Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa berkekuatan 5,8 skala Richter melanda Sumatera Utara, Indonesia, menewaskan satu orang

Lima rumah rusak dan 53 gempa susulan dilaporkan setelah gempa pertama kali dirasakan pada pukul 2:28 pagi (1928 GMT), mengatakan tidak ada ancaman tsunami, tetapi ada risiko tanah longsor di daerah pegunungan.

Pusat gempa berada 15 km barat laut kabupaten Tabanuli Utara dan pada kedalaman 10 km, Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika melaporkan, mengutip Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika negara itu.

Sesar di pulau Sumatera sangat aktif dan berbahaya. Pada tahun 2004, gempa bumi dan tsunami berkekuatan 9,1 di ujung utara Sumatera menewaskan 226.000 orang di Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, dan sembilan negara lainnya.

Gempa tersebut, diikuti oleh dua gempa berkekuatan 5,1 dan 5,0 skala Richter, tidak mampu memicu tsunami, kata badan tersebut.

Agus Wibisono, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Pulau Nias di Provinsi Sumatera Utara, mengatakan Kabupaten Tapanuli utara sangat terpukul. Getaran juga terasa di provinsi tetangga Aceh.

Indonesia sering mengalami gempa bumi di “Cincin Api Pasifik”, zona seismik aktif di mana lempeng kerak bumi yang berbeda bertemu.

Gempa berkekuatan 5,6 melanda Myanmar pada hari Jumat, kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Gempa itu terletak sekitar 112 km (69,59 mil) barat laut Monywa, Myanmar dan memiliki kedalaman 144 km (89,48 mil), tambah EMSC.

READ  Fulbright Scholar, lulusan TESOL dari UCF, Indonesia