Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Badai Beryl sedang menuju Jamaika sebagai rekor badai Kategori 5 setelah meninggalkan pulau-pulau Karibia dalam keadaan hancur

Badai Beryl sedang menuju Jamaika sebagai rekor badai Kategori 5 setelah meninggalkan pulau-pulau Karibia dalam keadaan hancur



CNN

Badai Beryl, kini berpotensi menjadi badai Badai Kategori 5 yang dahsyatAmerika Serikat mengalihkan perhatiannya ke Jamaika setelah negara itu menewaskan sedikitnya satu orang dan menghancurkan seluruh pulau di Karibia pada hari Senin.

Badai tersebut diperkirakan akan membawa angin dan hembusan angin yang mengancam jiwa ke Jamaika pada hari Rabu dan berdampak pada Kepulauan Cayman pada hari Kamis, dimana peringatan badai telah dikeluarkan.

Badai ini terus memecahkan rekor dengan permulaan musim badai yang sangat awal sebagai badai Kategori 5 tertua – dan merupakan badai Atlantik kedua dengan kekuatan ini yang tercatat pada bulan Juli.

Kantor gubernur Grenada mengatakan hanya butuh beberapa menit bagi Badai Beryl untuk menghantam Grenada pada hari Senin, menghancurkan bangunan-bangunan dan memutus aliran listrik dan layanan telepon ke hampir seluruh penduduk pulau itu.

“Dalam waktu setengah jam, Carriacou rata dengan tanah,” kata Perdana Menteri Deacon Mitchell pada hari Senin.

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Perdana Menteri Ralph Gonsalves mengatakan “kehancuran, kesakitan dan penderitaan yang luar biasa” melanda negara tetangga Saint Vincent dan Grenadines, di mana setidaknya satu orang dilaporkan tewas. Listrik juga terputus di beberapa bagian pulau, termasuk rumah sakit, dan pasokan air di bagian lain juga terputus.

Gonsalves mengatakan sekitar 90% rumah di Union Island di negara tersebut rusak atau hancur. Ratusan rumah lainnya dan sejumlah sekolah, gereja, dan gedung pemerintah di St. Vincent juga mengalami kerusakan parah.

“Besok kami bangun dengan komitmen dan keyakinan kami untuk membangun kembali kehidupan kami dan kehidupan keluarga kami,” kata Gonsalves Senin malam.

Meskipun kekuatan Beryl kemungkinan akan berfluktuasi dalam beberapa hari mendatang, badai tersebut diperkirakan akan tetap menjadi “badai besar yang sangat berbahaya” – Kategori 3 atau lebih kuat – hingga pertengahan minggu, menurut Pusat Badai.

READ  Perlombaan senjata di Asia: Tiongkok hampir membuat 'terobosan' dalam kapal selam bersenjata nuklir, kata sebuah laporan

Badai tersebut akan terus membawa angin kencang, hujan lebat, dan gelombang besar yang melampaui pusatnya hingga sebagian besar Karibia. Sekalipun Beryl tidak mendarat di Jamaika, perluasannya ke luar akan berdampak besar.

• Jamaika bersiap menghadapi dampak buruk: Peringatan badai telah dikeluarkan untuk Jamaika, dimana kondisi badai akan berdampak pada pulau tersebut pada hari Rabu. Angin badai tropis diperkirakan akan terjadi pada Rabu pagi. Ketinggian air yang tinggi dapat naik 3 hingga 5 kaki di atas permukaan air pasang normal, dan curah hujan diperkirakan mencapai 4 hingga 8 inci dengan total tersebar hingga 12 inci.

• Republik Dominika dan Haiti mendapat peringatan badai: Pesisir selatan Haiti dan Republik Dominika masih berada dalam peringatan badai tropis, dengan kondisi badai tropis mulai Selasa. Gelombang badai hingga 3 kaki mungkin terjadi, dan total curah hujan bisa mencapai 6 inci.

• Memperluas keadaan darurat di Grenada: Nyla K berkata: Etienne, juru bicara Kantor Perdana Menteri, mengatakan perintah tersebut telah diperpanjang hingga 7 Juli karena kerusakan parah akibat badai tersebut. Dia menambahkan bahwa sekitar 95% wilayah Grenada kehilangan listrik. Layanan komunikasi juga terganggu, dan beberapa orang kehilangan layanan Internet.

• Saint Vincent dan Grenadines mempercepat pemulihan listrik: Perdana Menteri Gonsalves mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah daerah “bekerja dengan antusias, cepat dan fokus besar untuk menyediakan listrik di tempat-tempat tertentu malam ini.” Banyak pohon tumbang menimpa kabel listrik. Namun, gedung-gedung pemerintah akan dibuka kembali pada hari Selasa dan Perdana Menteri mendesak pemilik bisnis untuk membuka pintunya, jika memungkinkan.

Pukulan besar bagi industri perikanan Barbados: Meskipun Barbados mampu bertahan dari dampak badai yang paling parah, badai besar tersebut merusak banyak kapal penangkap ikan – kerugian besar bagi industri perikanan di negara tersebut. Perdana Menteri Mia Amor Mottley mengatakan pada hari Senin bahwa setidaknya 20 kapal telah tenggelam. Warga kompleks perikanan menyaksikan tanpa daya saat gelombang dahsyat menghantam perahu atau menyeret mereka ke bawah air, lapor afiliasi CNN, CBC. “Tidak ada yang bisa kami lakukan selain berdiri dan menyaksikan kehancuran total – dan hilangnya mata pencaharian kami,” kata seorang warga kepada CBC.

Tim kriket dan penggemarnya terjebak: Beberapa penggemar kriket yang melakukan perjalanan ke Barbados untuk menonton Piala Dunia Kriket – dan bahkan tim pemenang India sendiri – tidak dapat meninggalkan pulau itu karena Badai Beryl memaksa Bandara Internasional Grantley Adams untuk menghentikan operasinya. Namun Motley mengatakan tim India kemungkinan akan kembali ke rumah pada hari Selasa setelah rencana pembukaan kembali bandara.

Badai Brill yang semakin kuat dan datang lebih awal sangat jarang terjadi pada musim badai Atlantik, dan merupakan tanda yang mengkhawatirkan bahwa musim ini akan jauh dari normal mengingat pemanasan global akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Badai ini telah memecahkan beberapa rekor. Pada hari Minggu, badai ini menjadi badai besar pertama – yang ditetapkan sebagai badai Kategori 3 atau lebih tinggi – di Samudra Atlantik dalam 58 tahun dan satu-satunya yang mencapai status Kategori 4 pada bulan Juni.

Ini juga merupakan badai terkuat yang diketahui melewati Kepulauan Windward Selatan, yang terletak di tepi timur Laut Karibia, menurut data National Oceanic and Atmospheric Administration sejak tahun 1851.

READ  “Anjing terbesar di dunia” Bobby sedang diselidiki oleh Guinness World Records

Badai tersebut mampu bangkit kembali karena suhu lautan kini sama hangatnya seperti biasanya pada puncak musim badai, kata Jim Kossin, pakar badai dan penasihat ilmiah di lembaga nirlaba First Street Foundation.

“Badai tidak tahu kita sedang berada di bulan apa, mereka hanya tahu lingkungan di sekitar mereka,” kata Kossin kepada CNN. “Beryl memecahkan rekor untuk bulan Juni karena menurutnya kita berada di bulan September.”

Suhu laut yang hangat yang memicu kekuatan Beryl yang belum pernah terjadi sebelumnya “tentu saja memiliki dampak kemanusiaan,” kata Kosin.

Para ahli meteorologi telah memperingatkan bahwa musim badai tahun ini akan menimbulkan aktivitas yang tidak normal. Ahli meteorologi memperkirakan Musim ini diperkirakan akan terjadi antara 17 dan 25 badai bernama, 13 di antaranya telah menjadi badai.

Monica Garrett, Abel Alvarado, Brandon Miller, Sahar Akbarzai, Mary Gilbert, Hira Humayun, Robert Shackelford, Isaac Yee dari CNN. Duarte Mendonca dan Manvina Suri berkontribusi pada laporan ini.