April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Debat Cawapres: Cak Imin menyerukan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Indonesia

Tempo.co, JakartaCalon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Keg Imin, menyoroti perlunya melibatkan masyarakat dalam pembangunan Indonesia dalam debat cawapres kedua, Minggu.

“Rakyat harus terlibat, rakyat tidak boleh mundur, karena rakyat adalah pemilik negara ini. Pemerintah adalah satu-satunya penegak pemilik negara ini,” kata Kak Imin.

Ia menekankan, pembangunan dan kebijakan nasional harus didasarkan pada keadilan hukum, keadilan iklim, keadilan lingkungan, keadilan antargenerasi, keadilan agraria, dan keadilan sosial.

Berbicara mengenai dampak krisis iklim dan bencana lingkungan hidup di Indonesia, ia menilai etika lingkungan hidup dan keseimbangan antara manusia dan alam sangat diperlukan untuk mengatasi krisis tersebut.

“Krisis iklim belum ditangani secara serius, anggaran untuk menanggulangi krisis iklim terbukti jauh lebih rendah dibandingkan anggaran program lainnya,” kata Kak Imin.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anees Baswedan-Muhaimin Iskandar mengangkat tema besar “Indonesia Adil dan Sejahtera untuk Semua” dalam visi, misi, dan rencana kerja mereka. Karya pasangan ini diuraikan dalam “Delapan Jalan Transformasi”.

Pada tugas nomor tiga, yakni mewujudkan keadilan lingkungan berkelanjutan secara turun-temurun, bertujuan untuk memperkuat tata kelola lingkungan hidup.

Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melindungi dan mengelola lingkungan hidup berdasarkan prinsip keadilan sosial dan lingkungan hidup, termasuk keadilan antar generasi.

Mereka mendorong perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan melibatkan masyarakat, termasuk kelompok yang terkena dampak seperti komunitas tradisional, perempuan dan kelompok rentan lainnya.

Debat calon wakil presiden kedua ini merupakan bagian dari debat pemilu pemilu mendatang. Tema yang diangkat dalam debat hari Minggu mencakup sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, isu pertanian dan komunitas tradisional.

READ  Kemenkeu Indonesia berpartisipasi dalam diskusi panel

Indonesia akan menyelenggarakan pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024, yang diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 204,8 juta pemilih. Masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Antara

Seleksi Guru: Daftar 10 orang terkaya dunia versi Forbes per Januari 2024

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News