April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Artha Rini menyajikan kari dan sup khas Indonesia ke Kensington

Artha Rini menyiapkan piring katering di restoran barunya di Kensington. Foto milik Artha Rini.

Artha Rini membuka restorannya pada Agustus lalu dengan sedikit kemeriahan. Berbagi gedung Kensington bertingkat rendah dengan toko karpet dan bisnis peralatan medis, Artha Rini (nama restorannya sama) mudah untuk dilewatkan. Bagi komunitas DC di Indonesia, pembukaan ini merupakan sebuah hal yang besar.

Arda Rini—yang, seperti kebanyakan orang Jawa, hanya memiliki satu nama tanpa nama depan dan belakang yang terpisah—telah terkenal dengan membawakan kutek nangka masak lambat, chaat ayam, dan sup ravon aromatik ke acara-acara di Indonesia. DMV selama hampir dua dekade. Restorannya Menu serba halal memiliki pilihan hidangan favoritnya yang bergilir, berpindah dari pulau ke pulau dan antar daerah.

“Saya memasak dari Sabang hingga Merak,” katanya, mengacu pada perbatasan timur dan barat negara kepulauan Indonesia yang luasnya 3.000 mil ini.

Nasi Padang, sepiring nasi kukus ala Sumatera dengan beragam lauk pauk dan semur dalam porsi kecil, adalah cara yang tepat untuk mencicipi beberapa hidangan musiman sekaligus. Rendang daging sapi, kari daging sapi kering yang dikaramel perlahan, sering muncul. Begitu pula dengan nangka yang berwarna krem ​​​​dan potongan buahnya berdaging dan bersisik.

Namun beberapa hidangan terbaik Artha Rini unik dari daerah asalnya, Jawa. Bahan terpenting dalam sup daging sapi berbumbu ini adalah kacang keluk, yang membuat kuahnya menjadi gelap dan menambah aroma coklat yang kaya. Rawa Artha Rini terdiri dari sepiring nasi, telur bebek asin, dan krubuk, kerupuk tepung tapioka super renyah. Hancurkan satu di atas sup atau celupkan ke dalamnya, dan itu akan meledak seperti Rice Krispies dalam susu.

READ  Kemenparekraf Tingkatkan Keterlibatan Publik dan Media untuk Tingkatkan Bisnis Event di Yogakarta

Makanan adalah bisnis keluarga bagi Artha Rini. Ketika ia besar di Semarang, orang tua angkatnya mengelola sebuah perusahaan katering dan neneknya mengelola sebuah kedai kecil di pinggir jalan, atau warung, Kutek menjual semur nangka berwarna coklat tua. Sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat, Arda Rini bekerja di sebuah jaringan makanan cepat saji yang berbasis di Jakarta yang mengkhususkan diri pada kotak bento Jepang.

Kutek yang pertama kali dicoba Artha Rini di warung neneknya, masih menjadi hidangan yang dekat di hatinya hingga saat ini. Namun dengan waktu memasak lebih dari 12 jam dan audiens yang sempit—biasanya hanya pelanggan Indonesia yang memesan—makanan spesial keluarga hanya muncul di menu sebulan sekali.

Saat pertama kali datang ke Amerika pada tahun 2004, Artha Rini mengelola tempat penitipan anak di rumahnya di Silver Spring. Namun memasak adalah kegemarannya, dan ia segera mendapatkan beberapa keberuntungan: ia mendapatkan pekerjaan melayani layanan Voice of America Indonesia untuk klien tempat penitipan anak, dan kemudian, ia memasak untuk pertemuan Dana Moneter Internasional di DC. Di Bali. Saat Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke DC, Arta Rini menyajikan makanan untuk stafnya di Blair House.

Peluang untuk mendirikan restoran sungguhan baru datang tahun lalu. Artha Rini menyewa ruang bersama di dapur komersial basement untuk meningkatkan kapasitas bisnis kateringnya. Ketika pemilik rumah bertanya apakah mereka ingin menyewa etalase toko di lantai atas, dia dan suaminya langsung mengambil kesempatan itu.

“Kami menginginkannya, tapi kami tidak punya uang,” kata Artha Rini. “Jadi kami menjual trailer kami, menjual mobil kami, menggunakan asuransi jiwa kami.”

Suaminya, Vairavan Ismudjatmiko, berhenti dari pekerjaannya di kedutaan Aljazair untuk menjadi pelayan penuh waktu di restoran, dan di akhir pekan, putra-putra mereka sering membantu. Sepuluh ribu mil jauhnya dari Pulau Jawa, Artha Rini berhasil mempertahankan bisnis keluarganya.

READ  Orang Terkaya Indonesia (2 Mei 2023)

10562 Metropolitan Ave., Kensington

Ike AllenIke Allen