April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

China memimpin donor bantuan di tengah meningkatnya persaingan di Asia Tenggara; Indonesia mendapat manfaat dari bantuan

China memimpin donor bantuan di tengah meningkatnya persaingan di Asia Tenggara;  Indonesia mendapat manfaat dari bantuan

JAKARTA/SINGAPURA, 4 Juni (Bloomberg): China tetap menjadi pemodal pembangunan terkemuka di Asia Tenggara, tetapi menghadapi persaingan untuk pertumbuhan regional, menurut penelitian Lowy Institute.

Antara 2015 dan 2021 kawasan ini menerima US$28 miliar per tahun dalam dana pembangunan resmi, dengan sekitar US$5,5 miliar datang setiap tahun dari China, ekonomi terbesar kedua di dunia, menurut Peta Bantuan Asia Tenggara yang diterbitkan oleh sebuah think tank Australia. Pada hari Minggu. Namun, dukungan keuangan Beijing menyusut dalam beberapa tahun terakhir karena pemain regional utama seperti Jepang dan Korea Selatan meningkatkan pendanaan.

China telah memfokuskan uangnya pada negara tetangga Laos dan Kamboja, serta ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia, menurut Lowy.

Beijing juga berfokus pada proyek infrastruktur dan merupakan pemodal utama sektor itu. Rata-rata, itu memberikan sekitar $4 miliar dari $11 miliar dana infrastruktur yang diberikan kepada wilayah tersebut setiap tahun.

“Tekanan geostrategis yang semakin intensif antara China dan pemerintah Barat telah berfokus pada penggunaan pembiayaan pembangunan sebagai sarana bersaing untuk mendapatkan pengaruh, terutama di bidang infrastruktur,” kata Roland Raja, ekonom utama di Lowy Institute.

Laporan itu muncul saat para pemimpin keamanan dunia bertemu di Singapura akhir pekan ini di Dialog Shangri-La, konferensi keamanan terbesar di Asia, untuk membahas ancaman seperti ketegangan AS-China.

Masalah pragmatis baru-baru ini telah mengurangi tingkat bantuan China, dengan banyak mitra pembangunan tradisional — anggota Kelompok Bantuan Pembangunan OECD dan lembaga multilateral yang sebagian besar didanai oleh mereka — mengambil alih posisi negara tersebut sebagai pemberi dana terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 dan 2021. data Loewy.

READ  Rangkuman berita pagi: Sunak mengatakan 'bersatu atau mati', kebakaran kapal Indonesia dan banyak lagi

Secara keseluruhan, mitra pembangunan tradisional mendominasi bantuan pembangunan di wilayah tersebut, menyumbang 80% dari total pendanaan. Bank pembangunan multilateral adalah donor terbesar dalam grup tersebut, diikuti oleh Jepang, Eropa, dan Korea Selatan.

Peta bantuan Asia Tenggara mencakup 11 negara di kawasan ini. Ini mencakup data dari lebih dari 100.000 proyek yang dilakukan oleh 97 mitra pembangunan dan data senilai sekitar $200 miliar dalam pendanaan pembangunan. – Bloomberg