Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dilaporkan 55 pelaut Tiongkok tewas akibat jebakan bawah laut

Dilaporkan 55 pelaut Tiongkok tewas akibat jebakan bawah laut

Tentu saja, Tiongkok membantah bahwa insiden itu pernah terjadi, namun diperkirakan sekitar 55 pelaut Tiongkok di kapal selam No. 093-417 tewas setelah kecelakaan di Laut Kuning, di lepas pantai provinsi Shandong, Tiongkok. Intelijen Inggris melaporkan bahwa awak kapal selam tewas setelah kegagalan “bencana” pada sistem oksigen kapal pada 21 Agustus 2023.

“Pemahaman kami adalah kematian tersebut disebabkan oleh hipoksia karena kesalahan pada sistem kapal selam,” kata laporan itu. “Kapal selam bertabrakan dengan rantai dan jangkar yang digunakan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok untuk menahan kapal selam AS dan sekutu.” menyebabkan sistem tidak berfungsi dan butuh waktu enam jam untuk memperbaiki dan meratakan kapal. Sistem oksigen di dalam pesawat meracuni kru setelah terjadi kegagalan besar.

Karena laporan tersebut didasarkan pada informasi intelijen, Inggris menolak mengomentari kebenaran laporan tersebut, sementara Beijing telah mengonfirmasi bahwa insiden tersebut hanyalah rumor. Jika kapal selam menabrak rantai dan perangkap jangkarnya sendiri, dan baterainya hampir habis, sistem pembersih udara dan penanganan udaranya kemungkinan besar pada akhirnya akan rusak.

Meskipun kapal selam AS dan Inggris memiliki perangkat yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen sehingga memungkinkan mereka tetap berada di bawah air untuk jangka waktu yang lama, tidak semua negara memiliki akses terhadap teknologi yang sama. Sebuah “rantai dan jangkar” adalah alat yang dimaksudkan untuk menjebak dan menghancurkan kapal musuh di bawah laut. Idenya sederhana: Sebuah rantai berat yang terbuat dari bola logam dan benda lain (yang panjangnya bisa beberapa mil) diikatkan pada dua jangkar yang tersebar di dasar laut.

Perangkap rantai dan jangkar jenis ini digunakan untuk melindungi lokasi strategis atau sensitif, seperti pelabuhan, pelabuhan, atau jalur pelayaran. Dokumen yang dikeluarkan oleh intelijen Inggris meyakini bahwa jebakan khusus ini ditujukan untuk membuat jebakan Amerika atau Amerika Kapal selam mata-mata Inggris Beroperasi di lepas pantai Tiongkok. Shandong adalah provinsi dengan beberapa kota dengan populasi lebih dari 9 juta jiwa, kira-kira seukuran Kota New York. Qingdao, dengan populasi 10 juta jiwa, adalah kota terbesar di provinsi tersebut.

Meskipun sebagian besar fokus dunia tertuju pada operasi angkatan laut Tiongkok di Laut Cina Selatan, khususnya jalur perairan antara Taiwan dan Tiongkok daratan, Laut Kuning juga merupakan perairan penting yang strategis di sepanjang pantai Tiongkok. Negara ini berbatasan laut dengan Korea Utara, Korea Selatan, dan Jepang di perairan ini, dan merupakan lokasi penting untuk penangkapan ikan komersial, eksplorasi minyak dan gas, serta perdagangan komersial. Laut Kuning juga merupakan jalur pasokan penting antara Tiongkok dan Rusia, yang memasok bahan nuklir yang digunakan untuk membuat hulu ledak nuklir kepada Republik Rakyat Tiongkok.

Hilangnya 093-417 merupakan masalah besar bagi Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat. Ini adalah salah satu kapal selam tercanggih di armadanya, lebih senyap dan membawa senjata yang lebih canggih (termasuk rudal anti-kapal dan torpedo yang baru dan canggih).

Terlibat