Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Cile Tidore Dukung Perekonomian Indonesia Timur: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Sail Tidor 2022 merupakan upaya menjaga perekonomian khususnya di kawasan timur Indonesia yang akan berkelanjutan, kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan di Maluku, Sabtu.

“Kami yakin keberhasilan operasi Sail Tidor 2022 akan menjadi batu loncatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan di Maluku Utara,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Cile Tidor bisa menjadi titik balik pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 dan krisis global.

Oleh karena itu, Kemendag berupaya meningkatkan potensi Tidor bagi investor dan wisatawan, ujarnya.

Ia menambahkan, setidaknya 32 kementerian dan lembaga bekerja sama dengan badan usaha milik negara dan swasta telah bersinergi untuk mensukseskan acara Sail Tidore 2022.

“Kami telah melakukan berbagai proyek antara lain pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat di sektor pariwisata, saran dan bantuan untuk usaha kecil, pengembangan produk, forum bisnis, pelayanan kesehatan dan penanaman pohon, aksesibilitas dan perbaikan lingkungan.” Dia memberi tahu.

Berita Terkait: Ternate siap menyambut wisatawan saat Sail Tidore 2022

Direktur Jenderal Promosi Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi membuka secara resmi Sail Tidor Expo 2022 pada Kamis di Pantai Tugulufa Kota Tidor Kepulauan, Maluku Utara.

Pameran berlangsung dari 24 hingga 29 November 2022, dan diikuti oleh lebih dari 90 usaha kecil dan menengah (UKM).

Acara ini menampilkan berbagai atraksi, lomba, pagelaran seni, lomba fotografi bawah air dan forum bisnis, kegiatan senam sehat, lomba dayung, pengabdian masyarakat dan perkemahan pramuka dari seluruh Indonesia.

Pada acara puncak Sail Tidore pada hari Sabtu, para tamu dan pengunjung, termasuk beberapa menteri, menyaksikan pertunjukan laut yang diadakan oleh Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) TNI Angkatan Laut dan nelayan tradisional.

READ  Gempa kuat hantam Sumatera, Indonesia, 1 tewas

Sementara itu, pada pertengahan Juni 2022, Deputi Bidang Pembangunan Daerah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Pappenas, Rudi Subrihadi Prawiratinada, untuk Kawasan Indonesia Timur, DPemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,7-6,5 persen dan angka kemiskinan 10,97 persen tahun ini.

Di kawasan Indonesia Barat, target pertumbuhan ekonomi ditetapkan pada kisaran 4,99-5,68 persen.

Berita Terkait: Kementerian mendukung Sail Tidore melalui konektivitas penerbangan
Berita Terkait: MV Tatamailau menjadi hotel terapung untuk Sail Tidore