Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Bank Indonesia melakukan pelayaran rupiah negara di wilayah 3T Angkatan Laut

Bank Indonesia melakukan pelayaran rupiah negara di wilayah 3T Angkatan Laut

Kupang, Nusa Tenggara Timur (ANTARA) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Nusa Tenggara Timur menggandeng TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan Ekspedisi Rupiah Negara 2023 dengan target lima daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Pulau (3T) itu adalah Pulau Adonara dan Pulau Solor di Kabupaten Flores Timur, Pulau Levoleba di Kabupaten Lembata dan Pulau Alor dan Pulau Panther di Kabupaten Alor,” kata Kepala Perwakilan BI NTT Stephenus Tony Heidobun, Sabtu.

Heatubun mengatakan, pengoperasian Ekspedisi Rubia Kedaulatan 2023 akan menggunakan kapal fregat negara (KRI) Escolar 871 milik flagship site VII – Kupang TNI AL.

Perjalanan akan diadakan selama lima hari dari 20 Mei hingga 25 Mei.

3T ditujukan untuk membantu masyarakat di daerah memulihkan mata uang yang rusak atau biasa disebut dengan implementasi kebijakan moneter yang bersih.

Penggerak tersebut bertujuan untuk menjaga ketersediaan rupiah di daerah terpencil, terutama di masyarakat yang membutuhkan.

“Ini bagian dari upaya BI untuk memetakan inisiatif nyata, meningkatkan ketersediaan rupiah dan mendorong perekonomian di daerah terpencil dan perbatasan melalui kegiatan berbasis informasi,” katanya.

Salah satu kegiatan edukasi untuk meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap Rupiah adalah melalui Love, Pride and Understanding of Rupee (CBP).

Sementara itu, Kolonel Aris Budiyadi, Wakil Komandan Lanal VII – Kubang, mengatakan sinergi diperlukan untuk mendukung kebijakan Indonesia dalam menjaga kedaulatannya di wilayah 3T.

“Untuk mendukung itu diperlukan kerja sama dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Menurut Budiadi, TNI AL berharap NTT mampu mencegah penggunaan devisa di daerah terpencil yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

Berita Terkait: BI dan TNI Angkatan Laut Gandeng Sirkulasikan Rupiah di Kawasan 3D Maluku Utara
Berita terkait: Uang kertas 2022 dinobatkan sebagai “Best New Series” oleh IACA

READ  China Kalahkan Denmark untuk Bertemu Indonesia di Perempat Final Piala Sudirman - Xinhua

Diterjemahkan oleh: Cornelis K, Kensu
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023