Oktober 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Amerika Serikat, yang lain menarik diri dari pembicaraan APEC tentang invasi Rusia ke Ukraina

Amerika Serikat, yang lain menarik diri dari pembicaraan APEC tentang invasi Rusia ke Ukraina

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Thailand, Yoren Laksanawisit, berbicara pada upacara pembukaan pertemuan para menteri yang bertanggung jawab untuk perdagangan selama Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC 2022) di Bangkok, Thailand, 21 Mei 2022. REUTERS/Soi Zia Tong besar

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

BANGKOK (Reuters) – Perwakilan Amerika Serikat dan beberapa negara lain menarik diri dari pertemuan Menteri Perdagangan Asia-Pasifik di Bangkok pada Sabtu sebagai protes atas invasi Rusia ke Ukraina, kata para pejabat.

Seorang diplomat mengatakan penarikan itu adalah “ekspresi penolakan perang agresi ilegal Rusia di Ukraina dan dampak ekonominya di kawasan APEC”.

Dua pejabat Thailand dan dua diplomat internasional mengatakan kepada Reuters bahwa perwakilan dari Kanada, Selandia Baru, Jepang dan Australia bergabung dengan Amerika, yang dipimpin oleh Perwakilan Dagang Catherine Tay, dalam menarik diri dari pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, mengatakan itu bertujuan untuk melucuti senjata dan “mendiskreditkan” tetangganya. Ukraina dan Barat mengatakan Presiden Vladimir Putin melancarkan perang agresi tak beralasan yang telah menewaskan ribuan warga sipil, mendorong jutaan warga Ukraina melarikan diri dan menyebabkan dampak ekonomi di seluruh dunia.

Diplomat lain mengatakan lima negara yang mengorganisir protes menginginkan “bahasa yang lebih kuat tentang perang Rusia” dalam pernyataan akhir kelompok yang akan dikeluarkan pada hari Minggu.

“Pertemuan itu tidak akan gagal jika (pernyataan bersama) tidak dikeluarkan,” kata Menteri Perdagangan Thailand Gorin Laksanawisit kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa pertemuan itu “berjalan dengan baik” meskipun ada penarikan.

READ  Pembangkit nuklir Zaporizhzhia kehilangan koneksi utama ke jaringan listrik lagi

Penarikan itu terjadi ketika Menteri Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov berbicara pada pembukaan pertemuan dua hari ekonomi Kelompok 21.

Seorang pejabat Thailand mengatakan delegasi dari lima negara yang mengorganisir protes kembali ke pertemuan setelah Reshetnikov selesai berbicara.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Banu Wongsha – Om dan Banarat Thipjumbanat); Diedit oleh William Mallard

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.