Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Badai matahari yang dahsyat membawa cahaya utara ke Texas

Badai matahari yang dahsyat membawa cahaya utara ke Texas

Fotografer badai dan lanskap Wesley Lugenbehl memotret Cahaya Utara dari kota kecil pedesaan Vega, Texas. Ini ketiga kalinya dia melihat mereka di Texas tahun ini.

Wesley Luginbill

Cahaya utara, tampilan cahaya warna-warni yang memukau yang menari di langit yang telah memikat manusia selama berabad-abad, biasanya terjadi di dekat Kutub Utara Bumi. Namun, karena badai geomagnetik yang kuat, fenomena cuaca yang mempesona ini – juga dikenal sebagai aurora borealis – terlihat hingga ke selatan Texas Panhandle selama akhir pekan. Pengamat langit yang beruntung di Amarillo, Texas, melaporkan menyaksikan pemandangan spektakuler pada Jumat malam.

Cahaya halus tercipta ketika partikel bermuatan dikeluarkan dari atmosfer atas Matahari, dalam bentuk angin matahari, dan bertabrakan dengan medan magnet bumi. Menurut Space.com. Saat medan magnet bumi mengarahkan molekul ke arah kutub (ada juga cahaya selatan), interaksi dengan atmosfer menyebabkan cahaya dipancarkan. Warna yang dihasilkan ditentukan oleh komposisi kimia atmosfer bumi. Misalnya molekul oksigen memancarkan cahaya hijau, sedangkan molekul nitrogen menghasilkan cahaya merah.

Corbin Voges, kepala ahli meteorologi di KVII-TV di Amarillo, menangkap gambar bagian langit yang bersinar merah terang sebelum jam 8 malam pada hari Jumat.

Corbin Voges, kepala ahli meteorologi di KVII-TV di Amarillo, menangkap gambar bagian langit yang bersinar merah terang sebelum jam 8 malam pada hari Jumat.

Corbin Fogg

Kekuatan energi matahari yang menghantam atmosfer bumi menentukan seberapa jauh aurora terlihat di selatan. Corbin Fogg, kepala ahli meteorologi di KVII-TV di Amarillo, menangkap gambar bagian langit yang bersinar merah sebelum jam 8 malam pada hari Jumat. “Ketika saya mendengar mereka melihat gumpalan merah di Wichita, Kansas malam ini, saya berlari beberapa mil di luar Amarillo untuk melihatnya sendiri,” tulis Voges. “tentu, [northern lights] “Itu terlihat pada kamera di ufuk utara.”

iklan

Artikel berlanjut di bawah iklan ini

Fotografer Camille Davis menangkap cahaya utara di dekat Amarillo, Texas, pada hari Jumat.

Fotografer Camille Davis menangkap cahaya utara di dekat Amarillo, Texas, pada hari Jumat.

Fotografi Camille Davis

Fotografer Camille Davis mengambil foto langit merah yang dipenuhi bintang berkelap-kelip di dekat Amarillo, Texas. “Saya pikir itu kegagalan, tapi saya pulang dan mungkin menangkap sesuatu?” Davis Komentari foto tersebut.

Fotografer badai dan lanskap Wesley Lugenbehl juga memotret pemandangan langit tersebut pada pukul 19:40 dari kota kecil pedesaan Vega, Texas, yang terletak hanya 30 menit sebelah barat Amarillo. Ini adalah ketiga kalinya Luginbill melihat aurora borealis di Texas pada tahun ini, karena sebelumnya ia memotret fenomena alam tersebut pada bulan Maret dan April.

iklan

Artikel berlanjut di bawah iklan ini

“Gumpalannya kuat beberapa menit sebelumnya, namun mengandung salah satu meteorit terbaik yang pernah saya tangkap.” tulis Luginbill Di media sosial. Dia juga mampu memfilmkan tarian tiang dalam sebuah klip video. “Banyak hal yang telah dibicarakan tentang langit Texas, tetapi aurora borealis yang menari jelas merupakan tambahan baru untuk tahun 2023,” tulisnya.

READ  Para ilmuwan mempublikasikan genom manusia lengkap pertama