Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

AS dan Papua Nugini menandatangani pakta pertahanan sementara Modi menjanjikan dukungan untuk kepulauan Pasifik

AS dan Papua Nugini menandatangani pakta pertahanan sementara Modi menjanjikan dukungan untuk kepulauan Pasifik

(Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Senin menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan dengan Papua Nugini yang katanya akan memperluas kemampuan negara kepulauan Pasifik itu dan mempermudah pelatihan militer AS dan pasukannya.

Blinken juga dijadwalkan bertemu dengan 14 pemimpin Kepulauan Pasifik. Perdana Menteri India Narendra Modi sebelumnya menjanjikan dukungan ke kepulauan Pasifik pada pertemuan puncak di ibu kota, Port Moresby.

Washington dan sekutunya berusaha untuk mencegah negara-negara kepulauan Pasifik menjalin hubungan keamanan dengan China, kekhawatiran yang berkembang di tengah ketegangan terkait Taiwan.

Para pemimpin kepulauan Pasifik, yang wilayahnya terbentang seluas 40 juta kilometer persegi (15 juta mil persegi), mengatakan kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim adalah prioritas keamanan mereka yang paling mendesak.

Dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marap, Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat akan bekerja untuk memperdalam kemitraannya di semua bidang dengan Papua Nugini. Dalam sebuah pernyataan, Departemen Luar Negeri mengatakan mereka membahas pembangunan ekonomi, krisis iklim, dan pentingnya keterlibatan berkelanjutan Amerika Serikat dengan Pasifik.

“Kerja sama pertahanan telah dijalin oleh Amerika Serikat dan Papua Nugini sebagai mitra yang setara dan berdaulat,” kata Blinken pada upacara penandatanganan.

Blinken mengatakan dia akan memperluas kemampuan pertahanan Papua Nugini untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana, dan memfasilitasi pelatihan bersama pasukan AS dan Papua Nugini.

“Ini akan benar-benar transparan,” tambahnya.

Sebuah perjanjian terpisah akan meningkatkan pengawasan maritim zona ekonomi eksklusif Papua Nugini dengan patroli Penjaga Pantai AS, melindungi ekonominya dari penangkapan ikan ilegal.

READ  Titan Sub, Kapal Migran Yunani: Tanggapan tersebut dikritik karena tidak proporsional

Blinken mengatakan kemitraan dengan perusahaan akan membawa investasi baru senilai puluhan miliar dolar ke Papua Nugini.

Dia menambahkan bahwa Presiden AS Joe Biden menyatakan “penyesalannya karena dia tidak bisa berada di sini.” Biden harus membatalkan perjalanannya ke Papua Nugini di tengah negosiasi plafon utang di Washington.

Marabi mengatakan perjanjian itu akan meningkatkan keamanan ekonomi dengan memberikan kekuatan pertahanan Papua Nugini “kemampuan untuk mengetahui apa yang terjadi di perairannya – sesuatu yang belum kita miliki sejak 1975.”

Beberapa kampus universitas mengadakan protes menentang penandatanganan perjanjian kerja sama pertahanan, yang menurut politisi oposisi akan mengecewakan China. Marape membantah bahwa itu akan mencegah PNG melakukan bisnis dengan China, mitra dagang penting.

Dia mengatakan sebelumnya bahwa perjanjian pertahanan AS merupakan perpanjangan dari perjanjian yang sudah ada.

Marby mengatakan kepada media pada hari Minggu bahwa perjanjian pertahanan juga akan melihat peningkatan kehadiran militer AS selama dekade berikutnya.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington akan memberikan $45 juta dalam bentuk dana baru karena bekerja dengan Papua Nugini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan keamanan, termasuk peralatan pelindung untuk Pasukan Pertahanan Papua Nugini, mitigasi perubahan iklim dan mengatasi kejahatan lintas batas dan HIV. / AIDS.

Modi mengatakan kepada 14 pemimpin Forum Kerjasama Pulau Indo-Pasifik bahwa India akan menjadi mitra pembangunan yang dapat diandalkan untuk negara-negara pulau kecil dan berkomitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif.

“Tanpa diragukan lagi, kami siap berbagi kemampuan dan keahlian kami dalam teknologi digital, teknologi luar angkasa, ketahanan kesehatan, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan,” katanya dalam pidato pembukaannya.

Dia menambahkan bahwa para pemimpin Kuartet dari Australia, Amerika Serikat, Jepang dan India telah sepakat di Hiroshima untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara kepulauan Pasifik.

READ  Kepala WHO akhir pandemi COVID 'membayangi'

Dalam sambutan pembukaannya, Marabe mendesak India untuk memikirkan negara-negara kepulauan kecil yang “menderita akibat peran negara-negara besar”.

Perang Rusia dengan Ukraina, misalnya, telah menyebabkan inflasi dan melonjaknya harga bahan bakar dan energi di ekonomi kecil di kawasan itu, kata Merab.

Sejarawan mengatakan png dan Kepulauan Solomon – tahun lalu Buat perjanjian keamanan Dengan Beijing – perlu mendorong Amerika Serikat melintasi Pasifik untuk membebaskan Filipina dalam Perang Dunia II.

(Laporan oleh Kirsty Needham) di Sydney; Diedit oleh Pesta Lincoln

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.