Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dalai Lama tiba di New York dalam perjalanan untuk menerima perawatan medis

Dalai Lama tiba di New York dalam perjalanan untuk menerima perawatan medis

Dalai Lama, pemimpin spiritual Buddha Tibet yang diasingkan, tiba di New York pada hari Minggu sebelum menerima perawatan medis untuk lututnya, dan disambut oleh ratusan pendukung yang bersorak dan bersorak.

Pria berusia 88 tahun itu melambai ke luar jendela limusin yang terbuka saat mendekati hotelnya di Manhattan. Dia berjalan perlahan menuju pintu masuk, didukung oleh asistennya.

Dalai Lama melarikan diri ke India pada tahun 1959 setelah pemberontakan yang gagal melawan pemerintahan Tiongkok di Tibet.


Pria berusia 88 tahun itu melambai ke luar jendela limusin yang terbuka saat mendekati hotelnya di Manhattan. Dia berjalan perlahan menuju pintu masuk, didukung oleh asistennya. Reuters

Peraih Hadiah Nobel Perdamaian ini telah menderita masalah kesehatan selama bertahun-tahun.

Beberapa pendukung tiba beberapa jam lebih awal untuk memastikan mereka dapat melihat seorang pria melakukan perjalanan pertamanya ke Amerika sejak tahun 2017.

“Saya tahu saya harus datang ke sini untuk mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup ini. Saya pikir menunggu di luar selama empat atau lima jam terakhir adalah hal yang sepadan,” kata Tenzin Konkei.


Kerumunan menunggu di luar hotel tempat pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama akan menginap di New York City, Amerika Serikat, pada 23 Juni 2024.
Beberapa pendukung tiba beberapa jam lebih awal untuk memastikan mereka dapat melihat seorang pria melakukan perjalanan pertamanya ke Amerika sejak tahun 2017. Reuters

“Ada rasa kebersamaan yang kuat ketika Anda berada di sini, dan setiap orang membagikan roti… Selain mendapat berkah dari bertemu Yang Mulia, kami juga memperkuat hubungan Tibet kami di luar negeri,” tambahnya.

Tidak jelas apakah Dalai Lama, yang dianggap Beijing sebagai separatis berbahaya, akan bertemu dengan pejabat AS selama kunjungannya. Dia mengatakan dia tidak mengupayakan kemerdekaan bagi Tibet.

Pendukungnya, banyak yang mengenakan abaya warna-warni, menari di jalanan di luar hotel.

“Kami mendoakan Dalai Lama panjang umur. Kami sangat berharap Dalai Lama akan mengunjungi Tiongkok untuk mengucapkan ‘halo, halo’ kepada komunitas Tibet,” kata Byamba Soren, yang meninggalkan Virginia pada pukul 3 pagi untuk berkendara ke New York.

Sekelompok anggota parlemen AS bertemu dengan Dalai Lama di India pekan lalu dan mengatakan mereka tidak akan membiarkan Tiongkok mempengaruhi pilihan penggantinya.

READ  Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan drone di Moskow: pembaruan langsung

Mereka ingin mendorong Beijing untuk melanjutkan pembicaraan dengan para pemimpin Tibet, yang terhenti sejak tahun 2010.