Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Berita terbaru perang Ukraina-Rusia: pembaruan langsung

Berita terbaru perang Ukraina-Rusia: pembaruan langsung

Sebagai batu loncatan untuk serangan di ibukota Ukraina, Kyiv, Zona Eksklusi Chernobyl, salah satu tempat paling beracun di Bumi, mungkin bukan pilihan terbaik. Namun hal itu tampaknya tidak mengganggu para jenderal Rusia yang telah merebut lokasi tersebut pada tahap awal perang.

“Kami mengatakan kepada mereka untuk tidak melakukan ini, ini berbahaya, tetapi mereka mengabaikan kami,” kata Valery Semyonov, kepala insinyur keselamatan di lokasi nuklir Chernobyl, dalam sebuah wawancara.

Tampaknya tidak terpengaruh oleh masalah keamanan, pasukan Rusia menggempur tanah dengan buldoser dan tank, menggali parit dan bunker – mengekspos diri mereka pada dosis radiasi yang berpotensi berbahaya yang tertinggal di bawah permukaan.

Pada kunjungan ke pembangkit nuklir yang baru saja dibebaskan, yang merupakan lokasi bencana nuklir terburuk di dunia pada tahun 1986, angin meniup pusaran debu di sepanjang jalan, dan pemandangan mengabaikan keselamatan ada di mana-mana, meskipun pejabat nuklir Ukraina mengatakan tidak. kebocoran radioaktif besar akibat pendudukan militer Rusia selama sebulan.

Hanya di satu situs penggalian parit beberapa ratus meter di luar Chernobyl, tentara Rusia telah menggali labirin rumit dari lorong dan bunker yang cekung. Di dekatnya duduk sebuah pengangkut personel lapis baja yang ditinggalkan.

Rupanya para prajurit telah berkemah selama berminggu-minggu di hutan radioaktif. Ketika Pakar keamanan nuklir internasional Mereka mengatakan mereka belum mengkonfirmasi kasus penyakit radiasi di antara tentara, dan bahwa kanker dan masalah kesehatan potensial lainnya yang terkait dengan paparan radiasi mungkin tidak berkembang sampai beberapa dekade kemudian.

Semyonov mengatakan militer Rusia telah mengerahkan petugas dari unit nuklir, biologi dan kimia, serta para ahli dari Rosatom, perusahaan energi nuklir negara Rusia, yang telah berkonsultasi dengan ilmuwan Ukraina.

READ  Negara-negara Baltik mengatakan mereka akan menolak suaka kepada orang-orang Rusia yang melarikan diri dari mobilisasi

Namun dia mengatakan tampaknya para ahli nuklir Rusia tidak memiliki banyak pengaruh terhadap para pemimpin militer. Orang-orang militer tampaknya lebih sibuk dengan perencanaan serangan ke Kyiv, dan kemudian mereka gagal, menggunakan Chernobyl sebagai rute pelarian ke Belarus untuk pasukan mereka yang diserang dengan buruk.

“Mereka datang dan melakukan apa yang mereka inginkan” di area sekitar stasiun, kata Pak Semyonov. Terlepas dari upaya dia dan insinyur dan teknisi nuklir Ukraina lainnya yang tetap berada di lokasi selama pendudukan, bekerja sepanjang waktu dan tidak dapat pergi kecuali untuk satu perubahan shift pada akhir Maret, solidifikasi terus berlanjut.

Penggalian itu bukan satu-satunya kasus perlakuan sembrono terhadap situs yang begitu beracun sehingga masih berpotensi menyebarkan radiasi ke luar perbatasan Ukraina.

Dalam tindakan yang sangat tidak bijaksana, seorang tentara Rusia dari unit perlindungan kimia, biologi dan nuklir mengambil sumber kobalt-60 di tempat penyimpanan limbah dengan tangan kosong, membuat dirinya terpapar begitu banyak radiasi dalam beberapa detik sehingga Tn. Dia mengatakan tidak jelas apa yang terjadi pada pria itu.

Saat yang paling mengkhawatirkan, kata Semyonov, terjadi pada pertengahan Maret, ketika bak pendingin yang menyimpan batang bahan bakar nuklir bekas yang mengandung beberapa kali lebih banyak bahan radioaktif daripada yang tersebar dalam bencana 1986 kehilangan daya. Warga Ukraina khawatir kebakaran akan terjadi jika Mendidih air mendinginkan batang bahan bakar, memaparkannya ke udara, meskipun kemungkinan itu— Cepat ditolak oleh para ahli.

Saat menarik diri dari Chernobyl, pasukan Rusia meledakkan sebuah jembatan di zona eksklusi dan menanam labirin padat ranjau anti-personil, meledakkan kabel dan jebakan di sekitar stasiun yang mati. Badan pemerintah Ukraina yang menjalankan situs itu mengatakan dua tentara Ukraina menginjak ranjau minggu lalu.

READ  Protes Iran: Siswa dipindahkan ke lembaga psikiatri

Dalam tanda terakhir yang aneh dari petualangan unit, tentara Ukraina telah menemukan perangkat elektronik dan barang-barang bekas di jalan-jalan di wilayah Chernobyl. Ini tampaknya dijarah dari kota-kota jauh di Ukraina dan dibuang karena alasan yang tidak jelas dalam penarikan terakhir. Wartawan menemukan satu mesin cuci di bahu jalan di luar Chernobyl.