April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Apakah Target Pertumbuhan Indonesia yang Dicanangkan Prabowo Realistis? Para analis mengatakan rencana 'ilusi' ini bisa merugikan perekonomian

Apakah Target Pertumbuhan Indonesia yang Dicanangkan Prabowo Realistis?  Para analis mengatakan rencana 'ilusi' ini bisa merugikan perekonomian
Pertumbuhannya sebesar 8 persen jauh di atas target Bank DuniaPerkiraan pada bulan Januari memperkirakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini hanya akan tumbuh sebesar 4,9 persen pada tahun ini dan tahun depan.

Ekonom dan pakar keuangan lain tidak sepositif Prabowo.

Bhima Yudhishthira, direktur Pusat Studi Ekonomi dan Hukum (Selios) yang berbasis di Jakarta, mengatakan perkiraan pertumbuhan 8 persen yang dicanangkan oleh Prabowo adalah target yang “ilusi dan tidak berdasar”. Joko WidodoJanji tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 7 persen selama kampanye presiden pertamanya satu dekade lalu.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia belum melebihi 5 persen sejak Widodo pertama kali menjabat pada tahun 2014.

“Perekonomian kami sangat bergantung pada pertanian dan pengolahan. Pertanian [output] terganggu oleh cuaca, sedangkan penyerapan tenaga kerja di sektor tersebut justru melemah,” kata Bhima.

Dengan inflasi sebesar 8,4 persen, petani belum mendapatkan manfaat dari kenaikan harga pangan. Padahal, dalam beberapa tahun ke depan, kita akan mengimpor pangan dalam jumlah besar.

Petani memanen padi dengan metode tradisional di Aceh Besar, Indonesia pada 29 Februari. Foto: EPA-EFE

Prabowo, 72 tahun, telah mengisyaratkan bahwa ia dapat menaikkan batas defisit anggaran, yang ditetapkan oleh undang-undang sebesar 3 persen dari PDB, dan memperluas rasio utang pemerintah terhadap PDB dari saat ini sebesar 38,11 persen.

Baik plafon defisit maupun rasio utang adalah “yang terendah di dunia,” katanya, dibandingkan negara-negara Barat Perancis, Jerman Dan Italia Terjadi defisit anggaran yang tinggi, yaitu 6 hingga 8 persen.

Dia tidak menyebutkan batas defisit baru yang diinginkannya, namun tim kampanyenya mengatakan pada bulan November bahwa batas tersebut dapat dinaikkan menjadi 6 persen dari PDB.

Prabowo berjanji untuk melanjutkan kebijakan ekonomi Widodo, seperti percepatan pembangunan infrastruktur, larangan ekspor mineral mentah, dan pembangunan senilai US$30 miliar. Ibu kota baru di Kalimantan.
Pada hari Selasa, ia menyerukan “belajar dari praktik terbaik” negara-negara besar di Asia seperti Indonesia Cina Dan India Pemerintah berjanji untuk bergerak maju, meningkatkan peran sektor swasta dalam perekonomian dan mendorong “efisiensi” di perusahaan-perusahaan milik negara.

Dalam pidatonya, Prabowo juga mengatakan dirinya telah berkonsultasi dengan para ahli mengenai sumber-sumber baru penerimaan pajak. Tarif pajak Indonesia saat ini sekitar 10 persen lebih rendah dari rata-rata Asia-Pasifik, yaitu 19,8 persen pada tahun 2021, menurut laporan OECD yang diterbitkan tahun lalu.

“Bukan berarti kita harus menaikkan pajak, tapi memperluas tax base atau jumlah wajib pajak. Dan saya kira itu bisa kita lakukan. Dari 10 persen [tax ratio]Kalau bisa ditingkatkan menjadi 16 persen Thailand … [the taxpayers’ contribution to the GDP] Jumlahnya mencapai 90 miliar dolar AS,” ujarnya.

Namun, jika Prabowo menaikkan pajak terhadap 52 juta kelas menengah di negara ini, hal ini dapat merugikan daya beli dan konsumsi rumah tangga mereka, yang merupakan salah satu pendorong utama perekonomian Indonesia, kata Bima dari Selios.

'Kami menolak bekerja sama dengannya!': Masyarakat Indonesia mendorong kembali impian digital negaranya

Esther Sri Astuti, direktur eksekutif Institut Pembangunan Ekonomi dan Keuangan yang berbasis di Jakarta, mengatakan target pertumbuhan Prabowo “tidak realistis” kecuali jika dibarengi dengan reformasi mendasar, seperti peningkatan ekspor barang jadi dibandingkan bahan mentah. Dan mengerem impor.

“Kami juga bisa menjelaskan [his speech] Dia berencana mencari lebih banyak pinjaman luar negeri untuk membiayai proyeknya, yang saya tidak setuju,” kata Esther.

“Saya tidak menentang utang, tapi saya berharap utang itu digunakan dengan lebih bijak, tidak kasar… [Debt] Sumber daya manusia kita harus digunakan untuk hal-hal produktif seperti pembangunan.

Orang-orang mengantri untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di pasar pop-up di Banda Aceh, Indonesia pada hari Kamis. Foto: EPA-EFE

Lembaga pemeringkat kredit besar seperti Fitch Ratings dan Moody's juga telah memperingatkan terhadap kebijakan ekonomi ekspansif yang dilakukan oleh Prabowo.

“Berdasarkan beberapa janji kampanye Prabowo, kami yakin risiko fiskal jangka menengah meningkat, termasuk makan siang gratis di sekolah dan program produk susu yang menghabiskan biaya 2 persen PDB setiap tahunnya,” kata Fitch dalam catatan penelitiannya pada tanggal 20 Februari.

“Laporan Prabovo bahwa Indonesia dapat mempertahankan rasio utang pemerintah/PDB yang jauh lebih tinggi juga menunjukkan risiko terhadap proyeksi fundamental fiskal kami.”

Prabowo mengungkapkan rencana besarnya untuk memberikan makan siang gratis di sekolah kepada 82,9 juta anak-anak kurang mampu – yang diperkirakan menelan biaya sebesar 400 triliun rupiah (US$25,5 miliar), atau 12 persen dari anggaran negara Indonesia pada tahun 2024.

Anushka Shah, pejabat kredit senior di Moody's Investors Service, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada tanggal 15 Februari bahwa program makanan sekolah gratis “menandai perubahan dari rekor jangka panjang Indonesia yang mengelola pembiayaan anggaran dan rasio utang secara konservatif.”

Menteri Keuangan Indonesia Shri Muliani Indravati pada pertemuan 20 menteri keuangan dan gubernur bank sentral di Bengaluru, India pada 23 Februari. Foto: Bloomberg

Tugas utama menteri keuangan berikutnya

Bhima dari Selios mengatakan kemampuan Indonesia untuk menjaga disiplin fiskal dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar disebabkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati yang akan keluar.

Namun, Sri, yang menjabat sebagai menteri sejak tahun 2016, kemungkinan besar tidak akan bergabung dengan kabinet baru Prabowo karena hubungan keduanya memburuk setelah Widodo meminta Sri untuk mengalokasikan lebih banyak belanja untuk program bantuan sosial bagi masyarakat miskin menjelang pemilu. .

Banyak yang percaya bahwa Widodo memanfaatkan rencana tersebut untuk memberikan suara kepada Prabowo, yang memilih putra Widodo, Gibran Rakabuming Rakha. Kamerad mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden.

Prabowo juga mengungkapkan pada bulan Desember bahwa beberapa rencana untuk memodernisasi peralatan pertahanan negara yang sudah tua terhambat oleh kurangnya pendanaan pemerintah karena para pejabat fokus pada menstabilkan perekonomian yang terdampak pandemi ini. Hal ini mungkin juga berdampak pada hubungan antara Prabowo dan Sri.

Para siswa menikmati makanan gratis di sebuah sekolah menengah pertama di Tangerang, pinggiran kota Jakarta, saat uji coba kebijakan dasar Prabowo Subianto pada 29 Februari. Foto: Reuters

“Menteri keuangan masa depan harus bertindak sebagai pencegah terhadap rencana populis Prabowo. Kalau tidak bisa mengerem, maka akan terjadi tekanan finansial yang dirasakan seluruh indikator perekonomian, dan akan terjadi capital outflow,” kata Bhima.

Komisi Pemilihan Umum diperkirakan akan menyelesaikan penghitungan suara resminya dan mengumumkan pemenang resmi pemilu pada tanggal 20 Maret, dan Widodo akan mulai menjabat pada tanggal 20 Oktober.

Prabowo optimis dalam pidatonya pada hari Selasa bahwa peralihan kekuasaan akan berjalan “lancar”.