April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Australia dan Tiongkok: Perjalanan menuju perdagangan dan kunjungan masih penuh tantangan

Australia dan Tiongkok: Perjalanan menuju perdagangan dan kunjungan masih penuh tantangan

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berbicara kepada media setelah rapat kabinet di Melbourne, 11 Oktober 2023. AAP Image/Joel Carrett melalui Reuters/File Image Memperoleh hak lisensi

SYDNEY, 3 November (Reuters) – Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Sabtu akan menjadi pemimpin Australia pertama yang mengunjungi Tiongkok dalam tujuh tahun, kedatangannya setelah periode ketegangan tinggi dalam hubungan dengan tujuan meningkatkan dialog dan menstabilkan hubungan.

Namun permasalahan sulit masih terjadi antara mitra dagang utama tersebut, dan Albanese mengatakan dia akan menyampaikan kekhawatirannya mengenai meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan pada pertemuan dengan Presiden Xi Jinping di Beijing pada hari Senin.

Di bawah ini adalah kronologi hubungan Australia-Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

17 November 2014 – Australia menandatangani perjanjian perdagangan bebas yang penting dengan Tiongkok, mitra dagang terbesarnya, mengakhiri perundingan selama satu dekade. Peraturan ini akan mulai berlaku pada akhir tahun 2015.

5 Desember 2017 – Australia, yang prihatin dengan pengaruh Tiongkok, mengumumkan larangan sumbangan politik asing untuk mencegah campur tangan pihak luar dalam politiknya.

23 Agustus 2018 – Australia melarang Huawei Technologies Co Ltd memasok peralatan untuk jaringan broadband 5G yang direncanakan, dengan alasan peraturan keamanan nasional.

April 2020 – Australia mencari dukungan untuk penyelidikan internasional mengenai asal mula pandemi COVID-19. Duta Besar Tiongkok untuk Australia pada saat itu mengatakan bahwa sebagai tanggapan atas seruan tersebut, masyarakat Tiongkok akan memboikot anggur, daging sapi, dan pariwisata Australia.

9 Juni 2020 – Tiongkok mendesak pelajar yang bepergian ke luar negeri untuk berpikir hati-hati sebelum memilih Australia, dengan alasan adanya insiden rasis, yang mengancam pasar pendidikan pelajar asing senilai $27,5 miliar.

READ  Ratu Margrethe II dari Denmark turun tahta setelah 52 tahun bertahta

Agustus 2020 – Warga negara Australia Qing Lei, seorang presenter bisnis di televisi pemerintah Tiongkok, ditangkap di Beijing.

27 November 2020 – Tiongkok mengumumkan akan mengenakan tarif anti-dumping sementara pada anggur Australia. Pengiriman lobster, kayu, dan jelai Australia yang masih hidup juga dilarang atau dibatasi pada periode ini. Kedutaan Besar Tiongkok mencatat 14 pengaduan terhadap Australia, termasuk larangan terhadap 10 investasi Tiongkok dengan alasan keamanan nasional.

Desember 2020 – Australia menyampaikan kekhawatiran pada pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia atas tindakan yang diambil oleh Tiongkok untuk membatasi atau melarang pengiriman jelai, anggur, daging, produk susu, makanan laut hidup, kayu gelondongan, kayu, batu bara, dan kapas Australia.

22 Mei 2022 – Partai Buruh Australia, yang dipimpin oleh orang Albania, mengakhiri hampir satu dekade kekuasaan Konservatif dengan kemenangan dalam pemilihan umum.

15 November 2022 – Albany bertemu dengan Presiden Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Indonesia, pertemuan pertama para pemimpin sejak tahun 2016.

21 Desember 2022 – Menteri Luar Negeri Penny Wong berada di Beijing untuk melakukan pembicaraan formal pertama di Tiongkok sejak 2018.

3 Januari 2023 – Tiongkok mengizinkan tiga perusahaan utilitas yang didukung pemerintah dan produsen baja terbesar untuk melanjutkan impor batu bara dari Australia.

11 Mei – Menteri Perdagangan Australia Don Farrell tiba di Beijing untuk melakukan pembicaraan mengenai penghapusan hambatan perdagangan.

5 Agustus – Tiongkok mengakhiri tarif 80,5% untuk jelai Australia.

7 September – Albany bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang di sela-sela KTT Asia Timur di Indonesia.

11 Oktober – Tiongkok membebaskan jurnalis Australia Qing Lei setelah tiga tahun dipenjara di Beijing atas tuduhan keamanan nasional.

READ  Perdana Menteri Slovakia mundur dari dukungannya terhadap Ukraina selama kunjungan tersebut

21 Oktober – Australia memberikan lampu hijau untuk sewa Pelabuhan Darwin selama 99 tahun oleh perusahaan China Landbridge setelah tinjauan keamanan.

22 Oktober – Tiongkok setuju untuk meninjau kembali bea anti-dumping sebesar 218% pada anggur Australia, yang dapat membuka jalan bagi kembalinya impor. Australia menghentikan pengaduan WTO

Kirsty Needham melaporkan. Diedit oleh Robert Birsel

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru