Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dalam radar: calon presiden Indonesia

Dalam radar: calon presiden Indonesia

Pada Hari Valentine 2024, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan negara terpadat keempat akan mengadakan pemungutan suara.

Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden berikutnya – dan untuk pertama kalinya sejak tahun 2009, lebih dari 200 juta pemilih di negara ini akan mempunyai pilihan antara tiga kandidat yang berbeda.

Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali karena Indonesia dapat menjabat dua periode.

Lalu siapakah tiga pesaing utama yang akan bertanding? Berikut rangkuman singkatnya:

Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan

Ini merupakan upaya ketiga yang dilakukan Prabowo setelah kalah dari Jokowi pada dua pemilu sebelumnya. Beliau adalah mantan jenderal dan Menteri Pertahanan Indonesia saat ini.

Prabowo saat ini unggul dalam jajak pendapat terbaru, dan baru minggu ini, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, mengumumkan pilihannya atas Raqqa sebagai wakil presidennya.

Tentu saja pengumuman ini menarik banyak perhatian. Pada usia 36 tahun, Gibran akan menjadi kandidat wakil presiden termuda di negara tersebut – dan hingga saat ini, usianya membuatnya tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri. Menurut hukum di Indonesia, usia minimum calon presiden dan wakil presiden adalah 40 tahun. Namun, seminggu sebelum pendaftaran kandidat ditutup, Mahkamah Konstitusi, pengadilan tertinggi di Indonesia, memutuskan bahwa mungkin saja terjadi a Pengecualian jika calon adalah pejabat daerah terpilih. Walikota Gibran dari Surakarta.

Pencalonannya sebagai wakil presiden mendapat sorotan lebih lanjut dengan tuduhan bahwa Presiden Jokowi yang sedang menjabat sedang membuka jalan. Membangun dinasti politik Untuk keluarganya.

Sebaliknya, Prabowo menimbulkan kontroversi dengan melontarkan namanya ke atas ring. Hanya sedikit berita utama internasional seputar pencalonan Prabowo sebagai presiden yang berfokus pada dirinya Dugaan pelanggaran hak asasi manusia: Dia dilarang memasuki Amerika Serikat 20 tahun lalu sebagai bagian dari larangan terhadap pasukan khusus militer Indonesia yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur pada masa kediktatoran Suharto.

READ  Intermap memenangkan kontrak pemetaan besar di Indonesia

Kanjar Baranovo, mantan Gubernur Jawa Tengah

Kanjar Branovo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berkuasa tertinggal dari Prabowo secara keseluruhan dalam jajak pendapat terbaru yang tampaknya akan menjadi pemilu yang ketat.

Kanjar telah menjabat dua periode sebagai gubernur Jawa Tengah, salah satu provinsi terpadat di Indonesia, dan memiliki sejarah sebagai politisi senior di partai politik terbesar di Indonesia di majelis rendah. Partai Demokrat Perjuangan (PDI-P).

Namun, latar belakang dan gaya kepemimpinannya tergambar Bandingkan dengan Presiden Jokowi saat iniKeduanya mendapatkan popularitas melalui gaya kampanye akar rumput yang disebut bluesugan kunjungan mendadak. Kanjar adalah kandidat paling aktif di media sosial, menjangkau pemilih muda melalui TikTok dan X (resmi Twitter).

Dia bukannya tanpa kontroversi — awal tahun ini, dia menjadi berita utama ketika dia menelepon Larangan Tim sepak bola Israel Sejak mengikuti Piala Dunia U-20 FIFA, ia mengaku mendukung kemerdekaan Palestina.

Menteri Senior Mahfud MD telah terpilih sebagai wakil Kanjar.

Anees Baswedan, mantan Gubernur Jakarta

Saat ini, Anis Baswedan dan saingannya Muhaimin Iskandar, ketua Partai Kebangkitan Bangsa (National Rising Party) yang berbasis Islam, adalah kandidat pertama yang mendaftar sebagai kandidat pemilu.

Anis memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan sebelum terjun ke dunia politik – ia bahkan pernah menjabat sebagai menteri pendidikan pada masa jabatan pertama Jokowi.

Dengan jajak pendapat yang menyebutkan dia mendapat sekitar 20 persen dan dua pesaingnya berusia pertengahan 30-an, dia menghadapi perjuangan berat untuk mendapatkan peran tersebut. Beberapa analis berpendapat bahwa dia mungkin melakukannya Mengingat pemilu 2029dari kemenangan pada tahun 2024.

– Pusat Media Asia