Mei 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gelombang paling kuat di dunia tercatat di Samudra Pasifik Utara

Gelombang paling kuat di dunia tercatat di Samudra Pasifik Utara

Para peneliti mengumumkan bahwa gelombang seram 17,6 meter – gelombang seram paling kuat yang pernah tercatat – diukur di perairan Ucluelet, British Columbia.

Gelombang nakal setinggi gedung empat lantai itu terekam pada November 2020 oleh sistem data Marine Labs yang berbasis di Victoria, British Columbia. Ini adalah subjek dari laporan ilmiah oleh Dr. Johannes Jimreich dan Leah Seccon, keduanya dari University of Victoria, yang diterbitkan dalam jurnal, Laporan Ilmiah.

Gelombang raksasa itu berukuran tiga kali tinggi gelombang di sekitarnya. Gelombang nakal adalah gelombang yang tingginya dua kali lipat dari gelombang lain yang terjadi di sekitarnya. Juga dikenal sebagai gelombang aneh atau pembunuh, kecenderungannya untuk terjadi secara tak terduga dan dengan kekuatan yang luar biasa membuatnya sangat berbahaya, dan mereka secara teratur dikaitkan dengan meningkatnya banjir tumpahan kotak dari banyak kapal kontainer dalam beberapa tahun terakhir.

Gelombang jahat pertama yang pernah diukur terjadi di lepas pantai Norwegia pada tahun 1995. Dikenal sebagai gelombang Draubner, gelombang ini berukuran 25,6 m dalam keadaan laut dengan tinggi gelombang sekitar 12 m – dua kali ukuran gelombang yang terjadi di sekitarnya. Gelombang yang terekam oleh MarineLabs di Ucluelet adalah 17,6 meter dalam kondisi laut dengan tinggi gelombang sekitar 6 meter – hampir tiga kali ukuran ombak di sekitarnya.

“Secara relatif, gelombang gaib kemungkinan akan menjadi gelombang jahat paling ekstrem yang pernah tercatat,” kata Jimrich, yang mempelajari peristiwa gelombang besar di sepanjang pantai British Columbia sebagai bagian dari pekerjaannya sebagai fisikawan di Universitas Victoria. “Hanya beberapa gelombang jahat di laut lepas yang telah diamati secara langsung, dan tidak ada yang sebesar ini. Kemungkinan peristiwa seperti itu terjadi setiap 1.300 tahun sekali.”

READ  NASA telah merilis rekaman audio lubang hitam - rupanya hasil dari Hans Zimmer | berita sains dan teknologi

Gelombang Ucluelet yang memecahkan rekor direkam oleh salah satu pelampung sensor MarineLabs yang ditempatkan di Amphitrite Bank, sekitar 7 kilometer dari Pantai Ucluelet.

“Gelombang jahat yang tidak dapat diprediksi, dan kekuatan dinding air ini dapat membuatnya sangat berbahaya bagi operasi lepas pantai dan publik,” kata Dr. Scott Petty, CEO Marine Labs. “Prediktabilitas gelombang jahat tetap menjadi pertanyaan terbuka, tetapi data kami membantu untuk lebih memahami kapan, di mana, dan bagaimana gelombang jahat terbentuk dan risiko yang ditimbulkannya.”

Musim dingin berturut-turut di Pasifik Utara telah menyaksikan banyak insiden tumpahan kotak, terutama satu poin (Foto), yang kehilangan kontainer hingga $200 juta pada akhir 2020. Pakar cuaca sedang melacak satu poinJalur kapal menunjukkan bahwa sel badai yang ditabraknya mungkin telah melihat kapal dihantam gelombang hingga 16 meter.

Diperkirakan satu dari 10.000 gelombang adalah gelombang jahat – tetapi meskipun telah menjadi subjek cerita rakyat laut selama berabad-abad, itu pertama kali dicatat secara resmi pada 1990-an.

Sebuah studi tahun 2019 yang mengamati data gelombang selama dua dekade oleh Pusat Oseanografi Nasional Inggris dan Universitas Southampton menemukan bahwa ketinggian gelombang jahat meningkat sebesar 1% dari tahun ke tahun.

Para peneliti juga menemukan bahwa gelombang nakal bervariasi sepanjang musim, menjadi “ganas” di musim dingin—yaitu, dalam hal ketinggian relatif gelombang nakal relatif terhadap gelombang latar.