Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bertempur di Sudan: Pengumuman evakuasi pertama orang asing yang terdampar di Sudan

Bertempur di Sudan: Pengumuman evakuasi pertama orang asing yang terdampar di Sudan

(CNN) Arab Saudi menjadi negara pertama yang mengumumkan evakuasi warganya yang terlantar dari Sudan, seminggu kemudian pertempuran sengit Ada pecah antara dua kekuatan saingan.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan bahwa “sejumlah warga negara persaudaraan dan sahabat” telah dievakuasi, bersama dengan warga Saudi. Warga negara Kuwait termasuk di antara puluhan orang yang dibawa ke tempat aman, tetapi tidak jelas warga negara lain mana yang terlibat.

Pengumuman itu muncul setelah Angkatan Bersenjata Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat mengatakan mereka siap membantu evakuasi warga negara asing.

Angkatan Bersenjata Sudan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa komandannya, Letnan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, “setuju untuk memberikan bantuan yang diperlukan” untuk memfasilitasi evakuasi yang aman warga negara asing dari negara itu sebagai tanggapan atas “panggilan sejumlah orang. kepala Angkatan Bersenjata Sudan.” Serikat.”

ā€œDiharapkan evakuasi semua misi yang negaranya telah mengajukan permintaan semacam itu akan dimulai dalam beberapa jam mendatang, karena Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan China akan mengevakuasi diplomat dan warga negara mereka melalui pesawat angkut militer milik militan mereka. Angkatan Bersenjata Sudan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook-nya. “Diperkirakan akan segera dimulai.”

Menurut daftar yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Saudi pada Sabtu, 91 warganya telah dievakuasi, bersama dengan 66 warga dari 12 negara lain termasuk Qatar, Uni Emirat Arab, Mesir, Tunisia, Pakistan, India, dan Bulgaria. Bangladesh, Filipina, Kanada, dan Burkina Faso.

Dia tidak memberikan rincian pasti jumlah orang yang dievakuasi dari masing-masing negara dalam daftar.

Kuwait berterima kasih kepada Arab Saudi karena telah mengevakuasi warganya dari Sudan ke Jeddah, dalam pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri hari ini, Sabtu.

READ  Armor Ukraina menembus parit pertama dari tiga parit Rusia

Namun tidak disebutkan jumlah warga Kuwait yang dievakuasi.

Kementerian Luar Negeri Irak mengatakan kepada CNN melalui telepon bahwa ada “operasi khusus” untuk mengevakuasi para diplomatnya dari kedutaan mereka di ibu kota, Khartoum.

Juru bicara kementerian Ahmed Al-Sahhaf mengatakan para diplomat dibawa ke “tempat yang aman di Sudan” setelah operasi itu, tetapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Perkembangan datang seperti Amerika Serikat Pegawai pemerintah telah dievakuasi Dalam operasi yang melibatkan pasukan khusus.

misi Lloyd Austin, Menteri Pertahanan AS, mengatakan Komando Afrika AS dipimpin oleh Komando Afrika AS, dan dilakukan dengan koordinasi yang erat dengan Departemen Luar Negeri.

pertempuran sengit Itu pecah di Sudan Sabtu lalu antara Angkatan Bersenjata Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat yang dipimpin oleh Mohamed Hamdan Dagalo.

Keduanya adalah mantan sekutu, tetapi ketegangan muncul di antara mereka terkait negosiasi untuk mengintegrasikan RSF ke dalam militer negara sebagai bagian dari rencana memulihkan pemerintahan sipil.

Lebih dari 420 orang tewas dan 3.700 terluka dalam pertempuran itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan situasi kemanusiaan di lapangan semakin memburuk.

PBB mengatakan orang-orang semakin banyak melarikan diri dari daerah yang dilanda pertempuran, termasuk Khartoum. PBB mengatakan hingga 20.000 pengungsi telah tiba di negara tetangga Chad.

Bentrokan baru antara kedua kelompok pada hari Sabtu mengacaukan gencatan senjata tiga hari yang diumumkan untuk liburan Idul Fitri.

Bentrokan dilaporkan di Khartoum pada hari Sabtu, dengan saksi mengatakan kepada CNN bahwa bentrokan kekerasan terjadi di sekitar istana presiden dan suara ledakan dan pesawat tempur beterbangan di atas kepala.

Asap memenuhi langit di atas Khartoum, Sudan, dekat Rumah Sakit Internasional Doha, pada Jumat, 21 April 2023.

Dagalo mengatakan dia berbicara dengan Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna pada hari Sabtu dan mereka membahas “situasi saat ini dan alasannya [that] Itu memperburuk situasi, “dan kemungkinan membuka koridor evakuasi.

READ  Sebuah kapal perang AS tiba di Stockholm untuk melakukan latihan militer dan memperingatkan

Pada hari Sabtu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga memimpin pertemuan darurat untuk membahas situasi tersebut.

CNN telah mengetahui bahwa upaya evakuasi Inggris tidak akan segera terjadi, tetapi juru bicara pemerintah mengatakan kepada CNN bahwa mereka melakukan “segala yang mereka bisa” untuk mendukung warga Inggris.

Seorang juru bicara UE mengatakan bahwa sekitar 1.500 warga negara dari berbagai negara UE saat ini berada di Sudan.

“Mereka menghadapi situasi yang sangat sulit dan keselamatan mereka adalah prioritas. Kami mendesak kedua belah pihak (SAF dan RSF) untuk menghentikan pertempuran dan mengizinkan jalan keluar yang aman ke luar negeri,” kata juru bicara itu. Uni Eropa telah bekerja dengan negara-negara anggota untuk mencari solusi dan mengeluarkan orang-orang ini dari negara tersebut.

Tidak jelas berapa banyak warga AS di Sudan. Departemen Luar Negeri tidak menyimpan statistik resmi warga AS di luar negeri, dan orang Amerika tidak diharuskan mendaftar ketika mereka bepergian ke luar negeri. Para pejabat Departemen Luar Negeri memberi tahu karyawan tentang sekitar 16.000 warga AS di Sudan, kebanyakan dari mereka berkewarganegaraan ganda.

Cerita ini telah diperbarui dengan reaksi tambahan.