November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

ADB, Indonesia, Filipina luncurkan kemitraan untuk menyiapkan mekanisme konversi energi

Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsuku Asakawa, Menteri Keuangan Indonesia Mulyani Indirawati dan Menteri Keuangan Filipina Carlos G. Dominguez hari ini mengumumkan peluncuran kemitraan baru di COP26 untuk membangun Energy Transformation Mechanism (ETM) di Indonesia dan Filipina.

Kemitraan ETM Asia Tenggara adalah yang pertama di Asia dan Pasifik, dan bertujuan untuk mempercepat transisi energi bersih di Asia Tenggara.

Kemitraan ini telah disetujui oleh pejabat senior tingkat kabinet dari Denmark, Inggris dan Amerika Serikat serta lembaga keuangan dan badan amal global terkemuka.

Masado Kanda, Deputi Menteri Urusan Internasional Jepang, juga merilis pesan video yang mengumumkan bahwa Kementerian Keuangan Jepang akan memberikan hibah $25 juta kepada ETM, dana awal pertama untuk mekanisme tersebut.

“ETM dapat membuat perbedaan dalam perang melawan perubahan iklim di Asia dan Pasifik,” kata Askawa. “Indonesia dan Filipina akan menjadi pionir dalam proses menghilangkan batubara dari bauran energi kawasan kami, memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global dan mengubah ekonomi mereka ke jalur pertumbuhan rendah karbon.”

“ETM adalah proyek ambisius yang akan meningkatkan infrastruktur energi Indonesia dan mempercepat transisi energi bersih menuju emisi nol bersih dengan cara yang wajar dan terjangkau,” kata Indravati.

“Perubahan energi bersih di Filipina akan menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan nasional dan mengurangi emisi global,” kata Dominguez. “ETM berpotensi mempercepat waktu senggang pembangkit batubara setidaknya rata-rata 10 hingga 15 tahun.”

Di bawah kemitraan dengan Indonesia dan Filipina, ADB akan menguji coba ETM dalam kemitraan dengan mitra pemerintah, bersama-sama melakukan studi kelayakan komprehensif yang berfokus pada model bisnis yang optimal untuk setiap negara percontohan; Mengonsolidasikan sumber daya penawaran dari pemerintah donor dan filantropis, dalam koordinasi erat dengan dana yang berfokus pada perubahan iklim global; Dan penggunaan modal bisnis dalam jumlah besar untuk mendorong perubahan yang menentukan menuju dekarbonisasi.

READ  Baxter meluncurkan portal sumber daya online untuk penyakit ginjal kronis di Indonesia

Asia Tenggara akan menggandakan kebutuhan energinya pada tahun 2030 dan terus mengembangkan kapasitas pembakaran batu bara baru. Batubara menyumbang 67% dari listrik Indonesia dan 57% dari pembangkit listrik Filipina. Indonesia telah berjanji untuk mengurangi polusi sebesar 29% pada tahun 2030 dan mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060. Pemerintah Filipina baru-baru ini mengumumkan rencana untuk melarang pembangkit listrik tenaga batu bara baru.

ETM adalah pendekatan transformatif, dibiayai hibrida yang berupaya untuk mengistirahatkan pembangkit listrik tenaga batu bara saat ini pada jadwal yang dipercepat dan menggantinya dengan kapasitas listrik yang bersih. Mekanisme ini akan melibatkan pendanaan dua miliar dolar: baik pensiun dini atau membangun kembali pembangkit listrik tenaga batu bara dalam jangka waktu yang dipercepat, dan yang lainnya akan fokus pada investasi energi bersih baru dalam produksi, penyimpanan, dan peningkatan fase. Diasumsikan bahwa bank multilateral, investor institusi swasta, kontributor filantropi dan investor jangka panjang akan memberikan modal kepada ETM.

ADB akan mendukung pemerintah nasional dalam melaksanakan proyek, menerapkan kebijakan dan kondisi bisnis untuk meningkatkan tujuan pengurangan karbon dan konversi. Selama fase uji coba 2 hingga 3 tahun, ETM akan meningkatkan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk mempercepat penghentian lima hingga tujuh pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia dan Filipina, sementara pada saat yang sama memfasilitasi investasi dalam opsi energi bersih alternatif di negara-negara ini.

Selama perancangan ETM, ADB dan mitranya akan membentuk kelompok penasihat dengan LSM dan kelompok masyarakat sipil untuk memprioritaskan transisi yang adil ke energi bersih. Bantuan teknis akan diberikan untuk rehabilitasi dan peningkatan mata pencaharian pekerja dan masyarakat yang terkena dampak.

READ  Asuransi Kredit Etihad telah menandatangani perjanjian dengan Indonesia untuk meningkatkan perdagangan

Indonesia, Filipina, dan Vietnam bertujuan untuk mempensiunkan 50% armada batubara skala penuh ETM selama 10 hingga 15 tahun ke depan, yang dapat mengurangi karbon dioksida sekitar 30 gigawatt – 200 juta ton. Emisi per tahun setara dengan membawa 61 juta mobil di jalan. Seiring pertumbuhannya, ETM berpotensi menjadi proyek pengurangan karbon terbesar di dunia.

Sebuah studi pra-kelayakan telah selesai dan studi kelayakan penuh sedang berlangsung untuk menyelesaikan struktur keuangan ETM, mengidentifikasi pembangkit batubara pemohon untuk dimasukkan dalam proyek percontohan, dan operasi desain untuk konversi.