelit dan 200.000 foto kuno.

Lembah yang terpotong oleh gletser di Lapisan Es Greenland di sepanjang pegunungan Greenland, 3 Agustus 2022. REUTERS/Jim Urquhart/File Foto Memperoleh hak lisensi

Suhu dunia telah meningkat sekitar 1,2 derajat Celcius (2,2 Fahrenheit) di atas suhu pra-industri, dan tahun 2023 “hampir pasti” menjadi tahun terpanas dalam 125.000 tahun, kata para ilmuwan Uni Eropa awal bulan ini.

Jorgen Eivind Olsen, direktur Institut Iklim di Universitas Aarhus, mengatakan bahwa penurunan suhu memerlukan upaya global untuk mengurangi gas rumah kaca di atmosfer.

“Saya pikir kita bisa bersiap menghadapi gletser yang terus mencair dengan kecepatan yang semakin meningkat,” kata Olsen.

Gletser Greenland sering digunakan untuk memprediksi dampak perubahan iklim terhadap lapisan es Greenland.

READ  Artemis 1: NASA menantikan dua tanggal peluncuran akhir September

“Jika kita mulai melihat gletser kehilangan massanya beberapa kali lebih cepat dibandingkan abad lalu, hal ini mungkin membuat kita berharap bahwa lapisan es akan mengikuti jalur yang sama dalam skala waktu yang lebih lambat dan lebih lama,” kata William Colgan, peneliti utama di Geological Lembaga. Survei Denmark-Greenland (GEUS) mengatakan.

Lapisan es Greenland menyumbang 17,3% kenaikan permukaan laut yang diamati antara tahun 2006 dan 2018, dan gletser menyumbang 21%. Ada sekitar 22.000 gletser di Greenland.

Laporan oleh Johannes Birkbeck Penyuntingan oleh Barbara Lewis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru