April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dorongan pengaruh Indonesia di Pasifik menumpulkan kritik terhadap Papua – BeritaBenar

Dorongan pengaruh Indonesia di Pasifik menumpulkan kritik terhadap Papua – BeritaBenar

Negara-negara kepulauan Pasifik telah memoderasi penentangan mereka terhadap pemerintahan Indonesia di wilayah Papua yang bergolak, kata para analis, sebuah tanda yang mungkin bahwa upaya untuk membungkam beberapa kritikus paling vokal di Jakarta mendapatkan daya tarik.

Pada tahun 2016, setidaknya setengah lusin negara Kepulauan Pasifik menggunakan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menarik perhatian pada pelanggaran hak asasi manusia dan diskriminasi sistematis terhadap penduduk asli Melanesia di provinsi timur Indonesia. Beberapa panggilan yang didukung untuk penentuan nasib sendiri.

Bangsa Melanesia di Vanuatu, di mana terdapat dukungan luas untuk kemerdekaan Papua dari Indonesia, sangat vokal selama bertahun-tahun.

Tapi tahun ini hanya Kepulauan Marshall yang menyebutkan provinsi Papua di Indonesia, dengan referensi singkat pada seruan lama oleh organisasi regional Pasifik agar Indonesia menerima perwakilan hak asasi manusia PBB.

“Ini sebagian besar merupakan demonstrasi dari pengaruh Indonesia yang semakin besar,” kata Tarcisius Kaputaulaga, profesor studi Pasifik di Universitas Hawaii. “Jakarta telah sangat berhasil menghapus masalah Papua Barat dari agenda.”

Panggilan kritik datang pada saat gerakan kemerdekaan Papua di Indonesia telah benar-benar keluar dari berita karena pandemi Covid-19, invasi Rusia ke Ukraina dan persaingan antara China dan AS di Pasifik.

Di lapangan, elemen bersenjata gerakan kemerdekaan telah meningkatkan serangan mematikan terhadap target seperti pasukan keamanan Indonesia, warga sipil dan pembangunan Jalan Raya Trans-Papua untuk membuat dataran tinggi Papua dapat diakses oleh orang luar. Telah sering terjadi protes damai terhadap rezim Indonesia dan pelanggaran yang dilakukan oleh militer dan polisi Indonesia.

Warga Papua yang diduga dibunuh tentara Indonesia dikremasi di Kabupaten Mimika pada 16 September 2022. Pihak berwenang mengatakan pada 30 Agustus bahwa enam tentara Indonesia telah ditangkap dan dituduh membunuh empat orang asli Papua dan memutilasi tubuh mereka. [Sevianto Pakiding/AFP]

Konflik meletus pada awal 1960-an ketika Indonesia merebut bagian barat pulau New Guinea dari Belanda. Pemerintahan Indonesia diresmikan pada tahun 1969 dengan plebisit di bawah naungan PBB, di mana lebih dari 1.000 orang Papua dipilih dan dikelola secara ketat oleh Indonesia.

READ  Conrad dan Pertamina menandatangani MoU pengembangan gas di Indonesia

Secara administratif, Jakarta membagi wilayah tersebut menjadi provinsi-provinsi, tetapi secara luas dikenal sebagai Papua Barat.

Pemerintah Indonesia melabeli para pejuang kemerdekaan sebagai geng kriminal dan terus menyangkal pelanggaran hak asasi manusia; Ini juga menolak pengunjung asing dan jurnalis masuk ke provinsi Papua. Pasukan keamanan Indonesia secara tidak sah membunuh hampir 100 orang di wilayah Papua antara 2010 dan 2018, menurut Amnesty International.

Kritikan lunak Indonesia di Pasifik “mungkin merupakan tanda tumbuhnya kesadaran bahwa propaganda negatif terhadap Papua adalah propaganda sekelompok kecil orang Papua yang tinggal di luar negeri,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Diuku Faisasya.

Forum Kepulauan Pasifik, sebuah organisasi regional negara-negara Kepulauan Pasifik dan Selandia Baru dan Australia, tidak menyebutkan Papua Barat dalam laporan pertemuan tahunannya tahun ini atau tahun lalu.

Ketika forum tersebut merilis masterplan ambisius untuk pengembangan Pasifik pada bulan Juli, peta Pasifiknya kehilangan separuh Indonesia dari New Guinea. Ini adalah gambaran akurat dari negara-negara anggota forum, tetapi telah membuat marah beberapa aktivis Papua.

Aktivis Ronnie Kareni mengatakan di Twitter bahwa peta itu adalah “diskriminasi yang dilembagakan” terhadap orang Papua di seluruh pulau New Guinea. “Ini membingungkan dan sangat bersahaja untuk peta seperti itu.”

papua-map.jpg
Peta Pasifik dalam dokumen “Strategi 2050 untuk Benua Pasifik Biru” yang diterbitkan oleh Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik pada Juli 2022 memotong bagian Indonesia dari pulau New Guinea. [Downloaded from Pacific Islands Forum Secretariat website]

Indonesia telah meningkatkan diplomasinya dengan negara-negara Pasifik selama bertahun-tahun melalui bantuan kemanusiaan dan upaya untuk hubungan yang lebih erat.

Pada tahun 2015, ia diberikan status pengamat di Melanesian Spearhead Group, sebuah organisasi regional negara-negara Melanesia, di mana organisasi payung untuk aktivis kemerdekaan Papua Barat juga menjadi pengamat.

Indonesia meluncurkan kebijakan “Ketinggian Pasifik” pada tahun 2019, yang melibatkan penggambaran dirinya sebagai negara Pasifik dengan dasar bahwa minoritas penduduknya adalah Melanesia.

READ  Orang Terkaya Indonesia (27 Februari 2024)

Perusahaan milik negara Indonesia PT. Vijaya Gary tahun ini menyelesaikan kompleks futsal dan olahraga lainnya senilai US$7,5 juta di ibu kota Kepulauan Solomon, yang akan menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Pasifik 2023 sebagai bagian dari acara utama negara itu. Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogaware meminta Indonesia membangun dua kompleks futsal lagi di provinsi lain.

Kaputulaka di Universitas Hawaii mengatakan Sokaware sekarang “benar-benar damai” di Papua Barat. Sebelumnya dia lebih blak-blakan dan mengepalai Aliansi Pasifik Papua Barat — yang menyatukan beberapa negara Pasifik, Gerakan Kemerdekaan Papua Barat, dan organisasi lain — yang dibentuk pada tahun 2016, kata Kaputaulaga.

“Dalam kasus Kepulauan Solomon, sumbangan lapangan futsal telah mengganggu suaranya,” kata Matthew Vale, pemimpin oposisi di Parlemen Kepulauan Solomon.

Peneliti Universitas Nasional Australia Hippolytus Wange mengutip bantuan Pacific Games, uang untuk Sekretariat Grup Tombak Melanesia yang berbasis di ibukota Vanuatu, dan satuan tugas keamanan regional yang diprakarsai dan difasilitasi oleh polisi Indonesia sebagai contoh bagaimana negara-negara Pasifik menanggapi masalah Papua. .

Bantuan Indonesia untuk negara-negara kepulauan Pasifik berjumlah US$17 juta antara 2014 dan 2020, sebagian besar untuk Fiji, dan sebagian kecil dari perkiraan US$2,0 miliar bantuan yang diterima kawasan itu setiap tahun, kata Wange dan Stephanie Lawson di Macquarie University. Dalam makalah tahun 2021.

Upaya Indonesia untuk mempengaruhi pemerintah Pasifik tidak akan mempengaruhi dukungan akar rumput untuk kemerdekaan Papua, kata Wange dan Lawson.

Tanggapan standar pemerintah Indonesia terhadap kritik yang sah atas perannya dalam konflik, kata mereka, adalah kemarahan, menutup-nutupi dan “pengulangan mantra kedaulatan negara dan non-intervensi yang hampir tidak ada artinya”.

Sementara itu, Vanuatu, yang bisa melihat perubahan pemerintahan setelah pemilihan cepat akhir bulan ini, bisa menjadi lebih rumit lagi, kata Paik Vardani, seorang sarjana Pasifik di Universitas Airlanga di Surabaya.

READ  Cara Mendaftarkan Merek di Indonesia

Menurut dosen hubungan internasional Universitas Indonesia Shofwan Al Banna Soiruzad, tahun ini Kementerian Luar Negeri RI membentuk direktorat untuk kawasan Pasifik. Tetapi pendekatannya saat ini memiliki keterbatasan, katanya.

“Diplomasi yang kuat hanya dapat terwujud jika Indonesia dapat meyakinkan masyarakat Indonesia dan dunia internasional bahwa Indonesia berkomitmen untuk menyelesaikan masalah Papua secara adil dan beradab,” kata Shofwan.

Benny Venda, penjabat presiden Gerakan Pembebasan Bersatu untuk Papua Barat, mengatakan dorongannya untuk keanggotaan penuh dalam kelompok ujung tombak Melanesia telah terganggu oleh pandemi tetapi terus berlanjut.

“Sebentar lagi kita akan dipersatukan kembali dengan keluarga Melanesia kita,” kata Venda, yang berada di pengasingan di Inggris.

Roy Kosali Idrus dan Tria Dianti di Jakarta berkontribusi dalam laporan ini.