April 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Arus laut terkuat di dunia semakin cepat dan menimbulkan masalah • Earth.com

Arus laut terkuat di dunia semakin cepat dan menimbulkan masalah • Earth.com

Arus Sirkumpolar Antartika (ACC) adalah arus paling kuat di Bumi, yang mengelilingi Antartika dan mempengaruhi iklim global.

Selama beberapa dekade terakhir, pengamatan menunjukkan bahwa fenomena ini semakin cepat. Para ahli tidak yakin apakah hal ini disebabkan oleh pemanasan global yang disebabkan oleh manusia atau merupakan pola alami.

Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa kekuatan samudera ini semakin kuat. Apa dampaknya bagi masa depan planet kita?

Kedalaman laut

Sebuah tim peneliti internasional telah memulai ekspedisi berani ke perairan terpencil dan bergejolak. Tujuannya adalah untuk memulihkan inti sedimen yang berisi bukti jutaan tahun tentang perilaku ACC seiring dengan perubahan suhu bumi.

Melalui analisis yang cermat, para ahli mengungkap rahasia yang terkandung di dalam lapisan sedimen.

Saat ini, iklim dan es

Studi tersebut mengungkapkan hubungan kuat antara kecepatan Pusat Astronomi Asia dan suhu bumi secara keseluruhan, seperti halnya termostat.

Selama periode dingin, arus melambat. Namun ketika planet ini memanas secara alami di masa lalu, arusnya merespons dengan semakin cepat.

Yang benar-benar mengkhawatirkan adalah percepatan ACC sebelumnya secara langsung terkait dengan hilangnya es Antartika secara signifikan. Kami mengamati percepatan serupa untuk ACC Sekarangdidorong oleh pemanasan global yang disebabkan oleh manusia.

Hal ini menunjukkan bahwa es di Antartika kemungkinan akan terus menyusut, yang dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut dan bahkan berdampak pada kemampuan lautan dalam menyerap karbon dari atmosfer kita.

Mengapa arus Antartika penting?

“Ini adalah arus terkuat dan tercepat di planet ini. Ini bisa dibilang arus terpenting dalam sistem iklim bumi,” kata Gisela Winkler, ahli geokimia di Universitas Columbia. Observatorium Bumi Lamont-Doherty.

READ  Ilmuwan menumbuhkan tanaman di tanah bulan untuk pertama kalinya

ACC adalah pemain utama dalam sistem iklim bumi, bertindak sebagai ban berjalan global yang mendistribusikan kembali panas dan nutrisi ke seluruh lautan di dunia.

Karakteristik ACC

jangkauan luas: ACC adalah arus laut terbesar, membentang di sekitar Antartika dan menghubungkan Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Ini adalah satu-satunya arus laut yang sepenuhnya mengelilingi bumi dan bebas dari segala hambatan benua.

Ukuran dan kecepatan: Aliran ini mengangkut lebih banyak air dibandingkan aliran lainnya – sekitar 135 juta meter kubik per detik. Alirannya dipengaruhi oleh pola angin, rotasi bumi, dan perbedaan kepadatan air.

Kedalaman dan lebar: ACC terbentang dari permukaan hingga dasar laut, mencapai kedalaman hingga 4.000 meter (sekitar 13.123 kaki) dan lebarnya mencapai 2.000 kilometer (sekitar 1.243 mil).

Pekerjaan Komite Koordinasi Administratif

Regulasi iklim: ACC memainkan peran penting dalam mengatur iklim global. Ini membantu mendistribusikan panas ke seluruh planet dengan memindahkan air hangat dari ekuator menuju kutub dan air dingin menuju ekuator.

Penyerapan karbon: ACC mempunyai peran aktif dalam siklus karbon global. Ia menyerap sejumlah besar karbon dioksida dari atmosfer, mengangkutnya ke kedalaman laut dan menyimpannya selama berabad-abad.

Distribusi nutrisi: Dengan memindahkan air dari kedalaman berbeda (dasar air naik ke permukaan), ACC membawa nutrisi dari kedalaman ke permukaan, mendukung ekosistem laut di sekitar Antartika dan sekitarnya.

Pentingnya ACC

Mendukung keanekaragaman hayati: Nutrisi yang dibawa ke permukaan oleh ACC mendukung perkembangbiakan fitoplankton, yang menjadi dasar jaring makanan Antartika, dan menopang beragam kehidupan laut mulai dari krill hingga paus.

Dampak terhadap sirkulasi laut global: ACC mempengaruhi pola sirkulasi lautan global, termasuk pembentukan massa laut dalam di Atlantik Utara yang menggerakkan ban berjalan global, yang merupakan komponen penting dalam sistem iklim bumi.

READ  Menangkap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi energi secara efisien

Indeks perubahan iklim: Perubahan kecepatan atau pola ACC dapat mengindikasikan perubahan sistem iklim global. Percepatannya akibat meningkatnya angin barat menjadi perhatian karena dapat berdampak pada kenaikan permukaan air laut dan pola suhu global.

Pengaruh lautan terhadap arus Antartika

Bagaimana akselerasi ACC berdampak langsung? Begini caranya:

Lapisan es yang mencair di Antartika

Kekuatan angin di Samudra Selatan telah meningkat sekitar 40% dalam beberapa dekade terakhir, mendorong Asian Ocean Center dan menarik air hangat menuju lapisan es terapung di Antartika.

Rak-rak ini berfungsi seperti sumbat raksasa yang menahan gletser besar. Air hangat mengikisnya dari bawah, menyebabkannya mencair.

“Jika Anda membiarkan es batu di udara, es itu akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencair. Jika Anda memasukkannya ke dalam air hangat, es itu akan hilang dengan cepat,” jelas Winkler.

Spons karbon yang belum dikonfirmasi

Lautan di sekitar Antartika merupakan komponen penting dalam siklus karbon bumi. Mereka menyerap sejumlah besar karbon dioksida yang dikeluarkan manusia ke atmosfer, sekitar 40%, dan bertindak sebagai “spons karbon”.

Proses ini sangat penting untuk memitigasi pemanasan global, karena proses ini menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer, yang dapat memerangkap panas, sehingga berkontribusi terhadap pemanasan global.

Masa depan arus Antartika

“Hasil ini memberikan bukti geologis yang mendukung peningkatan aliran ACC seiring berlanjutnya pemanasan global,” kata para peneliti.

Ketika manusia terus memompa gas rumah kaca ke atmosfer, ACC hampir pasti akan melanjutkan langkahnya. Hal ini kemungkinan besar akan menyebabkan suhu yang lebih tinggi di sekitar Antartika, sehingga semakin mengganggu kestabilan lapisan es Antartika Barat.

Reservoir es yang sangat besar ini, yang sebagian besar berada di bawah permukaan laut, berpotensi menaikkan permukaan laut global secara dramatis.

READ  Bagaimana hampir sehelai rambut manusia menghentikan peluncuran SpaceX

Saatnya memperhatikan Arus Antartika

ACC tidak mendapat perhatian sebanyak kenaikan suhu atau mencairnya lapisan es Arktik, tapi mungkin memang demikian. Arus besar ini mempunyai hubungan yang kompleks dengan sistem iklim planet kita, dan perubahan yang terjadi akan menimbulkan dampak yang besar di seluruh dunia.

Memahami kekuatan-kekuatan kompleks ini, serta mengurangi emisi gas rumah kaca, sangatlah penting untuk mempersiapkan masa depan di mana percepatan ACC, kenaikan permukaan air laut, dan cuaca ekstrem dapat mengubah dunia kita.

Studi ini dipublikasikan di jurnal alam.

—–

Suka dengan apa yang saya baca? Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan artikel menarik, konten eksklusif, dan pembaruan terkini.

Kunjungi kami di EarthSnap, aplikasi gratis yang dipersembahkan oleh Eric Ralls dan Earth.com.

—–