Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gambar menunjukkan titik balik matahari musim panas 2024 di Stonehenge

Gambar menunjukkan titik balik matahari musim panas 2024 di Stonehenge

itu Titik Balik Matahari Musim Panas Hari Kamis menandai akhir musim semi di Belahan Bumi Utara dan awal musim baru, yang menjanjikan lebih banyak kehangatan dan lebih banyak sinar matahari. Menandai peralihan ke musim panas 2024, peristiwa astronomi ini merupakan semacam pembukaan besar: di mana pun di atas khatulistiwa, ini akan menjadi hari terpanjang dalam setahun.

di dalam Batu Hengesebuah monumen prasejarah dari batu-batu kolosal yang sekarang menjadi situs warisan yang dilindungi di Inggris selatan, para sejarawan percaya bahwa orang-orang zaman dahulu membangun struktur melingkar seremonial dari batu sarsen kolosal dengan tujuan khusus untuk menghormati dan merayakan titik balik matahari.

Kerumunan berkumpul untuk merayakan titik balik matahari musim panas di Stonehenge di wilayah Wiltshire, Inggris pada Kamis, 20 Juni 2024.

Warisan Bahasa Inggris melalui Reuters


Dibangun secara misterius sekitar tahun 2500 SM, Stonehenge diyakini sebagai tempat spiritual atau ritual, meskipun alasan sebenarnya mengapa orang mempunyai ide untuk membangunnya, dan untuk apa mereka menggunakannya, masih belum diketahui. Batu-batu tersebut diangkat dan disusun dengan hati-hati pada akhir Neolitikum, atau Zaman Batu, suatu masa ketika pembuatan monumen semacam itu merupakan prestasi luar biasa dari konstruksi dan rekayasa canggih.

Matahari terbenam di Stonehenge saat kerumunan orang berkumpul untuk merayakan titik balik matahari musim panas di wilayah Wiltshire, Inggris, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Warisan Bahasa Inggris melalui Reuters


Untuk seseorang yang berdiri di tengah-tengah Stonehenge, desainnya diorientasikan sehingga bebatuan tersebut secara akurat membingkai matahari terbit titik balik matahari musim panas dan matahari terbenam titik balik matahari musim panas. titik balik matahari musim dingin. Ribuan orang berduyun-duyun ke situs ini setiap tahun pada kedua titik balik matahari untuk menyaksikan sendiri fenomena tersebut.

Matahari terbenam di Stonehenge saat kerumunan orang berkumpul untuk merayakan titik balik matahari musim panas di wilayah Wiltshire, Inggris, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Warisan Bahasa Inggris melalui Reuters


Bulan terbit di belakang Stonehenge pada 20 Juni 2024 di Wiltshire, Inggris. Pada titik balik matahari musim panas, hari terpanjang dalam setahun di Belahan Bumi Utara, matahari terbit sejajar sempurna dengan Batu Tumit dan Batu Altar di lingkaran Stonehenge yang berusia 5.000 tahun.

/Gambar Getty


Hanya satu hari sebelum titik balik matahari musim panas tahun ini, para pengunjuk rasa iklim Menyemprot Stonehenge dengan cat oranye Untuk membuat pernyataan menentang bahan bakar fosil. English Heritage, yang mengelola situs Stonehenge, mengatakan kepada CBS News bahwa insiden tersebut “sangat meresahkan dan kurator kami sedang menyelidiki tingkat kerusakannya,” namun monumen tersebut tetap terbuka untuk umum.

Aktivis iklim di Just Stop Oil menyemprot Stonehenge di Inggris dengan zat berwarna oranye sebagai protes terhadap bahan bakar fosil pada 19 Juni 2024.

Hentikan saja minyaknya


Apa titik balik matahari musim panas?

Titik balik matahari secara teknis adalah awal musim panas di belahan bumi utara, dan kebalikannya, titik balik matahari musim dingin, yang secara bersamaan menandakan musim dingin di belahan bumi selatan.

Itu terjadi ketika bumi yang ada Itu dimiringkan pada 23,5 derajat pada porosnyaIni mencapai titik terjauh di mana bagian utara planet ini telah menghadap matahari sejak titik balik matahari musim panas terakhir kali terjadi. Karena Bumi terus-menerus berputar pada porosnya dan berputar mengelilingi Matahari pada saat yang sama, kemiringan ini memberi setiap belahan bumi kesempatan untuk bermandikan siang hari terlama hanya setahun sekali.

Musim ada di Bumi karena kemiringannya sebesar 23,5 derajat. Saat planet berputar dan bergerak pada jalur orbitnya Sekitar 365 hariSumbu bumi yang miring berarti sudut kemiringan berbagai bagian permukaan bumi terhadap Matahari sepanjang tahun. Selama titik balik matahari musim panas di Belahan Bumi Utara, yang biasanya jatuh pada tanggal 20 atau 21 Juni – yaitu tanggal 20 Juni tahun ini – mekanisme kosmik tersebut mendorong bagian atas planet menuju matahari. Di Kutub Utara, siang hari dimulai selama enam bulan, sedangkan di Antartika, itu berarti enam bulan kegelapan.

Sumbu bumi yang miring bertanggung jawab atas perubahan musim saat mengelilingi Matahari.

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional/Layanan Cuaca Nasional


Kondisi berbalik enam bulan kemudian, ketika Bumi mencapai titik orbitnya yang porosnya miring ke belakang sehingga kutub selatan lebih dekat ke Matahari. Pada hari itu, biasanya tanggal 21 atau 22 Desember, titik balik matahari musim dingin di belahan bumi utara menghasilkan periode siang hari terpendek, sedangkan musim panas dimulai di belahan bumi selatan.

Kerumunan orang berkumpul di Stonehenge pada bulan Desember untuk merayakan titik balik matahari musim dingin juga.

Orang-orang mengambil bagian dalam perayaan titik balik matahari musim dingin di monumen prasejarah Stonehenge di Dataran Salisbury di Wiltshire, Inggris, pada 22 Desember 2023.

Gambar oleh Ben Birchall/PA melalui Getty Images


Mengapa 20 Juni merupakan hari terpanjang di tahun 2024?

Kutub Utara tidak pernah miring ke arah matahari seperti saat titik balik matahari musim panas. Kemiringan yang nyata ini membuat sebagian besar belahan bumi utara terkena sinar matahari pada satu waktu dibandingkan pada titik lain dalam revolusi bumi. Dari sudut pandang manusia di Bumi, paparan ini menciptakan periode siang hari 24 jam terpanjang yang terjadi sepanjang tahun.

Tahun ini, Kutub Utara mencapai kemiringan maksimumnya pada pukul 16:51 EDT pada tanggal 20 Juni. Berdasarkan Kepada Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional. Matahari kemudian berada tepat di atas Tropic of Cancer, yaitu garis memanjang yang melingkari bumi secara horizontal pada ketinggian 23,5 derajat di atas garis khatulistiwa. Jalur ini melewati Meksiko, Bahama, Mesir, Arab Saudi, India, dan Tiongkok selatan.

Titik balik matahari musim panas terjadi ketika kemiringan bumi terhadap matahari mencapai titik maksimum dan matahari berada tepat di atas Garis Balik Utara, yang terletak di 23,5 derajat lintang utara. Selama titik balik matahari musim panas, matahari berada pada titik tertinggi di langit dan dianggap sebagai hari terpanjang dalam setahun.

NASA


Di sisi lain siklus, ketika Kutub Utara dimiringkan sejauh mungkin dari Matahari, porsi sinar matahari yang dapat mencapainya dari Belahan Bumi Utara menjadi sekecil mungkin. Inilah sebabnya mengapa titik balik matahari musim dingin adalah hari terpendek dalam setahun bagi orang-orang di atas garis khatulistiwa, dan hari terpanjang dalam setahun bagi orang-orang di bawahnya.

Bagaimana titik balik matahari musim panas dirayakan sepanjang sejarah?

Titik balik matahari musim panas adalah peristiwa yang telah diamati dan dirayakan oleh peradaban selama ribuan tahun. Para sejarawan percaya bahwa orang-orang Neolitikum yang membangun Stonehenge adalah bagian dari budaya kuno yang lebih luas di Eropa utara dan tengah, yang menurut para ahli mengenal titik balik matahari dan perubahan musim yang berkaitan dengan pertanian, dan mungkin waktu siklus tanaman.

National Trust nirlaba Inggris menulis dalam ikhtisar… Tradisi kudeta kuno Bahwa acara ini “umumnya ditandai oleh masyarakat Celtic, Slavia, dan Jerman dengan menyalakan api, dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan matahari selama sisa musim panen dan memastikan panen yang sehat.” Lingkaran batu Neolitik lainnya, agak mirip dengan Stonehenge, juga tampaknya dibangun dengan mempertimbangkan titik balik matahari, menurut organisasi tersebut.

Saat ini, orang-orang merayakan titik balik matahari dengan gaya perayaan tradisional mereka sendiri pada zaman kuno. Festival dan api unggun adalah hal biasa di komunitas di seluruh dunia. Namun ada banyak cara yang digunakan masyarakat modern untuk mengakui transit musiman di suatu wilayah. Tergantung di mana berlangsungnya, ini mungkin terlihat seperti perayaan titik balik matahari musim panas Pertandingan bisbol tengah malam Di Fairbanks, Alaska, atau sepanjang hari Kolam yoga holistik Di Times Square.

Orang-orang berlatih yoga di Times Square New York sambil merayakan titik balik matahari musim panas pada 21 Juni 2015. (Kredit foto DON EMMRT/AFP/Getty Images)

READ  Ratu Elizabeth II, Ratu Inggris yang menentukan zamannya, telah meninggal pada usia 96