Mei 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Australia menginginkan “penyelidikan penuh” atas insiden laser China – Morrison

Australia menginginkan "penyelidikan penuh" atas insiden laser China - Morrison

SYDNEY (Reuters) – Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan sebuah kapal angkatan laut China telah mengarahkan sinar laser ke pesawat pertahanan Australia yang kemungkinan terlihat dari daratan Australia, ketika Canberra menuntut agar Beijing “melakukan penyelidikan penuh”.

Di radio pada hari Senin, Morrison mengatakan pemerintahnya tidak menerima penjelasan dari China atas insiden Kamis lalu, yang dianggap Canberra sebagai “tindakan berbahaya dan sembrono”.

Pertahanan Australia mengatakan pada hari Sabtu bahwa sebuah kapal angkatan laut China dalam zona ekonomi eksklusif Australia mengarahkan sinar laser ke sebuah pesawat militer Australia saat terbang di atas pintu masuk utara Australia, menerangi pesawat dan berpotensi membahayakan nyawa. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Kementerian Pertahanan mengatakan P-8A Poseidon – sebuah pesawat patroli angkatan laut – mendeteksi sinar laser yang berasal dari kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N), dan merilis gambar dua kapal China yang berlayar di dekat pantai utara Australia.

Sebuah kapal perusak berpeluru kendali dan dok transportasi amfibi China sedang berlayar ke timur melintasi Laut Aravura antara Nugini dan Australia pada saat kecelakaan, setelah itu kapal itu melewati Selat Torres yang sempit.

“Orang-orang mungkin akan melihat kapal dari daratan,” kata Morrison kepada wartawan di Tasmania, Senin.

READ  Justin Trudeau memicu kemarahan setelah menuduh kaum konservatif mendukung swastika

Dia mengatakan di radio lokal bahwa Australia telah memanggil, melalui saluran diplomatik dan pertahanan, untuk “penyelidikan penuh atas insiden ini.”

Dia menyamakan insiden itu dengan situasi hipotetis kapal fregat Australia yang mengarahkan laser ke pesawat pengintai China di Selat Taiwan, menambahkan: “Dapatkah Anda membayangkan reaksi mereka terhadap itu di Beijing?”

Kedutaan China di Canberra tidak menanggapi permintaan komentar. Beijing belum secara terbuka mengomentari insiden itu.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Kirsty Needham). Pengeditan Festival Lincoln.

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.