April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dari Provinsi ke Piala Dunia: Bagaimana kriket putri membawa Indonesia ke pentas dunia

Dari Provinsi ke Piala Dunia: Bagaimana kriket putri membawa Indonesia ke pentas dunia

Oleh Aditya Sudrasna

Artikel ini tentang negara mitra non-Persemakmuran yang meningkatkan status kriket mereka dengan cepat, terutama melalui tim wanitanya – tetapi saya tidak berbicara tentang Thailand.

Meskipun putri Thailand meraih tiga medali emas di Asian Games Tenggara (SEA) 2023, satu-satunya peraih medali perak dua kali mereka adalah Indonesia (yang juga memenangkan emas di nomor enam, meskipun Thailand tidak berkompetisi di sana). Mungkin masih ada kesenjangan yang jelas antara kedua tim, namun tim putri Indonesia jelas telah menjadi kekuatan di kawasan.

Program tim nasional putri Indonesia baru dimulai pada tahun 2016, sembilan tahun setelah Thailand dan lima tahun setelah tim putra. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk melaju, setelah finis di belakang negara tetangga Malaysia dan Singapura di SEA Games 2017 dan finis keempat dari sepuluh tim di Thailand T20 Smash 2019 bersama Thailand, Nepal, dan Uni Emirat Arab.

Namun, aspirasi Piala Dunia T20 mereka pupus di kualifikasi EAP tahun itu, finis di urutan keempat dari enam di belakang PNG, Samoa, dan Vanuatu, yang mereka kalahkan secara meyakinkan. Empat tahun kemudian, menjelang babak kualifikasi EAP lainnya, Indonesia sangat ingin menunjukkan sejauh mana kemajuan mereka.

Pipa provinsi

Emerging Cricket sebelumnya membahas berbagai inisiatif yang dilakukan Persatu Cricket Indonesia (PCI, Persatuan Kriket Indonesia) dengan Presiden Abram Singh Yadav pada tahun 2018. Yadav mengapresiasi pembangunan saluran rekrutmen ini dan memasukkan pemain ke dalam jalur tim nasional. Jaringan asosiasi provinsi di negara tersebut.

Pada saat artikel ini ditulis, terdapat asosiasi kriket yang mewakili 20 dari 38 provinsi di Indonesia. Tim perwakilan dari provinsi-provinsi ini berkompetisi dalam kejuaraan nasional tahunan dan Pekan Olahraga Nasional (PON), di mana kriket pertama kali ditambahkan pada tahun 2016.

“Kita beruntung bisa menyelenggarakan Pesta Olahraga PON, pesta olahraga multisport nasional Indonesia, dimana setiap provinsi harus mempertahankan pemainnya dan mengembangkan provinsinya menjadi tim yang kompetitif.”

READ  17 tewas dalam kebakaran depot minyak Indonesia; Ribuan dievakuasi

“Antara provinsi itu ajang kompetisi dan mereka harus mencari atlet lagi dengan cara sosialisasi dan melangkah ke daerah-daerah di provinsinya. Itu landasannya.”

“[The national team] Sangat kompetitif, jadi tidak ada yang aman, semua orang selalu punya peluang untuk mencapainya. Saya kira kepentingan Pemprov dan kepentingan PCI kita selaras sehingga kriket tidak hanya sekedar olahraga satu tim saja, tapi perkembangannya lebih luas.

“Selain PON, setiap tahun kita adakan kejuaraan nasional yang seluruh provinsi mengirimkan timnya. Ada kejuaraan nasional senior dan junior.

Kejuaraan nasional dan PON membantu manajemen membangun daftar panjang kompetitif, yang menurut Yadav, “membuat tim semakin kuat.”

Menambahkan kriket ke PON akan memberikan pendanaan penting dari pemerintah provinsi, yang juga membayar para pemainnya – sehingga pemain dengan kontrak provinsi dan nasional dapat tetap menjadi pemain kriket penuh waktu. Karena skuad yang beranggotakan 15 orang dapat mencurahkan waktunya untuk kriket, PCI telah memungkinkan mereka untuk memupuk kohesi tim dengan menjaga mereka di rumah yang sama di Bali selama 1,5 tahun terakhir (tim induk telah melakukan hal serupa).

Yadav menegaskan, perkembangan ini akan menjadi pembeda antara buruknya performa mereka di kualifikasi EAP 2019 dengan kemajuan dari edisi mendatang.

“Di masa lalu, kami pernah melakukannya [held the national camp] Dua bulan, sekarang kami sudah melakukannya selama satu setengah tahun.

Dengan kedewasaan dan pengalaman mereka, tujuan kami adalah lolos ke Piala Dunia.

Pertandingan terkini dan mendatang

Meningkatkan pukulan akan sangat penting jika Indonesia ingin lolos dari kualifikasi regional, meskipun run per 20 overs Indonesia di T20I telah meningkat dari 119,3 menjadi 137,7 sebelum tahun 2022.

Dengan kedewasaan dan pengalaman mereka, tujuan kami adalah lolos ke Piala Dunia.

Tanda lain dari kemajuan Indonesia dan secara langsung sebanding dengan rivalnya di EAP, tim U-19 mereka lolos atas PNG untuk Piala Dunia U19 Wanita perdana di Afrika Selatan, di mana mereka meraih kemenangan mengejutkan atas sesama anggota penuh Zimbabwe.

READ  Organisasi Keagamaan Indonesia Mengeluarkan Keputusan Larangan Penggunaan Crypto oleh Penduduk Muslim Negara - Regulasi Bitcoin News

“Itu sangat berharga [to qualify for the U19 World Cup] … sebenarnya, senior [players] Anggaplah generasi muda sebagai panutan!

“Kami bermain melawan anggota penuh di Piala Dunia dan kami bermain 20 overs tanpa tampil all out [in all matches]Jadi itu adalah pencapaian yang luar biasa.

“Para wanita senior sekarang menantikan untuk lolos ke Piala Dunia.”

Usai Piala Dunia, beberapa pemain U19, termasuk kapten Vesika Ratna Devi, dipromosikan ke tim senior. Vesica terkesan dengan pemukul dan bola di Afrika Selatan dan diberi peran awal di kedua bidang tersebut selama SEA Games berikutnya. Dia mengalami beberapa kesulitan dengan pemukul dalam pertandingan pertamanya dengan tim senior, namun kepercayaan diri yang ditunjukkan pada kemampuan dia dan mantan rekan setimnya di U19 menunjukkan banyak hal tentang kualitas pemain yang mendorong panggilan ke tim senior.

Dua minggu setelah kualifikasi Piala Dunia T20, tim terbang ke Hangzhou, Tiongkok untuk Asian Games. Kekalahan di pertandingan pertama akan membuat mereka tersingkir dalam format turnamen yang tak kenal ampun, namun kemenangan akan memberi mereka hadiah berupa pertandingan melawan India, Pakistan, Bangladesh, atau Sri Lanka.

Seperti yang dikatakan Yadav: “Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan bahwa kita bisa melakukan sihir dan bermain melawan para dewa”.

Berhasil di atas kualifikasi regional EAP akan memberi Indonesia tempat di kualifikasi global, dengan negara-negara seperti Sri Lanka dan Irlandia menunggu. Prospeknya jelas – mainkan kriket yang bagus dalam beberapa minggu ke depan dan Indonesia bisa mempersiapkan diri untuk level permainan yang berbeda.

Melihat ke depan

Terlepas dari hasil kualifikasi EAP dan Asian Games, kapasitas lawan Indonesia telah diperluas dengan diterimanya negara tersebut dalam turnamen jalan raya Dewan Kriket Asia (ACC) hingga Februari tahun ini. Ini berarti partisipasi dalam Piala Premier T20 ACC pada tahun 2024, yang memungkinkan Piala Asia atau tim-tim baru lolos ke Piala Asia, belum lagi turnamen untuk tim di bawah umur. Tim ini berusaha untuk lolos ke Piala Dunia 50-over 2025 tahun depan, sementara tim U19 bertujuan untuk lolos ke Piala Dunia berturut-turut.

READ  Informasi Gempa: Mac Sedang. 5.2 Gempa

Di luar lapangan, PCI mencoba mempertahankan pemain setelah karir bermain mereka dengan mengamanatkan mereka untuk melatih, menjadi wasit atau mengatur lokakarya (langkah terakhir dalam mewujudkan impian membangun lapangan rumput lokal).

Mereka juga bertujuan untuk menyelenggarakan kriket kompetitif untuk tim nasional mereka (tim putra dan putri, kelompok umur dan di seluruh wilayah Jakarta dan Bali) untuk bermain kriket sepanjang tahun di Indonesia. Sayangnya, sama pentingnya dengan persiapan turnamen, kualifikasi EAP yang menampilkan Kenya dan Qatar serta rangkaian persiapan Asian Games harus dibatalkan karena Kenya tidak bisa mendapatkan penerbangan ke Indonesia.

Pada akhirnya, timnas wanita Indonesia ingin terus lolos ke Piala Dunia dan menjadi tim 10 besar baik dalam format 20 maupun 50 over. Perjalanan saat ini dan masa depan masih panjang, namun untuk mencapai tujuan tersebut, 12 bulan ke depan harus memainkan peran penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Anda membaca Growing Cricket – dipersembahkan oleh tim sukarelawan yang penuh semangat dengan visi menjadikan kriket sebagai olahraga global, dan menginspirasi semangat untuk mengembangkan olahraga ini.

Kunjungi halaman beranda kami untuk semua berita terbaru Daftar Untuk pembaruan rutin, dan ikuti EC Twitter, Facebook, LinkedIn Dan Lampu jaringan.

Tidak tahu harus mulai dari mana? Lihat daftar fitur kami, profil negara dan berlangganan podcast kami.

Dukung kami mulai dari US$2 per bulan – dan dapatkan manfaat eksklusif dengan menjadi Patron EC.