Mei 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Empat KKP baru di Maluku mendorong upaya Indonesia untuk melindungi laut

  • Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menunjuk empat kawasan lindung maritim baru di timur negara itu pada Januari.
  • Kawasan lindung baru tersebut terletak di perairan sekitar pulau Tanimbar, Damer, Madonna Hira, Lagore, Moa, Lettie dan Romang di Provinsi Maluku.
  • KKL yang baru ditetapkan adalah rumah bagi spesies yang terancam punah dan dilindungi termasuk penyu hijau, hiu martil dan banyak terumbu karang dan ekosistem laut lainnya.
  • Empat KKL baru mendorong pemerintah Indonesia mencapai dua pertiga dari tujuan untuk memastikan “pengelolaan yang efisien” dari 10% perairan nasional pada tahun 2030.

Ambon, Indonesia – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI telah menetapkan empat Kawasan Konservasi Maritim (KKL) baru di sekitar gugusan pulau di timur provinsi Maluku.

Nama perairan yang jauh di sekitar pulau Tanimbar, Damer, Mdona Hiera, Moa, Letti dan Romang ini adalah 0,4% dari perairan nasional, yang masih lebih besar dari negara bagian Connecticut AS atau lebih besar dari ukuran negara Mediterania. Dari Montenegro.

Dalam hal tujuan keamanan, Indonesia sedang bergerak 4% menuju tujuan “mengelola secara efektif” 10% perairan nasional pada tahun 2030.

Secara total, targetnya adalah untuk menyebarkan 325.000 km persegi (125.500 sq mi) KKL, dengan total 12.559 km penambahan Maluku baru.2 (4.849 mil2) Dalam perkiraan terakhir mereka yang diterbitkan, Situs web kementerian memperkirakan perairan Indonesia yang dilindungi 241.000 km2 (93.051 mil2), Kira-kira dua pertiga menuju tujuan. Kementerian terdiri dari Zona Manajemen Maluku (WPP-RI 715) memiliki persentase air terlindung terbesar.

Maluku, sebuah pantai di pulau kecil yang menyendiri. Gambar melalui shutterstock.

Imam Mustopha, Ketua Program Kelautan dan Perikanan WWF Indonesia, mengatakan: “Dengan bangga kami mengumumkan bahwa empat KKL telah resmi dialihkan oleh Kementerian Dalam Negeri. WWF Indonesia telah mendukung Pemerintah Provinsi Maluku sejak 2015 dalam inisiatif KKL-nya. .

READ  Sarawak berencana untuk menyelesaikan pengaturan perjalanan dengan Indonesia minggu depan, kata Ukka

Kawasan KKL di sekitar Kepulauan Damer dan Tanimbar melindungi terumbu karang dan dasar laut. KKP di sekitar bendungan juga merupakan rumah bagi penyu hijau (Selonia midas) Dan hiu martil bergigi (Spirna Levini) KKP di perairan pulau Mdona Hiera, Lakor, Moa dan Letti, melindungi daerah tempat pemijahan ikan karang. Perairan yang dilindungi di kepulauan Romang termasuk lembah bawah laut, habitat makhluk termasuk hiu palu dan berbagai ekosistem terumbu karang, laut dan rawa.

KKP baru tidak sepenuhnya menutup perairan ini untuk pelayaran dan pengembangan. Bahkan, salah satu KKL, Mdona Hiera, Lakor, Moa dan Letti, berada di perairan lepas pantai ibu kota kabupaten Maluku barat daya, rumah bagi pasar basah hasil laut yang berkembang pesat. Di sini, di Pantai Thiago di pulau Moa, gurita bebas es, lobster, dan berbagai jenis ikan tersedia setiap pagi. 90-95% penangkapan ikan masih diizinkan di perairan KKP Maluku yang baru (6.066 km)2Atau 2.342 mil2) 4-9% dari setiap KKL ditetapkan sebagai “zona inti” atau dilindungi di daerah-daerah di mana penangkapan ikan dan pariwisata tidak diizinkan dan hanya tunduk pada penelitian dan pemantauan berkala. Zona tengah adalah 758 km2 (293 mil2)

Aktivitas perdagangan ikan di Maluku, Pulau Moa. Gambar oleh Luh De Suriyani / WWF Indonesia.

Memantau jaringan yang berkembang

Kementerian Kelautan memiliki dua basis data untuk melacak jaringan KKL yang terus berkembang: Sistem Basis Data Area Keamanan, atau Cidaco; Dan alat penilaian untuk area keamanan, atau EvacaIni merupakan re-packaging dari proyek E-KKP3K kementerian sebelumnya.

Proyek EVIKA/KKP3K memberikan evaluasi kinerja pengelolaan KKL berdasarkan 17 kriteria, antara lain ketersediaan infrastruktur wilayah di dalam KKL dan status proyek zona maritim.

Berdasarkan jawaban pengurus KKL terhadap 74 pertanyaan, EVIKA menentukan kinerja KKL apakah baik (level 5 atau standar emas), buruk (standar level 1 atau merah) atau sedang (standar level 2 atau kuning, level 3 atau standar hijau). . , Level 4 atau standar biru). Database online SIDAKO atau EVIKA tidak dapat diakses oleh publik.

READ  Kebun binatang Indonesia mencoba menyelamatkan komodo

Sebuah versi dari cerita ini diumumkan dan diterbitkan oleh grup Indonesia di Mongabai Di Sini pada kami situs indonesia Pada 10 Februari 2022.

Gambar Spanduk: Panorama perairan Maluku, Pulau Damer dengan Gunung Vurlali di kejauhan. Gambar melalui shutterstock.

Konservasi, Lingkungan, Hukum Lingkungan, Ikan, Perikanan, Kelautan, Konservasi Laut, Ekosistem Laut, Kawasan Konservasi Laut, Perikanan Tuan-Indonesia, Lautan, Kawasan Lindung, Ikan Air Asin

Mencetak