April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter melanda pulau Jawa Barat, Indonesia

Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter melanda pulau Jawa Barat, Indonesia

Gempa berkekuatan 4,8 skala Richter melanda pulau Jawa Barat di Indonesia pada hari Minggu, menurut badan geofisika negara PMKG. Pusat gempa terletak 2 kilometer timur laut Sumedang, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 5 kilometer.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Gempa berkekuatan 6,2 skala richter melanda Irian Jaya, Indonesia, pada Sabtu malam, sehari sebelumnya, kata Pusat Seismologi Nasional. Berdasarkan data NCS, episentrum gempa diketahui masing-masing berada pada Lintang: -3.11 dan Bujur: 139.28.

Magnitudo Gempa: 6,2 terjadi pada 30-12-2023, 22:46:28 WIB, Lint: -3.11 & Panjang: 139.28, Kedalaman: 77 km, Lokasi: Irian Jaya, Indonesia,” tulis NCS di X (sebelumnya Twitter) .

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan harta benda setelah gempa melanda wilayah tersebut pada hari Sabtu.

Indonesia, yang merupakan rumah bagi lebih dari 270 juta orang, terletak di “Cincin Api” dan sering dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

Cincin Api, atau Sabuk Sirkum-Pasifik, adalah sebidang tanah di Samudera Pasifik yang ditandai dengan gunung berapi aktif dan sering terjadi gempa bumi.

Ini adalah sabuk berbentuk tapal kuda dengan panjang 40.000 km dan lebar sekitar 500 km yang berisi dua pertiga gunung berapi di dunia dan 90 persen gempa bumi di bumi.

Negara kepulauan ini sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Cincin Api Pasifik, tempat bertemunya beberapa lempeng tektonik sehingga sering menyebabkan aktivitas seismik. Negara ini mengalami ribuan gempa bumi setiap tahunnya, mulai dari gempa kecil hingga gempa besar dan bencana besar.

Indonesia terletak di beberapa lempeng tektonik, antara lain lempeng Laut Eurasia, Pasifik, Australia, dan Filipina. Ini sangat rentan terhadap gerakan seismik. Gempa bumi sering terjadi di wilayah ini. Yang ringan biasanya luput dari perhatian.

READ  Indonesia dapat memperpanjang larangan ekspor minyak sawit jika permintaan domestik tidak terpenuhi

Gempa bumi terkuat dalam sejarah Indonesia terjadi pada tahun 2004 yang memicu tsunami besar. Ini adalah salah satu yang paling mematikan dalam sejarah dengan kekuatan 9,1-9,3.

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin mendalam hingga pelacakan saham real-time, berita terkini, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! Masuk sekarang!