Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Akankah hujan meteor Geminid terlihat di kawasan Chicago? – NBC Chicago

Akankah hujan meteor Geminid terlihat di kawasan Chicago?  – NBC Chicago

Hujan meteor Geminids, salah satu hujan meteor terbesar tahun ini, akan mencapai puncaknya pada Rabu malam hingga Kamis pagi, tetapi apakah cuaca akan mendukung?

Ahli meteorologi NBC 5 Kevin Gaines mengatakan hujan meteor Geminid berbeda dari banyak jenis lainnya karena dihasilkan oleh asteroid, bukan komet. Hal ini menyebabkan meteor tampak sedikit lebih terang dan tidak menghasilkan jejak seperti jika berasal dari puing-puing komet.

Menurut para ahliPengamat langit dapat melihat hingga 120 meteor atau meteor per jam sebagai bagian dari hujan.

Penduduk wilayah Chicago kemungkinan akan dapat melihat hujan pada Kamis dini hari, dengan waktu pengamatan terbaik kemungkinan antara tengah malam dan jam 6 pagi.

Meskipun jam malam memberikan kesempatan terbaik untuk melihat sekilas hujan meteor, beberapa Geminidite mungkin juga terlihat sebelum tengah malam pada tanggal tersebut.

Meteor tersebut berasal dari konstelasi “Gemini” di langit barat setelah tengah malam.

Akankah cuaca memungkinkan untuk menonton dengan sempurna?

Menurut Tim Badai NBC 5, sebagian besar kondisi akan cerah dalam semalam, meskipun beberapa awan liar kadang-kadang dapat memengaruhi jarak pandang.

Ditambah lagi kurangnya tutupan awan dengan fakta bahwa kita berada dua hari lagi dari bulan baru, dan seharusnya terdapat banyak langit yang gelap dan cerah untuk menyaksikan hujan meteor.

Cara terbaik untuk menyaksikan hujan meteor

Jeans menyarankan pemirsa untuk menjauh dari lampu kota, dan memberikan waktu setidaknya 30 menit bagi mata mereka untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Ini berarti Anda mungkin harus keluar sepanjang malam selama beberapa waktu, jadi kenakan pakaian hangat dan bawalah selimut.

Jeans juga merekomendasikan penggunaan penglihatan tepi Anda untuk menemukan lokasi objek di langit.

READ  Ledakan matahari besar yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa bertenaga surya

“Untuk mendapatkan pemandangan Gemini yang terbaik, carilah tempat yang jauh dari cahaya, dan arahkan ke arah timur.” Kata Planetarium.

Lebih banyak hujan meteor yang akan datang

Hujan meteor Geminid akan disusul Ursid pada pagi hari Jumat 22 Desember dan Sabtu 23 Desember.

Hujan ini kemungkinan hanya akan menarik lima hingga 10 meteor per jam, dan bulan purnama yang hampir purnama semakin memperumit potensi pemandangan hujan tersebut.

Quadrantids kemudian akan menuju wilayah Chicago pada bulan Januari, dan diperkirakan mencapai puncaknya pada hari Kamis, 4 Januari. Hujan ini bisa mendatangkan sebanyak 40 meteor dan hingga 100 meteor per jam, dan akan muncul di dekat Biduk di langit timur laut pada dini hari.

Perlu diingat bahwa meteor-meteor ini masih terlihat di luar waktu puncaknya, karena hujan meteor sering kali berlangsung selama berminggu-minggu di sekitar puncaknya.