Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

David Seidler: Penulis skenario 'King's Speech' pemenang Oscar meninggal dunia

David Seidler: Penulis skenario 'King's Speech' pemenang Oscar meninggal dunia
  • Ditulis oleh Thomas Mackintosh
  • berita BBC

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

David Seidler memenangkan Academy Award untuk Skenario Asli Terbaik untuk Pidato Raja pada tahun 2011

David Seidler, penulis The King's Speech pemenang Oscar, meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Penulis skenario kelahiran London yang sempat mengalami kegagapan ini membawakan kisah nyata bagaimana Raja George VI mengatasi kesulitan bicaranya ke layar lebar.

Film tahun 2010 ini dibintangi oleh Colin Firth, yang juga memenangkan BAFTA untuk Aktor Terbaik dan Oscar untuk perannya sebagai Raja.

Seidler juga berada di balik adaptasi film tersebut, yang dibuka di West End pada tahun 2012.

Dia mendedikasikan Oscar 2011-nya untuk “semua penderita gagap di seluruh dunia” – dan pada saat itu dia berterima kasih kepada Ratu karena “tidak menempatkan saya di menara karena menggunakan kata-F”.

Manajer Seidler, Jeff Agassi, mengonfirmasi kepada BBC bahwa dia telah meninggal dunia pada hari Sabtu.

“David berada di tempat yang paling dia cintai di dunia – Selandia Baru – melakukan apa yang memberinya kedamaian terbesar, yaitu memancing,” kata Agassi.

“Jika dia punya kesempatan, itu akan persis seperti yang dia tuliskan.”

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

David Seidler (5 dari kiri) berdiri di samping para pemeran termasuk Colin Firth (3 dari kiri) di Penghargaan Golden Globe Tahunan ke-68 di Beverly Hilton Hotel pada Januari 2011

Lahir pada tahun 1937, Seidler pindah ke Amerika Serikat pada awal Perang Dunia II dan London Blitz. Dia kuliah di Universitas Cornell di mana dia menjadi teman penulis Amerika Thomas Pynchon.

Menurut Waktu Los AngelesPekerjaan awal Seidler di dunia hiburan termasuk menulis sulih suara untuk film monster Jepang, dan ia masuk ke dunia televisi dengan serial tahun 1960-an Adventures of the Seaspray.

Sepanjang karirnya, Seidler telah menulis proyek lain termasuk animasi musikal anak-anak The King And I, Quest For Camelot, dan Madeline: Lost in Paris.

Seidler memenangkan Writers Guild Award pertamanya untuk film biografi Onassis: Orang Terkaya di Dunia tahun 1988, yang dibintangi oleh Raul Julia sebagai raja pelayaran Yunani Aristoteles Onassis.

Dia juga ikut menulis drama komedi Francis Ford Coppola tahun 1988, Tucker: The Man and His Dream.

Tapi Pidato Raja itulah yang paling membuatnya terkenal. Plotnya mengikuti kisah Raja George VI yang mengatasi kegagapannya yang parah dan persahabatannya yang tidak terduga dengan ahli terapi wicara Lionel Logue menjelang Perang Dunia II.

Pada bulan Februari 2011, Seidler menerima dua Penghargaan BAFTA dan beberapa bulan kemudian pada bulan September ia menerima Penghargaan Humanitas untuk karyanya.

“Saya menulis tentang diri saya sendiri,” kata Seidler kepada BBC dalam wawancara tahun 2011.

Agassi mengatakan The King's Speech versi teater West End telah diterjemahkan ke dalam “lebih dari enam bahasa” termasuk Italia, Jepang dan Spanyol.

Film tersebut telah ditayangkan di empat benua — dan baru ditutup di Broadway pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19.

“David fokus pada pelajaran hidup, cinta, kehilangan, dan kelahiran kembali,” kata Agassi.

“Dia terus mengerjakan ide-ide yang menarik minatnya, dan pada saat kematiannya dia memiliki banyak proyek yang sedang dikembangkan, termasuk film dokumenter, serial terbatas, dan film layar lebar.”

Pelaporan tambahan oleh Aruna Iyengar

READ  SNL Meliput Slap Oscar Will Smith & Chris Rock Dalam Sketsa, 'Pembaruan Akhir Pekan'