April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Daniel Kahneman, pemenang Hadiah Nobel dan penulis Thinking, Fast and Slow, meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Daniel Kahneman, pemenang Hadiah Nobel dan penulis Thinking, Fast and Slow, meninggal dunia pada usia 90 tahun.

Andreas Müller/Visum/Redux

Potret Daniel Kahneman, psikolog Israel-Amerika dan pemenang Hadiah Nobel Ekonomi 2002, pada konferensi DLD 2009 di Munich pada 27 Januari 2009.


New Delhi
CNN

Daniel Kahneman, pemenang Hadiah Nobel atas teori perintisnya tentang ekonomi perilaku, telah meninggal dunia. Dia berusia 90 tahun.

Psikolog Israel-Amerika itu meninggal dengan tenang pada hari Rabu, menurut pernyataan dari Universitas Princeton, tempat ia bergabung dengan fakultas tersebut pada tahun 1993. Penyebab kematiannya tidak disebutkan.

Kahneman yang juga menulis buku terlaris berpikir cepat dan lambat, Membantu Membantah gagasan bahwa perilaku masyarakat didorong oleh pengambilan keputusan yang rasional, dan seringkali bergantung pada naluri.

“Danny adalah seorang raksasa di bidangnya,” Eldar Shafir, mantan rekannya di Princeton, mengatakan dalam pernyataan itu. “Banyak bidang ilmu sosial yang tidak sama sejak dia tiba. Dia akan sangat dirindukan.”

Kahneman adalah Ia lahir di Tel Aviv pada tahun 1934Namun orang tuanya yang berkebangsaan Prancis kembali ke Paris ketika dia berusia tiga bulan.

Enam tahun kemudian, ketika Kahneman menyelesaikan kelas satu, Nazi menginvasi Prancis, dan keluarganya terpaksa memakai bintang kuning yang menandai orang Yahudi untuk dideportasi massal ke kamp konsentrasi.

Ayahnya, seorang ahli kimia penelitian, ditangkap tetapi kemudian dibebaskan dan keluarganya melarikan diri ke Prancis yang tidak berpenghuni dan menghabiskan sisa perang dalam persembunyian. Ayahnya meninggal pada tahun 1944, dan Kahneman yang berusia 12 tahun pindah bersama ibunya ke Palestina yang dikuasai Inggris dua tahun kemudian, tepat sebelum berdirinya Negara Israel.

Kahneman belajar matematika dan psikologi di Universitas Ibrani Yerusalem, dan memperoleh gelar Ph.D. Di Berkeley, saya mempelajari statistik, psikologi persepsi visual—mengapa segala sesuatu terlihat seperti itu—dan bagaimana orang berinteraksi dalam kelompok.

READ  Apa yang akan terjadi jika Amerika Serikat memberlakukan zona larangan terbang di Ukraina?

Kemudian, pada usia 27, ia kembali ke Universitas Ibrani untuk mengajar statistik dan psikologi dan memulai kemitraannya yang terkenal dengan Amos Tversky, juga seorang profesor psikologi di Universitas Ibrani.

Pada tahun 2002, enam tahun setelah kematian Tversky, Kahneman memenangkan Hadiah Nobel di bidang Ekonomi Untuk model mereka yang menunjukkan betapa cacatnya pemikiran intuitif dalam cara yang dapat diprediksi.

Kahneman memasukkan wawasan dari psikologi ke dalam ilmu ekonomi, khususnya mengenai penilaian manusia dan pengambilan keputusan dalam ketidakpastian, Royal Swedish Academy of Sciences Dia berkata dalam kutipannya tepat waktu.