Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Banjir yang disebabkan oleh mundurnya Topan Haikui menghantam transportasi dan memaksa evakuasi di Tiongkok

Banjir yang disebabkan oleh mundurnya Topan Haikui menghantam transportasi dan memaksa evakuasi di Tiongkok

BEIJING, 6 September (Reuters) – Hujan deras akibat sisa-sisa Topan Haikui melanda Tiongkok tenggara pada Rabu pagi, menyebabkan banjir dan genangan air yang memaksa kota-kota di provinsi Fujian menghentikan layanan kereta bawah tanah, menutup sekolah, dan mengevakuasi puluhan ribu orang.

Pejabat meteorologi mengatakan hujan tersebut memecahkan rekor yang tercatat 12 tahun lalu di ibu kota provinsi Fuzhou, sehingga memicu peringatan bahwa 49 waduk telah melampaui batas banjir.

Lebih dari 36.000 orang dievakuasi dari rumah mereka, saluran listrik dan komunikasi rusak, dan sekitar 4.195 hektar (10.366 hektar) lahan pertanian terendam banjir, menyebabkan kerugian yang menurut lembaga penyiaran negara mencapai 552,1 juta yuan ($75 juta).

Gambar video yang diposting di media sosial menunjukkan air banjir mengalir melalui jalan-jalan Fuzhou dan kota Fuzheng di selatan, menghancurkan sepeda motor dan tong sampah serta mobil yang terdampar.

Laporan media menunjukkan mobil, toko, dan apartemen yang terendam dikepung, selain tanah longsor dan tanah longsor.

Fuzhou menerima curah hujan kumulatif hingga 554 mm (1,8 kaki) pada hari Selasa, rekor per jam yang mendekati 150 mm (0,5 kaki), kata Badan Meteorologi Nasional.

Media resmi menyebutkan jumlah ini melebihi besarnya Topan Duxuri yang melanda Provinsi Fujian pada akhir Juli lalu, menyebabkan banjir dan kerugian sebesar dua miliar dolar.

Fuzhou menutup jalur kereta bawah tanah dan menghentikan layanan kereta api, sementara sekolah ditutup untuk hari kedua.

Surat kabar yang didukung pemerintah “The Paper” mengutip pejabat provinsi Chen Yunong yang mengatakan bahwa banjir telah melanda banyak kota di Fujian, memperlihatkan rapuhnya sanitasi perkotaan dan infrastruktur lainnya.

READ  Tentara Filipina melawan Penjaga Pantai Tiongkok dan membawa pedang: Jenderal

Chen mengatakan genangan air harus diatasi baik di kota-kota lama maupun kawasan perkotaan baru.

Putian dan Quanzhou termasuk di antara enam kota lain di Fujian yang dinilai berisiko terhadap banjir dan tanah longsor. Pemerintah provinsi telah meminta pemerintah daerah untuk bersiap merelokasi penduduk dari daerah yang mungkin terkena dampak paling parah.

Hujan diperkirakan akan terus berlanjut hingga Jumat di bagian tengah dan selatan provinsi tersebut, ketika Topan Haikoi menghantam daratan pada Selasa pagi, sebelum kehilangan kekuatan dan menjadi badai tropis.

($1 = 7,3119CNY)

(Laporan oleh Liz Lee dan The Shanghai Newsroom; Penyuntingan oleh Mohamed untuk The Arab Bulletin) Penyuntingan oleh Stephen Coates dan Clarence Fernandez

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru