Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gerhana matahari “Cincin Api” akan segera terjadi. Inilah yang perlu Anda ketahui

Gerhana matahari “Cincin Api” akan segera terjadi.  Inilah yang perlu Anda ketahui

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gerhana matahari cincin akan muncul di langit Amerika Utara, Tengah dan Selatan pada tanggal 14 Oktober, menciptakan tontonan unik bagi mereka yang berada di jalurnya – dan kesempatan langka bagi para ilmuwan.

Paige Luce, penjabat direktur Divisi Heliofisika di Markas Besar NASA, mengatakan peristiwa langit yang mempesona ini akan memungkinkan jutaan orang menyaksikan “kekaguman dan keajaiban melihat gerhana cincin api yang indah.”

Julukan “cincin api” berasal dari penampakan gerhana matahari cincin yang mirip dengan gerhana matahari total, hanya saja bulan berada pada titik terjauh orbitnya dari bumi sehingga tidak dapat menghalangi matahari sepenuhnya. Sebaliknya, sinar matahari yang membara mengelilingi bayangan bulan, menciptakan apa yang disebut cincin api.

Gerhana matahari cincin akan dimulai di Amerika Serikat pada pukul 09:13 waktu Pasifik (12:13 waktu Timur) dan berpindah dari pantai Oregon ke pantai Teluk Texas, muncul di Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, dan Texas. Bayangan bulan juga akan terlihat di beberapa wilayah California, Idaho, Colorado, dan Arizona. Gerhana akan berakhir di Amerika Serikat pada pukul 12:03 Waktu Tengah (13:03 Waktu Bagian Timur).

Shoji Kageyama/AFP

Saat Bulan melintasi antara Bumi dan Matahari saat gerhana matahari cincin, ciri khas “cincin api” matahari tetap terlihat.

Setelah meninggalkan Amerika Serikat, gerhana akan melintasi Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia sebelum berakhir di pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

Jika cuaca memungkinkan, gerhana matahari sebagian akan terjadi dalam bentuk bulan sabit, dengan Bulan hanya menutupi sebagian Matahari Ini akan terlihat pada 14 Oktober di seluruh 49 negara bagian benua ASTermasuk Alaska, menurut NASA. Gunakan agensi Peta gerhana interaktif Untuk mengetahui kapan gerhana akan melewati wilayah Anda.

Tidak dapat melihat gerhana? NASA akan membagikan siaran langsung Mulai pukul 11:30 ET pada hari gerhana, pemandangan dari Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands, New Mexico, akan bertukar pandangan, menurut Kelly Couric, manajer program gerhana NASA.

READ  Cara menyaksikan gerhana matahari cincin dengan aman: Dari kacamata hingga penonton

“Gerhana cincin berikutnya yang akan kita lihat di wilayah ini sebenarnya akan terjadi pada tahun 2046,” kata Couric. “Butuh waktu lama sebelum kita melihat fenomena ini lagi, jadi kami sangat mendorong masyarakat untuk keluar dan mengamati dengan aman.”

Mereka yang berada di jalur gerhana cincin akan mengalami beberapa tahapan peristiwa. Pertama, saat bulan mulai melintas di depan matahari, maka akan terjadi gerhana sebagian berupa bulan sabit.

Satu jam 20 menit setelah gerhana sebagian dimulai, Bulan akan bergerak tepat di depan Matahari sehingga membentuk cincin api (disebut juga cincin). Tergantung pada lokasi Anda di sepanjang jalan, tahapan ini akan memakan waktu antara satu hingga lima menit.

Selama episode cincin, langit akan menjadi lebih gelap, namun tidak segelap saat gerhana matahari total ketika semua sinar matahari terhalang. Hewan mungkin berperilaku seperti saat senja, dan udara mungkin tampak lebih dingin, menurut NASA.

Bulan akan melanjutkan perjalanannya melintasi Matahari selama satu jam 20 menit lagi, menyebabkan gerhana sebagian lagi, sebelum Bulan menghilang dari pandangan.

Melihat langsung ke Matahari tanpa menggunakan perlindungan khusus tidak pernah aman, dan tidak ada fase gerhana cincin yang aman untuk dilihat dengan mata telanjang karena sinar matahari tidak pernah terhalang sepenuhnya.

Untuk melihat gerhana cincin, Kenakan kacamata gerhana yang disetujui Atau gunakan proyektor surya portabel. Secara terpisah, Anda dapat mengamati Matahari menggunakan teleskop, teropong, atau kamera yang memiliki filter khusus matahari di bagian depan, yang cara kerjanya sama seperti kacamata gerhana.

Mata Terbuka Lebar/Getty Images

Kacamata gerhana sangat penting untuk melihat keseluruhan gerhana matahari cincin dengan aman.

“kamu perlu Kacamata gerhana matahari sesuai dengan ISO 12312-2. “Ada banyak vendor online yang aman,” kata Alex Lockwood, pemimpin konten strategis dan integrasi Direktorat Misi Sains Markas Besar NASA. “Kami sangat menekankan betapa pentingnya memiliki sepasang kacamata gerhana matahari bersertifikat yang aman untuk menyaksikan acara tahunan ini.”

READ  Lokiceratops, dinosaurus bertanduk, mungkin merupakan spesies baru

Kacamata hitam tidak akan berfungsi menggantikan kacamata gerhana atau proyektor surya, yang ribuan kali lebih gelap dan memenuhi standar internasional. Jangan menggunakan kacamata gerhana atau proyektor surya yang sobek, tergores, atau rusak.

Jangan melihat Matahari melalui perangkat optik apa pun – lensa kamera, teleskop, teropong – sambil mengenakan kacamata gerhana atau menggunakan penampil matahari portabel, menurut NASA. Sinar matahari masih dapat menembus filter pada kacamata atau penampil, mengingat betapa terfokusnya sinar tersebut oleh perangkat optik, dan dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

Gerhana juga dapat dilihat secara tidak langsung menggunakan proyektor lubang jarum, seperti lubang yang dilubangi pada kartu indeks. Fungsi-fungsi ini bekerja dengan berdiri membelakangi matahari dan mengangkat kartu. Lubang tersebut memproyeksikan gambar matahari ke bumi atau permukaan lainnya. Namun jangan pernah menghadap matahari dan melihatnya langsung melalui lubangnya.

Jika Anda sedang duduk-duduk di luar sebentar menunggu gerhana, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dan memakai topi untuk melindungi kulit.

A Gerhana matahari total Ini akan terlihat di beberapa bagian Meksiko, Kanada, dan lebih dari 10 negara bagian AS pada 8 April 2024.

Gerhana tersebut akan muncul pertama kali di Samudera Pasifik Selatan, kemudian memulai perjalanannya melintasi Amerika Utara. Pesisir Pasifik Meksiko adalah titik penyelesaian pertama lintasan tersebut, diperkirakan pada pukul 11:07 PT.

Rute ini akan dilanjutkan melalui Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire dan Maine. Kemudian akan melintasi Kanada di selatan Ontario, Quebec, New Brunswick, Pulau Prince Edward dan Nova Scotia, berakhir di pantai Atlantik Newfoundland pada pukul 17:16 (15:46 ET).

Gerhana memberi para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari Matahari dan bagaimana ia berinteraksi dengan Bumi dengan cara yang unik. NASA akan meluncurkan tiga roket akustik selama gerhana cincin untuk mengamati bagaimana berkurangnya sinar matahari mempengaruhi atmosfer bagian atas bumi, yang disebut ionosfer.

Sekitar 50 mil (80,5 kilometer) di atas permukaan bumi terdapat ionosfer tempat udara menjadi listrik. Sinar ultraviolet matahari memisahkan elektron dari atom, menciptakan atmosfer yang penuh dengan partikel bermuatan. Namun pada malam hari, atom-atom tersebut bergabung kembali menjadi netral.

READ  Galaksi bertabrakan, bintang-bintang terbangun: penemuan menakjubkan Hubble

Gerhana menyebabkan perubahan yang lebih dramatis karena suhu dan kepadatan ionosfer turun dan naik lagi dalam skala waktu yang lebih singkat.

“Jika Anda menganggap ionosfer sebagai kolam dengan riak-riak lembut, gerhana itu seperti perahu motor yang tiba-tiba merobek air,” kata Aru Barjatya, perancang misi roket bersuara dan profesor fisika teknik di Universitas Embry. Riddell Aeronautical University di Florida, dalam sebuah pernyataan. “Ini menciptakan jejak tepat di bawah dan di belakangnya, dan kemudian permukaan air naik sesaat saat air kembali naik.”

Perubahan cuaca terdeteksi di 2017 saat gerhana matahari total Di seluruh Amerika Serikat.

“Semua komunikasi satelit melewati ionosfer sebelum mencapai Bumi,” kata Barjatya. “Seiring dengan semakin bergantungnya kita pada aset luar angkasa, kita perlu memahami dan memodelkan semua gangguan di ionosfer.”

Roket-roket tersebut akan diluncurkan sebelum, selama, dan setelah puncak gerhana, terbang tepat di luar jalur melingkar, untuk mengukur perubahan yang terjadi di ionosfer 45 hingga 200 mil (72 hingga 322 kilometer) di atas permukaan bumi.

Operator radio amatir akan mencoba eksperimen selama gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total untuk melihat bagaimana fenomena ini mengubah cara gelombang radio merambat. Operator di lokasi berbeda akan mencatat kekuatan sinyal mereka dan seberapa jauh perjalanan mereka. Para ilmuwan tertarik untuk melacak jarak ini karena matahari secara langsung mempengaruhi ionosfer, sehingga komunikasi radio dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Namun jika bulan menghalangi matahari, hal itu bisa berubah.

Matahari saat ini Ini mendekati titik maksimum matahari Pada pertengahan hingga akhir tahun 2024, para ilmuwan ingin sekali mengabadikan puncak aktivitas tersebut melalui berbagai observasi, seperti mempelajari mahkota matahari, atau panasnya atmosfer luar yang hanya bisa terjadi saat gerhana.